Penggunaan Media SAC untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menjadi Lebih Baik Atau Meningkat pada Masa Pandemi Covid 19

  • Leni Haryani SMK Muhammadiyah Kalibawang, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Tujuan  dari   Best  Practice  ini  adalah  1)  Mendeskripsikan  efektivitas  media  SAC  untuk meningkatkan pembelajaran pada masa Pandemi Covid 19. 2) Mendeskripsikan hasil belajar dengan menggunakan  media  SAC.  Belajar  merupakan  hasil  konstruksi  sendiri  sebagai  hasil  interaksinya terhadap   lingkungan   belajar   melalui   proses   asimilasi   atau   akomodasi.   Merujuk   paradigma konstruktivisme tentang belajar, maka prinsip SAC media Smart Apps Creator cukup strategis dalam rangka mewujudkan kegiatan pembelajaran secara efektif . Sasaran kegiatan best practice ini adalah siswa SMK Muhammadiyah Kalibawang Kelas XI. Langkah-langkah pembelajaran dengan media SAC adalah (1) tahap awal pembelajaran sebelum menggunakan media Smart Apps Creator SAC (2) tahab pembelajaran menggunakan media SAC saat pandemi covid 19 (3) tahap penilaian setelah pembelajaran menggunakan media SAC di masa pandemi covid 19. Pengalaman menunjukkan bahwa hasil belajar siswa  SMK  Muhammadiyah  Kalibawang  pada  materi  tekanan  khususnya  pembelajaran  di  masa pandemi covid 19  berada pada nilai ketuntasan KKM. Agar pembelajaran materi  berjalan efektif kami inovasikan media SAC. Desain media SAC dalam pembelajaran di masa pandemi covid 19 ditunjukkan dengan  gambar  berupa foto.  Hal ini  dilakukan agar  mudah ditiru    bagi   siapa   saja   yang   ingin mengembangkannya.   Berdasarkan  hasil  analisis  dan pembahasan menunjukkan bahwa media SAC dalam pembelajaran di masa pandemi covid 19 efektif untuk melaksanakan pembelajaran materi dengan hasil belajar yang lebih baik.

Kata Kunci: Media pembelajaran, Smart Apps Creator

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Leni Haryani, SMK Muhammadiyah Kalibawang, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

Leni Haryani. SE.,M.Pd sebagai guru di SMK Muhammadiyah Kalibawang sejak Tahun 2008 sampai sekarang. Alamat sekolah : Sayangan, Banjararum Kalibawang, Kulon Progo, Yogyakarta.

No HP. 0813 2901 0103

Diterbitkan
2024-01-03
Bagaimana cara mengutip:
Haryani, L. (2024). Penggunaan Media SAC untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menjadi Lebih Baik Atau Meningkat pada Masa Pandemi Covid 19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 387-392. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.260
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 55 times
PDF downloaded: 42 times

Referensi

Belajar dan Faktor- faktor yang Mempengaruhinya 2010. Jakarta: Rineka Cipta Pembelajaran STEM Pada Guru- Guru IPA Di SMA Negeri 1 Galur Kulon Progo. Yogyakarta

Fathurrohman, M. ( 2017). Belajar dan Pembelajaran Modern. Yogyakarta: Garudhawaca

Kemendikbud. (2016). Naskah Model Pembelajaran Kajian Konstitusional, Jakarta: Dit. Kependidikan

Permendikbud Nomor 22 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Permendikbud Nomor 103. (2014) tentang pembelajaran PSMA, 2016

Algensindo. Arsyad, Azhar. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Danim, Sudarwan. (1995). Media Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas. (2004). Model Penilaian Kelas Kurikulum Berbasis Kompetensi: Jakarta, Balitbang Depdiknas.

Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan. (2018). Modul pelatihan implementasi kurikulum.

Sudarmadi. (2019). Best Practice SADIC Untuk Meningkatkan Media Pendidikan, pengertian, pengembangan dan

pemanfaatannya. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Sudjana, Nana & Rivai, Ahmad. (2005). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru

Sudjana, Nana. (2005). Statistik untuk Penelitian. Bandung: Tarsito

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: CV. Alfabeta.

Slameto. Syah, Muhibbin. (2009). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Siagian, S. (2005). Filsafat Administrasi. Jakarta: Gunung Agung.

Siagian, S. (2007). Manajemen Sumberdaya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara

Pembelajaran Kajian Konstitusional yang dikeluarkan oleh Dit