Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI)

  • Mintarjo Mintarjo SMK Negeri 2 Gedangsari,  Indonesia

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI), dengan materi barisan dan deret bilangan. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitian siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan 2 SMKN 2 Gedangsari tahun pelajaran 2019/2020 sebanyak 35 siswa. Data dikumpulkan dengan teknik tes tertulis dan pengamatan. Sebagai data primer adalah hasil tes tertulis. Sebagai data sekunder adalah hasil pengamatan. Data dianalisis dengan teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil tes tertulis dianalisis menggunakan teknik kuantitatif, sedangkan data hasil pengamatan dianalisis menggunakan teknik kualitatif. Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar matematika. Peningkatan hasil belajar matematika ditunjukkan dengan kenaikan persentase jumlah siswa yang nilainya mencapai KKM dari pra siklus, siklus I, dan siklus II. Pada tahap pra siklus, siswa yang nilainya mencapai KKM ada 5 (lima) siswa atau 14%. Pada siklus I, siswa yang nilanya mencapai KKM sebanyak 18 siswa atau 51%. Pada siklus II, siswa yang nilanya mencapai KKM sebanyak 25 siswa atau 76%. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa, dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar matematika.

Kata Kunci: hasil belajar matematika, pembelajaran kooperatif, team assisted individualization

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2021-03-15
Bagaimana cara mengutip:
Mintarjo, M. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI). Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(1), 108-116. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i1.222
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 280 times
PDF downloaded: 301 times

Referensi

Aqib, Z., & Chotibuddin, M. (2018). Teori dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru/Kepala dan Pengawas Sekolah/Dosen. Yogyakarta: Penerbit Deepublish Grup Penerbiatan CV. Budi Utama.

Chotimah, C., & Fathurrohman, M. (2018). Paradigma Baru Sistem Pembelajaran Dari Teori, Metode, Model, Hingga Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Fathurrohman, M. (2017). Belajar dan Pembelajaran Modern Konsep Dasar, Inovasi dan Teori Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Garudhawaca.

Hamdayama, J. (2016). Metodologi Pengajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Karunia Eka Lestari, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.

Kesowo, B. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretaris Negara Republik Indonesia.

Khaeriyah, F. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Metode Cooperative Learning Teknik Group Investigasi. Jurnal Pendidikan Dasar, 211-212.

Nai, F. A. (2017). Teori Belajar dan Pembelajaran Implementasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP, SMA, dan SMK. Yogyakarta: Penerbit Deepublish Group Penerbitan CV. Budi Utama.

Nur, M. (2018). Penerapan Model Cooperatif Learning Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Perilaku Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah Al Ikhlas Mowewe. Zawiyah : Jurnal Pemikiran Islam, 150.

Nur, M., & Rachmadani, F. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI yang Melibatkan Kecerdasan Majemuk dalam Pembelajaran Matematika Pada Peserta Didik Kelas VIII Negeri Akreditasi A di Kota Makasar. Eprints Repository Software Universitas Negeri Makasar, 7-8.

Nuraini, S., Suherman, U., & Darmawan, D. (2018). Penerapan Cooperative Learning Tipe STAD Berbasis Multimedia Pembelajaran Presentasi untuk Meningkatkan Motivasi dan Penguasaan Konsep Getaran dan Gelombang. JTEP- Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 672.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah

Sardiman. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Siti Nuraini, U. S. (2018). Penerapan Cooperative Learning Tipe STAD Berbasis Multimedia Pembelajaran Presentasi untuk Meningkatkan Motivasi dan Penguasaan Konsep Getaran dan Gelombang. Teknologi Pembelajaran, 672.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudrajat, A., & Ismi, N. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar IPS Tentang Masalah Sosial Melalui Metode Cooperative Learning Tipe Inside-Outside Circle (IOC) di Kelas IV SDN Cipinang Melayu 12 Petang Jakarta Timur. Humano Jurnal Penelitian (Jph) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Khairun, 154.

Sugiyanta. (2017). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika pada Materi Statistika dengan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI). Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 2(1), 104-114. https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/30

Suyanto, & Jihad, A. (2019). Menjadi Guru Profesional Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Gelobal. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Uno, H. B. (2016). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Utami, D. P., & Andriani, M. (2019). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization. el-ibtidaiy, 11.