Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning melalui Google Classroom dalam Pembelajaran Menulis Teks Prosedur

  • Dariyo Soleh SMP Negeri 2 Mirit, Kebumen, Jawa Tengah,  Indonesia

Abstrak

Kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) merupakan tantangan besar bagi guru karena belum pernah mengalami sebelumnya. Model Pembelajaran Project Based Learning Melalui Google Classroom merupakan salah satu alternatif yang bisa diterapkan oleh guru pada kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Model Pembelajaran Project Based Learning melalui Google Classroom dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran  di kelas IXF SMP Negeri 2 Mirit Kebumen. Sintaks Pembelajaran Project Based Learning yaitu pertama, pertanyaan mendasar, kedua, mendesain perencanaan produk, ketiga, menyusun jadwal pembuatan, keempat, memonitor keaktifan dan perkembangan proyek, kelima, menguji hasil, dan keenam, evaluasi pengalaman belajar. Hasilnya menunjukkan bahwa secara umum siswa dapat membuat teks prosedur dengan benar. Perolehan nilai siswa dapat dideskripsikan bahwa nilai rata-rata sebesar 81, nilai tertinggi 94 dan nilai terendah 72. Ada satu siswa yang mendapatkan nilai 94, tiga siswa mendapat nilai 88, tujuh siswa mendapatkan nilai 86, dua siswa mendapatkan nilai 84, enam siswa mendapatkan nilai 82, tiga siswa mendapatkan nilai 78, dua siswa mendapatkan nilai 76, dan ada tujuh siswa yang mendapat nilai 72.

Kata Kunci: project based learning, google classroom, teks prosedur

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Dariyo Soleh, SMP Negeri 2 Mirit, Kebumen, Jawa Tengah

DARIYO SOLEH, S.Pd. lahir di Purworejo, pada tanggal 07 Juli 1970. Menempuh pendidikan di Universitas Muhammadiyah Purworejo Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Pekerjaan : Guru Bahasa Inggris di SMP Negeri 2 Mirit Kebumen, Jawa Tengah. Pengalaman Mengajar: 1996-2003 : Guru MTs. Ash-Shiddiqiyah; 2003-2008 : Guru SMP Tamtama, Prembun; 2008-2010 : Guru SMPN 4 Karangsambung; 2010-sekarang : Guru SMPN 2 Mirit. 

Diterbitkan
2021-05-01
Bagaimana cara mengutip:
Soleh, D. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning melalui Google Classroom dalam Pembelajaran Menulis Teks Prosedur. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(2), 137-143. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i2.239
Bagian
Praktik Terbaik
Abstrak viewed: 4298 times
PDF downloaded: 5297 times

Referensi

Anderson, Mark and Kathy. (2003). Text Types in English, Malaysia: Macmillian Education Australia Pty Ltd.

Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen. (2020). Implementasi Kurikulum 2013 Masa Pandemi Covid 19, Kebumen: Dinas Pendidikan.

Ermavianti, Dwi. (2020). Optimalisasi Kemampuan Berfikir Kritis Siswa di Tengah Pandemi Covid 19 pada Pembelajaran Tata Rias. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 27-33. DOI: https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.142

Harususilo, Y. E. (2020). 4 Kunci Pembelajaran di Rumah Bermakna dan Menyenangkan dari Sekolah Kharisma Bangsa. https://edukasi.kompas.com/read/2020/04/14/182638771/4-kuncipembelajaran-di-rumah-bermakna-dan-menyenangkan-dari-sekolah

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Panduan Penguatan Proses Pembelajaran Sekolah Menengah Pertama, Jakarta: Direktorat Pembinaan SMP.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2019). SE Mendikbud: Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). SE Mendikbud: Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat 12 Penyebaran Covid-19. https://setkab.go.id/mendikbud-terbitkan-sepelaksanaan-kebijakan-pendidikan-saat-covid-19/

Lydiati, Ida. (2019). Peningkatan Kreatifitas Peserta Didik pada Materi Statistika melalui Model Pembelajaran PjBL-STEM Kelas XII MIPA 6 SMA Negeri 7 Yogyakarta, Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, DOI: https://doi.org/10.51169/ideguru.v4i2.94

Marharjono. (2020). Benefits of Learning History Using Google Classroom at The Covid-19 Pandemic. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 56-63. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.155

Nurrohmah, (2021). Efektifitas Aplikasi E-Learning Google Classroom Untuk Meningkatkan Kemampuan Ceramah Peserta Didik. Retrieved January 1st, 2021 from https://guruberbagi.kemdikbud.go.id/.

Rosidah, Ati, (2020), Pemanfaatan Google Classroom Untuk Pembelajaran Online, Jakarta: LPMP Jakarta.

Suyaman, Maman, (2020), Model-model Pembelajaran Sastra Berbasis Jejaring, Naskah Tidak Diterbitkan.

Susilohadi, Gunarso. (2008). Contextual Teaching and Learning Bahasa Inggris: Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah Kelas IX Edisi 4 Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Wardiman, Artono. (2008). English in Focus for Grade IX Junior High School (SMP/MTs, Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Yuliana, Cecilia, M.M. (2020). Project Based Learning, Model Pembelajaran Bermakna Di Masa Pandemi Covid 19, Lampung: LPMP Lampung.

Zaida, Nur. (2011). Practice Your English Competence, Jakarta: Erlangga.