Pengembangan Orientasi Keterampilan Abad 21 pada Pembelajaran Fisika melalui Pembelajaran PjBL-STEAM Berbantuan Spectra-Plus

  • Sri Lestari SMA Negeri 1 Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan perkembangan ketrampilan abad 21 dengan pembelajaran PjBL berbasis STEAM berbantuan spectra-plus pada Materi Pokok gelombang bunyi prototype alat musik. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R & D) dengan sampel siswa kelas XI MIPA 2 berjumlah 32 di SMA Negeri 1 Yogyakarta Semester 2 Tahun Pelajaran 2019/2020. Untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis ilmiah setelah pembelajaran PjBL berbasis STEAM berbantuan spectra-plus menggunakan normalized gain,sedangkan  kemampuan keterampilan kreatif, komunikasi dan kolaborasi menggunakan angket dan lembar observasi. Metode yang digunakan one group pre-test post-test design. Hasil menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis ilmiah skor gain ternormalisasi 0,54 dan berpikir kreatif skor gain ternormalisasi 0,65 setelah diterapkan pembelajaran PjBL berbasis STEAM berbantuan spectra-plus pada kategori sedang.  Dari lembar observasi untuk kemampuan kolaborasi pencapaian 73% dengan kategori tinggi  dan kemampuan komunikasi 77% dengan kategori tinggi. Tanggapan siswa terhadap penerapan pembelajaran sebesar 78,21%. Respon siswa cukup positif terhadap penerapan PjBL berbasis STEAM dalam pembelajaran. Berdasarkan analisis data dan pembahasan disimpulkan pembelajaran metode STEAM dengan mengaitkan ilmu pengetahuan, teknologi, teknik, seni, dan matematika dapat mengembangkan kemampuan soft skills karena siswa diberikan pemahaman secara menyeluruh tentang keterkaitan bidang ilmu melalui pengalaman belajar keterampilan abad 21.

Kata Kunci: PjBL, STEAM, keterampilan abad 21

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2021-09-01
Bagaimana cara mengutip:
Lestari, S. (2021). Pengembangan Orientasi Keterampilan Abad 21 pada Pembelajaran Fisika melalui Pembelajaran PjBL-STEAM Berbantuan Spectra-Plus. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(3), 272-279. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i3.243
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 2366 times
PDF downloaded: 2774 times

Referensi

Annisa, Rifka., M.H. Efendi., Damris. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dengan Menggunakan Model Project Based Learning berbasis STEAM (Science, technology, engineering, arts, dan mathematics) pada Materi Asam dan Basa di SMA N 11 Kota Jambi. Journal of the Indonesian Society of Integrated Chemistry. 10(2), 14-22.

Capraro, R. yr., Capraro, M. M., Morgan, J. R., & Slough, S. W. (2013). STEM Project Based Learning: An Integrated Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Approach. STEM Project-Based Learning an Integrated Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Approach. http://d0i.org/10.1007/978-94-6209-143-6

Desta, I. (2017). Penerapan Pendekatan Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics (STEAM) dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik melalui Project Based Learning. Skripsi. UIN Jakarta.

Fatimah, C. (2017). Penerapan Pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) dalam Upaya Mengembangjan Keterampilan Abad 21 Menggunakan Project Based Learning. Skripsi. UIN Jakarta.

Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R&D dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Kajian Keislaman. 4(2), Accessed from http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/saintifikasilamica/article/view/1204

Hu, W., Adey, P. (2002). A Scientific Creativity Test for Secondary School Students. International Journal of Science Education, 389-403.

Ismayani, A. (2016). Pengaruh Penerapan STEM Project Based Learning terhadap Kreativitas Matematis Siswa SMK. Indonesia Digital Journal of Mathematics and Education, 3(4), 264-272.

Miller, A. (2017). PBL and STEAM Education: A Natural Fit. https://www.edutopia.org/blog. Diakses pada tanggal 1 Februari 2019

Reza, A.M. (2017). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics (STEAM) dalam Upaya Mengembangkan Soft Skills Peserta Didik Menggunakan Project Based Learning. Thesis. Universitas Negeri Jakarta.

Spiko, D., N. Jalal, P.T. Cerrato & M. Marcello. (2017). Emerging Design: Transforming the STEAM Learning Lanscape with the Support of Digital Technologies. Interaction Design and Architecture(s) Journal, 9(34), 5-6.

Trilling, Bernie and Fadel, Charles. (2009). 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times, John Wiley & Sons, 978-0-47-055362-6.