Penerapan Model Think Pair Share dalam Meningkatkan Motivasi, Aktivitas dan Prestasi Belajar Bahasa Arab

  • Sri Suharti MTs Negeri 1 Bantul ,  Indonesia

Abstrak

Mayoritas peserta didik beranggapan bahwa Bahasa Arab merupakan pelajaran paling sulit. 89,25% dari peserta didik kelas VII F tahun pelajaran 2019/2020 di MTs Negeri 1 Bantul belum pernah belajar Bahasa Arab, dan ini menyebabkan peserta didik tidak memiliki motivasi dan aktivitas  yang tinggi dalam mempelajari Bahasa Arab. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi, aktivitas dan prestasi belajar Bahasa Arab. Pada studi prasiklus, peserta didik yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebanyak dua orang dan nilai rata-rata 41,25. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan proses pembelajaran Bahasa Arab melalui penerapan Think Pair Share (TPS). Model pembelajaran TPS menekankan peningkatan motivasi dan aktivitas belajar dengan cara berdiskusi, berbagi informasi  dengan classmate dan berinteraksi dengan sumber belajar. Penelitian ini menggunakan model Coast Classroom Action Research dengan dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan satu kali tes siklus. Data motivasi dan aktivitas belajar diperoleh dari observasi setiap pertemuan. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa TPS mampu meningkatkan nilai rata-rata 41,25 pada prasiklus meningkat 69,74 pada siklus ke-1, dan meningkat 73,34 pada siklus ke-2. TPS juga meningkatkan jumlah ketuntasan mencapai KKM 70 pada prasiklus 2 (6,25%) meningkat 14 (43,75%) pada siklus ke-1, dan 19 (59,37%) pada siklus ke-2.

Kata Kunci: Think Pair Share, motivasi, aktivitas, prestasi

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2021-05-01
Bagaimana cara mengutip:
Suharti, S. (2021). Penerapan Model Think Pair Share dalam Meningkatkan Motivasi, Aktivitas dan Prestasi Belajar Bahasa Arab. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(2), 233-240. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i2.246
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 466 times
PDF downloaded: 612 times

Referensi

Asrori, H I. (2012). Strategi Belajar Bahasa Arab Teori dan Praktik. Malang: MISYKAT Indonesia.

Djamarah, S B. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djiwandono, S E W. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Grasindo.

Hamalik, O. (2008). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Isjoni, H. (2011). Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Iskandarwassid dan Sunendar, D. (2008). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Lestari, A F. (2019). Penerapan Metode Pembelajaran Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan kemampuan menulis Bahasa Arab Siswa – siswi MTs Satu Atap Al – Hidayah Batu, Pembelajaran Bahasa, Sastra, dan Budaya Arab di Indonesi, Seminar Nasional Bahasa Arab Mahasiswa III HMJ Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang, hal. 250-259.

Lie, A. (2008). Cooperative Learning: Memperaktekkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: PT Grasindo.

Mahmudah, U dan Rosyidi, A B. (2008). Active Learning dalam Pembelajaran Bahasa Arab, Malang: UIN Malang Press.

Porter, B D dan Hernnack, M. (2008). Quantum Learning: Unleashing the Genius In You, Diterjemahkan Oleh Alwiyah Abdurrahman. Bandung: PT Mizan.

Rochimah, D C dan Hanif, M dan Dina, L N A B. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Kemampuan Menghafal Mufrodat Bahasa Arab Pada Siswa Kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Kota Malang, JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 74-81.

Slamento. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: RenikCipta.

Slavin, R E. (2015). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Diterjemahkan Oleh Narulita Yusro. Bandung: Nusa Media.

Sudijono, A. (2008). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Sugiarto, D dan Sumarsono, P. (2014). The Implementation of Think-Pair-Share Model to Improve Student’s Ability in Reading Narrative Texts, International Journal of English and Education, 3(3), 206-216.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Tindakan Komprehensif (Untuk Perbaikan Kinerja dan Pengembangan Ilmu Tindakan). Bandung: ALFA BETA.

Suhrowardi. (2020). Improving Writing Skills; an Implementation of “Think Pair Share” For Islamic Junior Schools Students. JOLLT Journal of Languages and Language Teaching. 8(3), 287-296.

Suprijono, A. (2012). Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suyitno. (2018). Metodologi Penelitian Tindakan Kelas Eksperimen dan R & D. Bandung: Alfa Beta.

Syah, M. (2011). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Widoyoko, S E P. (2014). Penilaian Hasil Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Peraturan Menteri pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan.

Peraturan Akademik MTs Negeri 1 Bantul Tahun Pelajaran 2019/2020). (KKM MTs Negeri 1 Bantul Tahun Pelajaran 2019/2020).