Model Picture and Picture untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Sesuai Unggah-ungguh

  • Bethy Mahara Setyawati SMP Negeri 4 Wates,  Indonesia

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keaktifan dan hasil belajar berbicara sesuai dengan unggah-ungguh bahasa Jawa di kelas VIIIB SMP Negeri 4 Wates. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus dengan tahapan kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah adalah peserta didik kelas VIIIB SMP 4 Wates dengan jumlah 31 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan pengamatan, catatan harian, dan tes berbicara sesuai dengan unggah-ungguh. Hasil penelitian menunjukkan keaktifan peserta didik mengalami peningkatan dari sebelum dilakukan tindakan, siklus 1, dan siklus 2. Sedangkan hasil pembelajarannya menunjukkan pada siklus 1, ada 2 peserta didik (6%) dalam kategori sangat trampil, 9 peserta didik (29%) dalam kategori trampil, 7 peserta didik (23%) dalam kategori cukup trampil, dan 13 peserta didik (42%) dalam kategori kurang trampil. Pada siklus 2 diperoleh hasil ada 8 peserta didik (37%) dalam kategori sangat terampil, 11 peserta didik (32%) dalam kategori terampil, 2 peserta didik (11%) dalam kategori cukup terampil, dan 4 peserta didik (20%) dalam kategori kurang terampil.

Kata Kunci: model picture and picture, keterampilan berbicara, unggah-ungguh bahasa Jawa

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2021-09-01
Bagaimana cara mengutip:
Setyawati, B. M. (2021). Model Picture and Picture untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Sesuai Unggah-ungguh. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(3), 288-296. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i3.267
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 550 times
PDF downloaded: 498 times

Referensi

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto. (2017). Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Gava Media.

Endang Nurhayati. (2007). Unggah-ungguh Basa. Bahan Diklat Profesi Guru, Sertifikasi Guru rayon 11 DIY dan Jateng.

Kemdikbud. (2017). Model-model Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Pembinaan sekolah Menengah Atas Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kurniasih, Imas dkk. (2017). Pendidikan Karakter. Jakarta: Kata Pena.

Mulyani, Hesti. (2013). Komprehensi Tulis. Yogyakarta: Astungkara Media.

Purwadi. (2005). Belajar Basa Jawa Krama Inggil. Yogyakarta: Hanan Pustaka.

Rosyid, Moh. (2014). Urgensi Penelitian Bahasa di Tengah Punahnya Bahasa Lokal. Jurnal Arabia, 6(2), Juli - Desember 2014.

Warsono. (2017). Pembelajaran Aktif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Yulianto. (2016). Mahir Bahasa Inggris. Yogyakarta: Diva Pers.