Pembelajaran Bahasa Jerman Berbasis Padlet sebagai Pemantik Motivasi Belajar Selama Pandemi

  • Fika Ristanti SMA Negeri 2 Wates,  Indonesia

Abstrak

Tujuan dari penulisan best practice ini adalah untuk mengimplementasikan penggunaan padlet dan mengetahui hasil serta dampak penggunaan padlet terhadap motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran bahasa Jerman selama masa pandemi Covid-19. Strategi yang digunakan dengan menggunakan padletPadlet adalah  aplikasi papan tulis daring gratis yang memiliki banyak keunggulan. Dengan menggunakan padlet, guru dan peserta didik dapat mengunggah dan mengunduh berbagai dokumen dalam bentuk video, foto, rekaman suara, teks atau dokumen lain dan bisa diperbaharui kapan saja. Padlet juga merupakan media yang menarik dan sangat mudah digunakan. Metode yang digunakan pada penelitian best practice ini adalah deskriptif kualitatif. Padlet diimplementasikan untuk menyampaikan materi Familie, Wohnung, Essen und Trinken untuk kelas XI MIPA 1 dan materi Freizeit, Reisen, Tagesablauf der Lieblingsfiguren untuk kelas XII IPS 1, XII IPS 2 pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021 (Agustus-November) di SMAN 2 Wates. Adapun tahapan dalam implementasi ini terdiri persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Pada akhir dari kegiatan best practice ini, penulis memberikan angket kepada peserta didik terkait evaluasi penggunaan padlet kemudian hasilnya dianalisis dan dijadikan sebagai dasar untuk menarik simpulan. Dari hasil angket diketahui lebih dari 80% peserta didik merasa senang dan tertarik mengikuti pembelajaran jarak jauh dengan padlet. Lebih dari 80% peserta didik mengerjakan tugas tepat waktu dan lebih dari 75% peserta didik tidak lagi merasa enggan untuk bertanya maupun berdiskusi dengan guru ataupun peserta didik lainnya. Keempat indikator tersebut kemudian dijadikan penulis untuk menarik kesimpulan bahwa padlet dapat meningkatkan motivasi belajar bahasa Jerman peserta didik selama masa pandemi Covid-19.

Kata Kunci: Padlet, learning motivation, the covid-19 pandemic

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2021-05-01
Bagaimana cara mengutip:
Ristanti, F. (2021). Pembelajaran Bahasa Jerman Berbasis Padlet sebagai Pemantik Motivasi Belajar Selama Pandemi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(2), 144-152. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i2.240
Bagian
Praktik Terbaik
Abstrak viewed: 732 times
PDF downloaded: 875 times

Referensi

Atfillah, D. (2015). Hubungan antara Iklim Sekolah dengan Motivasi Belajar Siswa SMK Perbankan Padang. Skripsi: Fakultas Psikologi Universitas Putra Indonesia “YPTK”. Padang.

Satuan Tugas Penanganan Covid-19. (2021). Data Sebaran Indonesia. Dipetik tanggal 18 Januari 2021 dari https://covid19.go.id/.

Google, Play. (2021). Padlet Wallwisher Inc. Dipetik tanggal 21 Januari 2021 dari https://play.google.com/store/apps/details?id=com.wallwisher.Padlet.

Hadinata. (2006). Motivasi Belajar Siswa. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kemdikbud. (2020). Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kemendikbud Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Peneyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Dipetik tanggal 20 Januari 2021 dari http://bersamahadapikorona.kemdikbud.go.id/

Mulatsih, B. (2019). Peningkatan Motivasi Belajar dari Hasil Belajar Kimia Peserta Didik Kelas XI MIPA dengan Model Pembelajaran Kooperatif STAD. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 4(2), 1-9. https://doi.org/10.51169/ideguru.v4i2.88

Qulub, Tathmainnul. (2020). Penggunaan Media Padlet untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi. Jurnal UMJ Samasta, 1(1), 1-5. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SAMASTA/article/view/7233/4461

Setiawati. (2020). Students’ Perception of Using Padlet in Learning English. Al-Ishlah, 12(1), 17-30. https://doi.org/10.35445/alishlah.v12i1.187.

Sudrajat, Akhmad. (2013). Download Permendikbud tentang Kurikulum 2013. Dipetik tanggal 5 Februari 2021 dari https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2013/06/21/download-permendikbud-tentang-kurikulum-2013/.

Weller, A.V. (2013). The use of Web 2.0 Technology for pre-service teacher learning in science education. Research Gate, 3(2), 40-46.

https://www.researchgate.net/publication/318395036_The_use_of_Web_20_technology_for_pre-service_teacher_learning_in_science_education.