Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Geografi melalui Model Cooperative Learning Tipe Group Investigation

  • Suyatinah Suyatinah SMA Negeri 1 Banguntapan, Bantul, DIY,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning tipe Group Investigation untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar Geografi siswa Klas XII IPS 2 SMA N 1 Banguntapan Tahun Ajaran 2019/ 2020 yang berjumlah 31 orang, yang terdiri dari 12 siswa pria dan 19 siswa wanita. Jenis tindakan yang dipilih adalah  Penelitian Tindakan Kelas, yang dilaksanakan dari bulan  Juli 2019 sampai Oktober  2019. Objek Penelitian adalah Motivasi dan Hasil Belajar siswa. Langkah-langkah penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus meliputi 2 kegiatan pembelajaran dan 1 kegiatan ulangan. Pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, angket, observasi, dan test tertulis. Data yang diperoleh dianalisa secara kuantitatif dalam bentuk prosentase, yang kemudian didiskripsikan dan diambil kesimpulan. Pelaksanaan pembelajaran yang menggunakan model Cooperative Learning tipe Group Investigation dapat diterima baik oleh siswa, menumbuhkan sikap positif untuk saling berkolaborasi dalam proses pembelajaran, ada proses tutor teman sebaya, berdampak pada meningkatnya motivasi belajar siswa dari 88,60% tergolong adekuat pada siklus I, menjadi 93,75% tergolong bagus pada siklus II. Penerapan model pembelajaran ini juga dapat meningkatkan hasil belajar  pada siswa klas XII IPS 2 SMA Negeri 1 Banguntapan Tahun Ajaran 2019/2020, yang terlihat pada meningkatnya ketuntasan belajar dari 80% pada siklus I dan 90,32% pada siklus II. Guru sebaiknya selalu berinovasi dengan menggunakan model pembelajaran yang bervariasi agar siswa selalu motivasi belajar, sehingga hasil belajarnya akan meningkat.

Kata Kunci: motivasi belajar, hasil belajar, cooperative learning, group investigation

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2021-09-01
Bagaimana cara mengutip:
Suyatinah, S. (2021). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Geografi melalui Model Cooperative Learning Tipe Group Investigation. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(3), 280-287. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i3.259
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 426 times
PDF downloaded: 605 times

Referensi

_____. (2019). Silabus Mata Pelajaran Geografi SMA. Tahun 2019.

Agus Wasisto. (2018). Cara Mudah Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Graha Cendikia.

Bobbi, dePorter, dkk. (2010). Quantum Teaching, Mempraktekkan Quantum Teaching di Ruang- ruang Kelas. Bandung: Mizan Pustaka.

Daniel Muijs & David Reynolds. (2008). Effective Teaching Teori dan Aplikasi. Edisi kedua. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Terjemahan.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2000). Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Mimin Haryati. (2008). Model dan Tehnik Penilaian Pada Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.

Mulyasa. (2008). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Slavin, Robert. (2009). Cooperative Learing, Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Stevani. (2016). Analisis pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA N 5 Padang. Journal of Economic and Economic Education, 4(2).

Sunarti. (2008). Sistem Penilaian Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: Pasca Sarjana Universitas PGRI.

Suprihatiningrum, Jamil. (2014). Strategi Pembelajaran, Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.

Suranten. (2019). Peningkatan Prestasi Belajar dan Respon Siswa Materi SPLTV Menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation pada Siswa Kelas X MIPA 4 SMA N 1 Banguntapan. Laporan PTK.

Syukriyati, Alfi. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Melalui Metode Group Investigation SMP 3 Imogiri. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 1(1), 40-64.

Widarwati. (2009). Strategi dan Metode Pembelajaran. Makalah disampaikan pada Pendidikan dan Pelatihan Guru Geografi SMA Jenjang Dasar. Malang: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

Zainuddin. (2017). The Best Teachers. 200 Dalil Motivasi untuk Menjadi Guru Terbaik & Sukses. Jakarta: Indeks.