Problem Based Learning Menggunakan LKPD Berbantuan AI pada Pembelajaran Matematika

  • Anggraeni Ratna Winanti SMAN 1 Bambanglipuro, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri dan prestasi belajar siswa pada materi Barisan dan Deret melalui model pembelajaran problem based learning ( PBL ) dengan menggunakan LKPD berbantuan Artificial Intellegent ( AI ) . Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan setiap siklusnya menggunakan empat komponen yaitu perencanaan , tindakan , pengamatan , dan refleksi . Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X.6 SMA Negeri 1 Bambanglipuro Tahun Pelajaran 2025/2026. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi guru, lembar obsevasi siswa, instrumen angket kepercayaan diri siswa dan instrumen tes prestasi belajar siswa. Analisis data pada penelitian ini mencakup penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran problem based learning dengan menggunakan LKPD berbantuan AI mampu meningkatkan kepercayaan diri siswa dilihat dari data pada siklus II telah mencapai indikator keberhasilan yaitu sebesar 36,67% siswa memiliki kepercayaan diri sangat tinggi, 63,33% siswa memiliki kepercayaan diri tinggi dalam kelas tersebut. Selain itu penggunaan model pembelajaran ini mampu meningkatkan prestasi belajar siswa hal ini dapat dilihat dari data pada siklus II telah mencapai indikator keberhasilan sebesar 76,67% yakni 23 siswa telah tuntas dari 30 siswa di dalam kelasnya. Pada hasil observasi pembelajaran model problem based learning dengan menggunakan LKPD berbantuan AI   pada siklus II juga telah mencapai indikator keberhasilan dengan persentase sebesar 95,94%. Dari keseluruhan hasil penelitian, disimpulkan pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan LKPD berbantuan AI   mampu meningkatkan kepercayaan diri dan prestasi belajar siswa.

 

Kata Kunci: problem based learning, LKPD, AI

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-12-12
Bagaimana cara mengutip:
Winanti, A. R. (2025). Problem Based Learning Menggunakan LKPD Berbantuan AI pada Pembelajaran Matematika. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(3), 2026-2033. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i3.2194
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 54 times
PDF downloaded: 14 times

Referensi

Arends, R. I., & Kilcher, A. (2010). Teaching for Student Learning: Becoming an Acomplished Teacher. New York, NY: Routledge.

Astuti, M., Suryana, I., Anggraini, N., Fitri, A., Fajar, M., & Astuti, P.W.. (2024). Media Pembelajaran sebagai Pusat Sumber Belajar. Jounal of Law, Administration, and Social Science. 4(5), 702-709). https://doi.org/10.54957/jolas.v4i5.870

Azwar, Saifudin. (2013). Tes Prestasi: Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar (5ed ed). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bandura, Albert. (1997). Self-Efficacy-The Exercise of cCntrol. New York: W.H Freeman and Company.

Boateng, S.L., Penu, O.K.A., Boateng, R., Budu, J., Marvo, J.S., & Asamoah, P. (2024). Educational technologiest and Elementary Level Education- A Bibliometric review of scopus indexed journal articles. Helion 10(7), e28101. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2024.e28101

Goel, M dan Aggarwal, P. (2012). A Comparative Study of Self Confidence of Single Child and Child with Sibling. International Journal of Research in Social Sciences. 2(3), 89-98. https://www.semanticscholar.org/paper/A-comparative-study-of-self-confidence-of-single-Goel-Aggarwal/bf7a048d74333526891637c8da511d797f5f0f55

Hastina. (2025). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kepercayaan Diri terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Ekonomi Angkatan 2021 Universitas Sulawesi Barat. Repository Universitas Sulawesi Barat. https://repository.unsulbar.ac.id/id/eprint/2003/

Lie, Anita. (2003). 101 Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak. Jakarta: PT. Elek Media Kumpulan Do Gramedia.

