Pembelajaran Bahasa Jerman Berbasis Padlet sebagai Pemantik Motivasi Belajar Selama Pandemi
Abstrak
Tujuan dari penulisan best practice ini adalah untuk mengimplementasikan penggunaan padlet dan mengetahui hasil serta dampak penggunaan padlet terhadap motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran bahasa Jerman selama masa pandemi Covid-19. Strategi yang digunakan dengan menggunakan padlet. Padlet adalah aplikasi papan tulis daring gratis yang memiliki banyak keunggulan. Dengan menggunakan padlet, guru dan peserta didik dapat mengunggah dan mengunduh berbagai dokumen dalam bentuk video, foto, rekaman suara, teks atau dokumen lain dan bisa diperbaharui kapan saja. Padlet juga merupakan media yang menarik dan sangat mudah digunakan. Metode yang digunakan pada penelitian best practice ini adalah deskriptif kualitatif. Padlet diimplementasikan untuk menyampaikan materi Familie, Wohnung, Essen und Trinken untuk kelas XI MIPA 1 dan materi Freizeit, Reisen, Tagesablauf der Lieblingsfiguren untuk kelas XII IPS 1, XII IPS 2 pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021 (Agustus-November) di SMAN 2 Wates. Adapun tahapan dalam implementasi ini terdiri persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Pada akhir dari kegiatan best practice ini, penulis memberikan angket kepada peserta didik terkait evaluasi penggunaan padlet kemudian hasilnya dianalisis dan dijadikan sebagai dasar untuk menarik simpulan. Dari hasil angket diketahui lebih dari 80% peserta didik merasa senang dan tertarik mengikuti pembelajaran jarak jauh dengan padlet. Lebih dari 80% peserta didik mengerjakan tugas tepat waktu dan lebih dari 75% peserta didik tidak lagi merasa enggan untuk bertanya maupun berdiskusi dengan guru ataupun peserta didik lainnya. Keempat indikator tersebut kemudian dijadikan penulis untuk menarik kesimpulan bahwa padlet dapat meningkatkan motivasi belajar bahasa Jerman peserta didik selama masa pandemi Covid-19.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2021 Fika Ristanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.