PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN METODE COOPERATIF LEARNING

  • Sumiyono Sumiyono SMA Negeri 1 Sewon,  Indonesia

Abstrak

Penelitian tindakan sekolah ini dilakukan sebagai salah satu upaya meningkatkan prestasi belajar Ekonomi siswa SMA Negeri 1 Sewon. Tindakan dilakukan dengan pembelajaran melalui pendekatan kontekstual dengan metode cooperatif learning. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPS-1.

Hasil pengamatan sebelum dilakukan tindakan menunjukkan: Rerata capaian nilai 31 siswa ada : 77, 87 masih di bawah ketentuan KKM sebesar 80. Ketuntasan klasikal sebesar 80,65 %  atau  sebanyak 25 siswa dari 31 siswa. Dilihat secara individual masih terdapat sebanyak 19,35 % atau 6 siswa yang belum mencapai KKM. Hasil tindakan direfleksikan antara peneliti dan kolaborator untuk dilakukan evaluasi dan menyusun perencanaan tindakan pada siklus berikutnya. Kegiatan ini dilakukan berulang-ulang sampai hasil refleksi dan evaluasi mencapai hipotesis penelitian terpenuhi.

Hipotesis tindakan penelitian: “Prestasi belajar ekonomi siswa dapat ditingkatkan melalui proses belajar mengajar dengan pendekatan kontekstual dengan metode cooperatif learning”. Hipotesis secara kuantitatif; Rerata prestasi belajar siswa: 83,00,  Ketuntasan klasikal: 96,77, Siswa belum mencapai KKM turun menjadi 1 orang. Setelah dilakukan tindakan siklus  II diperoleh rerata nilai seluruh  siswa : 85,32. Ketuntasan klasikal: 96,77 dan siswa belum mencapai KKM ada 1 orang. Maka hipotesis tindakan kedua dan hipotesis penelitian telah dapat dicapai.

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Sumiyono Sumiyono, SMA Negeri 1 Sewon

Guru Ekonomi

Diterbitkan
2017-05-02
Bagaimana cara mengutip:
Sumiyono, S. (2017). PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN METODE COOPERATIF LEARNING . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 2(1), 22-32. Diambil dari https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/22
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 195 times
PDF (English) downloaded: 245 times