Penerapan Mind Mapping untuk Meningkatkan Prestasi Belajar pada Topik Kegiatan Ekonomi

  • Wardayadi Wardayadi SMA Negeri 1 Bambanglipuro, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Riset ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran mind mapping dalam meningkatkan prestasi belajar topik kegiatan ekonomi siswa kelas X IPS 1 di SMAN 1 Bambanglipuro tahun ajaran 2020/2021. Selain itu juga untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran yang menerapkan model mind mapping dalam meningkatkan prestasi belajar topik kegiatan ekonomi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan teknik Penelitian Tindakan Kelas. Model Penelitian Tindakan Kelas ini memakai model Kemmis McTaggart dan dijalankan dalam 2 siklus. Prinsip utama model ini adalah memberikan tindakan dalam siklus bertahap, di mana terdapat empat tahapan utama kegiatan, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Alat pengumpul data yang dipakai adalah observasi kelas, tes prestasi belajar, dan studi dokumentasi. Observasi dilaksanakan langsung pada proses tindakan. Analisis data menggunakan analisis secara diskriptif analitik dengan penyajian tabel-tabel dan persentase. Penyajian data bentuk persentase selanjutnya didskripsikan dan diambil kesimpulan. Hasil riset ini menujukan penerapan model pembelajaran mind mapping dapat menaikkan prestasi belajar siswa. Peningkatan prestasi terlihat pada siklus I ada 14 siswa (51,58%) yang nilainya  atau nilainya sudah KKM dan pada siklus II ada 24 siswa (88,89%) yang nilainya  atau nilainya sudah KKM maka peningkatan ketuntasan belajar sebesar 37,04% dan peningkatan rerata prestasi belajar siklus I ke siklus II sebesar 14,81 yaitu dari nilai rerata 62,04 pada siklus I menjadi nilai rerata 76,85 pada siklus II. Hasil Afektif siswa juga naik yakni siklus I hanya kategori cukup dan pada siklus II menjadi sangat baik.

Kata Kunci: prestasi belajar ekonomi, afektif siswa, mind mapping

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2021-05-01
Bagaimana cara mengutip:
Wardayadi, W. (2021). Penerapan Mind Mapping untuk Meningkatkan Prestasi Belajar pada Topik Kegiatan Ekonomi . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(2), 241-246. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i2.252
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 290 times
PDF downloaded: 407 times

Referensi

Basuki, T. (2000). Pembelajaran Matematika Disertai Penyusunan Peta Konsep. Bandung: PPS UPI Bandung.

Buzan, T. (2006). Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Dwitagama, W. K. (2010). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks.

Fathurrohman, M. (2017). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Ar-Ruzz Media.

Fatimah, I. (2015). Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Kimia Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 1 Bambanglipuro Bantul Menggunakan Mind Mapping. Bantul: Perpustakaan Widya Lipura.

Hidayat, S. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. JPGSD, 129.

Lestari, K.E dan Yudhanegara, M.R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Nawawi. (1981). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Balai Pustaka.

Sudjana, N. (2013). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Trianto. (2012). Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Warniningsih, E. (2019). Peningkatan Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X IPA 1 Lintas Minat SMA Negeri 1 Galur Menggunakan Mind Mapping. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 4(1), 46-57. https://doi.org/10.51169/ideguru.v4i1.68