Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Menggunakan Model Cycle-5e Berbantu Modul Statistika

  • Riani Widiastuti SMA Negeri 4 Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Arah penelitian ini untuk memaparkan kefektifan penggunaan model Cycle-5e berbantuan modul Statistika dalam menaikkan prestasi belajar siswa kelas XII SMAN 4 Yogyakarta Tahun 2019. Penelitian tindakan dilaksanakan dilaksanakan dalam 4 langkah yaitu: menyusun suatu rencana untuk suatu pengembangan, melaksanakan yang telah direncanakan, mengamati efek tindakan, dan merefleksikan hal-hal yang telah diperoleh. Setiap 4 langkah ini disebut satu putaran (siklus). Hasil yang diperoleh dalam satu siklus belum sesuai dengan yang ditargetkan, diulangi lagi dalam siklus berikutnya, dan seterusnya, sampai siklus tiga. Setelah diterapkan penggunaan Model Cycle-5e berbantu modul Statistika penelitian ini terbukti efektif: 1) Meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa kelas XII SMAN 4 Yogyakarta. Hal ini terlihat dari peningkatan ketuntasan belajar siswa setiap siklus dari 13 siswa pada siklus I menjadi 27 siswa pada siklus II, 29 siswa pada siklus III. Ada peningkatan presentase ketuntasan setiap siklus, dari 40,63 pada siklus I naik menjadi 84,38% pada siklus II, dan 100% pada siklus III. Prestasi belajar minimal sejumlah 80 siswa mencapai lebih dari Kriteria Ketuntasan Minimal 75. 2)Penggunaan Model Cycle-5E berbantu modul Statistika baik karena adanya tanggapan positif dari siswa. Ini dapat terlihat dari hasil wawancara terhadap sejumlah siswa dan observasi pembelajaran Model Cycle-5e berbantu modul Statistika yang menunjukkan sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif dan beberapa siswa memberikan tanggapan negatif.

Kata Kunci: Cycle-5e, modul statistika, prestasi belajar

Data Unduhan PDF

Diterbitkan
2021-09-01
Bagaimana cara mengutip:
Widiastuti, R. (2021). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Menggunakan Model Cycle-5e Berbantu Modul Statistika. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(3), 297-304. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i3.270
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 377 times
PDF downloaded: 662 times

Referensi

Abdul Majid. (2012). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Bornok Sinaga, dkk. (2014). Buku Guru Matematika. SMA / MA / SMK / MAK Kelas XI. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Buku 4. (2019). Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru. Pedoman Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Dan Angka Kreditnya. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Miftahul Huda, M.Pd. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Permendikbud No.24. (2016). Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Prof. Dr. Hamzah B. Uno, M.Pd. (2012). Model Pembelajaran Menciptakan PBM yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Zainal Arifin. (2013). Evaluasi pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nur Fatin. (2019). Pengertian bahan ajar serta bagian-bagiannya. Retrieved Juli 28, 2019 https://seputarpengertian.blogspot.com

Media Funia. (2016). Model pembelajaran siklus belajar 5e. Retrieved Juli 28, 2019 from http://mediafunia.blogspot.com

Zuhdha Basofi Yudha. (2019). problematika-pembelajaran-statistika. Retrieved maret 28, 2019 from https://www.slideshare.net