Peningkatan Hasil Belajar Geografi melalui Metode Sinkron dan Asinkron Berbantuan Aplikasi Google Classroom

  • Asih Paramayati SMA Negeri 1 Banguntapan,  Indonesia

Abstrak

Materi pelajaran Geografi, khususnya Interaksi Keruangan Desa dan Kota diadakan Penelitian Tindakan Kelas dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode sinkron dan asinkron berbantuan aplikasi Google Classroom. Subyek penelitian siswa XII IPS 1 SMAN 1 Banguntapan Semester Gasal 2020 / 2021 terdiri 32 siswa, yakni 22 perempuan dan 10 laki-laki. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dengan 2 siklus dan masing-masing tiga kali pertemuan, setiap pertemuan waktunya 75 menit. Masing-masing pertemuan dilakukan dengan cara virtual atau online melalui metode sinkron dan asinkrondengan menggunakan aplikasi Google Classroom. Data yang dikumpulkan untuk penelitian ini meliputi data observasi aktivitas siswa dan hasil belajar Geografi, dilaksanakan mulai bulan Agustus sampai bulan November 2020 dengan hasil penelitian menyatakan bahwa melalui metode sinkron dan asinkron dengan menggunakan aplikasi Google Classroom dapat memberikan pengaruh yang positif bagi peningkatan hasil belajar siswa pada materi Interaksi Keruangan Desa dan Kota Hal ini dilihat dari rata-rata nilai di kelas ketika pra tindakan 71,14  kemudian di siklus I meningkat menjadi 74,67, di siklus II menjadi 76,68 dan persentase ketuntasan klasikal dapat mencapai target indikator keberhasilan 80%.

Kata Kunci: sinkron, asinkron, Google Classroom, hasil belajar

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2021-05-01
Bagaimana cara mengutip:
Paramayati, A. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Geografi melalui Metode Sinkron dan Asinkron Berbantuan Aplikasi Google Classroom. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(2), 216-224. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i2.231
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 280 times
PDF downloaded: 456 times

Referensi

Hakim, Abdul Barir. (2016). Efektifitas Penggunaan E-Learning Moodle, Google Classroom dan Edmodo. IJTB International Journal of Technology and Business, 2(1).

Abdurrahman, Mulyono. (1999). Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Auliyana, Siti. (2015). Penerapan Google Classroom Sebagai Media Pembelejaran pada Pelajaran Kimia SMK Negeri 2 Temanggung. Skripsi: Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga.

Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

Dewi, Yetty Fatri. (2020). Belajar Bermakna Dari Rumah melalui Model Pembelajaran DaSi AsSi, Widyaiswara LPMP Jambi. Diambil dari https://lpmpjambi.id/2020/08/18/belajar-bermakna-dari-rumah-melalui-model-pembelajaran-dasi-assi/ (18 Agustus 2020)

Diemas P.P & Rina Harimurti. (2017). Pengaruh Penerapan Tools Google Clasroom Pada Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal IT-Edu, 2(1), 59-67.

Hamalik, Oemar. (2009). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hanief, Shofwan. (2015). Pengukuran Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh Menggunakan Framework Cobit 4.1 Dengan Pola Sinkronus. STMIK STIKOM Bali. Proceeding Konferensi Nasional Sistem dan Informatika (KNS&I) http://ejournal.stikom-bali.ac.id/index.php/knsi/article/view/526

Marlina, Emas (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning Berbantuan Aplikasi Sevima Edlink. Jurnal Pedagogik, 3(2) 104-110. https://jurnal.unai.edu/index.php/jpd/article/view/2339

Munir. (2012). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Online dan Web. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Nasution. (2008). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Nelly, Afrianti. (2020). Metode Belajar Daring Berbasis IT Google Classroom di Tengah Pandemi Covid-19. Diambil dari https://metrojambi.com/read/2020/03/29/52180/metode-belajar-daring-berbasis-it-google-classroom-di-tengah-pandemi-Covid19 (29 Maret 2020 21:01:45 WIB).

Sardiman. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suharsimi, Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Uno, Hamzah. (2009). Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT Bumi Aksara.