Lindenfield, G. (1997). Mendidik Anak agar Percaya Diri. Jakarta : Arcan.

Magdalena, M., Putra, A.P. & Winarti, A. (2021). The Practically of E-LKPD Materials on Enviromental Pollution to Practice Critical Thinking. BIO-INOVED: Jurnal Biologi, Inovasi, Pendidikan. 3(3), 210-215. https://dx.doi.org/10.20527/bino.v3i3.11099

McLeod, D.B. (1991). The role of Affect. dalam Fennema, E.,Carpenter, T.P, & Lamon, S. J.(Eds), Integrating Research on Teaching and Learning Mathematics (pp 56-82). New York: State University New York Press, Albany.

Murwani, S., Syarufuddin, & Jaenudin, R. (2025). Analisis Kebutuhan Pengembangan E-LKPD Hypercontent Berbasis AI pada Pembelajaran di Kelas V Sekolah Dasar. Panda: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. 10(2), 360-372. https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24435

Rahmah, M.A., Hasibuan, U.M., & Sari, A. N.S. (2024). Konseling Lintas Budaya untuk Komunikasi yang efektif. Jurnal Edu Society. 4(2), 1306-1311. https://doi.org/10.56832/edu.v4i2.478

Othman, Nooraini & Kong Bee Leng. (2011). The Relationship Between Self-Concept, Intrinsic Motivation, Self-Determination and Academic Achievement Among Chinese Primary School Students. International Journal of Psychological Studies. 3(1), 90-98. https://doi.org/10.5539/ijps.v3n1p90

Orton, A. (2004). Learning Mathematics: Issues, Theory and Classroom Practice (3rded). London: Continuum.

Parai, M., Shenoy, P., Loh, K.Y. (2015). Students’ Perception of Technology-Assisted Learning in Undergraduate Medical Education–A Survey. The Social Science Journal. 52 (1), 78–82. https://doi.org/10.1016/j.soscij.2014.08.007

Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. (Nomor 7 Tahun 2022). Tentang Standar Isi pada Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah.

Reynolds, C. R., Livingston, R. B., & Willson, V. (2010). Measurement and Assessment in Education. Upper Saddle River, NJ: Pearson.

Safitri, E., Wawan, Setiawan., A., & Damayanti, R. (2023). Eksperimentasi model pembelajaran problem based learning berbantuan Kahoot terhadap kepercayaan diri dan prestasi belajar. JPTK: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas.1(2), 57-61. https://doi.org/10.61650/jptk.v1i2.154

Schunk, D.H. (2012). . Learning Theories: An Educational Perspectives, 6th Edition. New York: Pearson Education Inc.

Siregar, Torang. (2023). Suatu Model Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Di SMA Begeri 1 Sinunukan. Competitive: Journal of Education. 2(2), 94-102. https://doi.org/10.58355/competitive.v2i2.9

Skemp, R. R. (1971). The Psycholology Of Learning Mathematics. Baltimore. MD: Richard Clay (The Causer Press) Ltd.

Sofiana, E., Roesminingsih, M.V., & Widodo, B.S. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Dinamika Kependudukan di Indonesia. Journal Educatioan and Development: Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. 9(1), 285-293. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/2376/1296

Sundari, E. (2024). Menjelajaho Potensi Articial Intellegence (AI) dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Indonesia. Sindoro: Cendekia Pendidikan. 4(4), 50-54. https://doi.org/10.9644/sindoro.v4i6.3403

Wahyudi, G.F., Suriansyah, A., & Rafianti, W.R. (2024). Analisis Efektivitas Penerapan Model PBL dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Maras: Jurnal Penelitian Multidisiplin2(4), 2270-2278. https://doi.org/10.60126/maras.v2i4.576

Zimmerman, B.J., Bonner, S. & Kovach, R. (1996). Developing Self-Regulated Learners beyond Achievement to Sef-Efficacy (Psychology in the Classroom). USA: American Psychological Association).