Pemanfaatan Blended Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Gerak Dasar Bermain Bola Basket pada Masa Pandemi Covid-19

  • Margiyani Margiyani SD Negeri Keduntangkil, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Best practice ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan gerak dasar bermain bola basket siswa pada masa pandemi covid-19 dengan menerapkan blended leraning.  Subjek penulisan best practice ini adalah peserta didik kelas VI SD Negeri Kedungtangkil tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 22 peserta didik, terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Best practice ini menggunakan metode deskriptif, Data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi serta dianalisis secara deskripsi kualitatif. Observasi dengan rubrik pengamatan menghasilkan data persentase kemampuan peserta didik dalam melakukan gerak dasar bermain bola basket. Best Pactice ini menggunakan model pembelajaran blended learning. Blended Learning merupakan model pembelajaran yang menggunakan campuran dari tiga komponen. Komponen tersebut meliputi pembelajaran daring, luring, dan belajar mandiri melalui interaksi sosial. Pembelajaran daring dilakukan dengan memberikan bahan ajar dan penugasan melalui whatsApp, dan google form. Pembelajaran luring dilakukan melalui kunjungan rumah secara berkala untuk mengklarifikasi tugas-tugas yang disampaikan secara daring dan memberi umpan balik hasil belajar mandiri. Hasil dari penerapan blended learning dapat meningkatkan pembelajaran praktik bermain bola basket. Peningkatan tersebut terjadi pada kemampuan Gerak Dasar memegang bola mengalami peningkatan sebesar 9, 47%, Menangkap bola meningkat sebesar12, 5%. Melempar bola meningkat sebesar 7, 2%, mendribling bola meningkat 7, 95%. Sedangkan kemampuan memasukan bola meningkat 14, 23%. Blended learning menjadi solusi pembelajaran penjasorkes pada masa pandemi covid-19 karena mampu meningkatkan persentase kemampuan peserta didik dalam menguasai materi. Kemampuan bermain bola basket secara umum meningkat dari rerata 66, 62 menjadi 76, 75, dan tuntas KKM.

Kata Kunci: blended learning, gerak dasar bermain bola basket, masa pandemi

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2021-05-01
Bagaimana cara mengutip:
Margiyani, M. (2021). Pemanfaatan Blended Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Gerak Dasar Bermain Bola Basket pada Masa Pandemi Covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(2), 153-160. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i2.250
Bagian
Praktik Terbaik
Abstrak viewed: 443 times
PDF downloaded: 733 times

Referensi

_______ (2020). Surat Edaran Nomor 3 tahun 2020 tentang Pencegahan Covid-19. Jakarta: Kemendikbud.

Graham C., Alen, S., & Ure, D. (2006). Benefits And Challenges Of Blended Learning Environtment. In M. Khosrow-Pour (Ed.) Encyclopedia of Information Science And Technology I-V. Hershey, PA: Idea Group Inc. Setiawan, E., dkk. (2020). Model-model Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta.

Handoko dan Waskito. (2018). Blended Learning: Teori dan Penerapannya, Padang: LPTIK Universitas Andalas.

Istiningsih, Siti dan Hasbulah. (2015). Blended Learning, trend pembelajaran masa depan Jurnal Elemen. Volume 1 Nomor 1 Januari 2015 hal 49-56.

Millatana, M. E. (2019). Peningkatan Prestasi Belajar Matriks dengan Pembelajaran Blended Learning Berbantuan Google Classroom di Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 7 Yogyakarta. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 4(2), 76-85. https://doi.org/10.51169/ideguru.v4i2.97

Montolalu, dkk. (2008). Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka

Nugroho, F.T. (2020). Pengertian Gerak Lokomotor, Ketahui Manfaat dan Contoh-contohnya diambil dari https://www.bola.com/ragam/read/4411371/pengertian-gerak lokomotor-ketahui-manfaat-dan-contoh-contohnya hari Rabu, 24 Januari 2021

Prasetyaningtyas, S. (2021). Optimalisasi Pembelajaran Jarak Jauh pada Pelajaran Prakarya dengan Penerapan Blended Learning melalui Kegiatan Tilik Siswa. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(1), 50-57. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i1.204

Rachman, A., dkk. (2019). Penerapan Model Blended Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar Menggambar Objek 2 Dimensi. Journal of Mechanical Engineering Education, Volume 6. Nomor 2. Desember 2019.

Setiawan, E., dkk. (2020). Model-Model Pembelajaran dalam Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta.

Sugiarto, dkk. (2009). Langkah Menjadi Pemain Basket Hebat. Jakarta: Mediantara Semesta.