Peningkatan Hasil Belajar Geografi melalui Metode Sinkron dan Asinkron Berbantuan Aplikasi Google Classroom
Abstrak
Materi pelajaran Geografi, khususnya Interaksi Keruangan Desa dan Kota diadakan Penelitian Tindakan Kelas dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode sinkron dan asinkron berbantuan aplikasi Google Classroom. Subyek penelitian siswa XII IPS 1 SMAN 1 Banguntapan Semester Gasal 2020 / 2021 terdiri 32 siswa, yakni 22 perempuan dan 10 laki-laki. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dengan 2 siklus dan masing-masing tiga kali pertemuan, setiap pertemuan waktunya 75 menit. Masing-masing pertemuan dilakukan dengan cara virtual atau online melalui metode sinkron dan asinkrondengan menggunakan aplikasi Google Classroom. Data yang dikumpulkan untuk penelitian ini meliputi data observasi aktivitas siswa dan hasil belajar Geografi, dilaksanakan mulai bulan Agustus sampai bulan November 2020 dengan hasil penelitian menyatakan bahwa melalui metode sinkron dan asinkron dengan menggunakan aplikasi Google Classroom dapat memberikan pengaruh yang positif bagi peningkatan hasil belajar siswa pada materi Interaksi Keruangan Desa dan Kota Hal ini dilihat dari rata-rata nilai di kelas ketika pra tindakan 71,14 kemudian di siklus I meningkat menjadi 74,67, di siklus II menjadi 76,68 dan persentase ketuntasan klasikal dapat mencapai target indikator keberhasilan 80%.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2021 Asih Paramayati
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
![](/public/site/icon-graph.png)
![](/public/site/icon-pdf.png)