Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Materi Logika Matematika melalui Pembelajaran Kooperatif Team Game Tournament

  • Sularti Sularti SMKN 1 Pleret,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif TGT (Team Game Tournament) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika siswa kelas XI TKJ A SMKN 1 Pleret. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan bersama kolaborator yang merupakan teman sejawat. Siswa kelas XI TKJ A sebagai subyek penelitian berjumlah 34 orang. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus, siklus pertama dengan materi pernyataan majemuk yaitu konjungsi, disjungsi, implikasi dan biimplikasi. Sedangkan siklus kedua dengan materi invers, konvers, dan kontraposisi.  Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi  dan lembar tes. Pengumpulan data dilakukan dengan  observasi, dokumentasi, catatan lapangan dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif diskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran kooperatif  TGT yang terdiri dari 5 tahapan yang diterapkan pada mata pelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika siswa. Persentase keaktifan siswa sebelum diberikan tindakan hanya 50%, pada siklus I terjadi peningkatan menjadi 70,59% dan pada siklus II meningkat menjadi 83,95%. Dari tes hasil belajar diperoleh jumlah siswa yang tuntas sebelum diberikan tindakan hanya 17,65% pada siklus I terjadi peningkatan menjadi 29,41%  dan meningkat menjadi 50% pada siklus II.

Kata Kunci: Team Game Tournament, belajar, keaktifan

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2021-05-01
Bagaimana cara mengutip:
Sularti, S. (2021). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Materi Logika Matematika melalui Pembelajaran Kooperatif Team Game Tournament. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(2), 225-232. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i2.235
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 298 times
PDF downloaded: 294 times

Referensi

Hamalik, Oemar. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamdayana, Jumanta. 2017. Metodologi Pengajaran. Jakarta: bumi Aksara.

Hanafiah, Nanang dan Cucu Suhana.2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama

Marharjono. (2016). Peningkatan Kedisiplinan dan Prestasi Belajar Sejarah Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) SMA Negeri 1 Sewon. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 1(2), 1-13. https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/12

Prastowo, Andi. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Yogyakarta: Diva Press.

Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rahayu, Siti. (2017). Meningkatkan Prestasi Belajar Sosiologi Dengan Metode Jigsaw dan Team Game Tournament. Ideguru: Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 2(1), 54-62. https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/25

Rifa’i, Achmad dan Catharina Tri Anni. 2011. Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES Press.

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran. Bandung: PT Raja Grafindo Persada.

Seviana, Silvi W. (2013). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Penjumlahan Pecahan pada Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol 1, No 7 (2013). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/3158

Shoimin, Aris. 2014. Model pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Siregar, Eveline dan Hartini Nara. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Slavin, Robert E. 2015. Cooperatif Learning. Bandung: Nusa Media.

Suherman, Erman dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontenporer. Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.

Supriyono, Agus. 2016. Model-Model Pembelajaran Emansipatoris. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suyono dan hariyanto. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Uno, Hamzah B. dan Nurdin Muhamad. 2015. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, kreatif, Efektif Menarik. Jakarta: Bumi Aksara.