Analisis Karakteristik Kepemimpinan Perempuan terhadap Perannya dalam Pendidikan Kejuruan

  • Cahyaningsih Cahyaningsih SMK Negeri 3 Wonosari, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Isu kepemimpinan perempuan yang belum banyak dianalisa adalah kepemimpinan perempuan  dalam pendidikan kejuruaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui  karakteristik kepemimpinan perempuan pendidikan kejuruan, serta pengaruh karakteristik kepemimpinan perempuan terhadap peran kepemimpinan perempuan pendidikan kejuruan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kombinasi (mixed methods). Penelitian ini menggunakan metode kombinasi (mixed methods) model campuran yang merupakan prosedur  penelitian dimana peneliti menggabungkan data kuantitatif dan kualitatif agar diperoleh analisis yang komprehensif guna menjawab masalah penelitian. Pada tahap kuantitatif, peneliti melakukan penelitian mengenai karakteristik kepemimpinan pada 90 kepala sekolah perempuan dalam pendidikan kejuruan dan diikuti dengan wawancara medalam terhadap kepala sekolah perempuan.  Proses  analisis data kualitatif dilakukan dalam lima tahap, yaitu: Compiling, Disassembling, Reassembling, Interpreting, Concluding. Temuan dari penelitian ini yaitu strategi peningkatan peran kepemimpinan perempuan pendidikan yang meliputi: karakteristik kepemimpinan perempuan pendidikan kejuruan adalah keibuan, hemat, teliti, hati-hati, responsif dan tenggang rasa, bisa menyesuaikan diri, kreatif dan inovatif, komunikasi terbuka. Karakteristik kepemimpinan perempuan berpengaruh positif pada peran kepemimpinan perempuan dalam pendidikan kejuruan

Kata Kunci: kepemimpinan perempuan, karakteristik, pendidikan vokasional

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-12-12
Bagaimana cara mengutip:
Cahyaningsih, C. (2025). Analisis Karakteristik Kepemimpinan Perempuan terhadap Perannya dalam Pendidikan Kejuruan. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(3), 2061-2070. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i3.2191
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 31 times
PDF downloaded: 17 times

Referensi

Allan, E. J. (2011). Women's status in higher education: Equity matters. San Francisco, CA: Wiley Subscription Services

Bass, Berdnard. (2008). The handbook of leadership. New York. Free Press.

Baswedan, A. R. (2004). Profil EQ kepemimpinan wanita pemimpin di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Kependidikan, 173-192.

Bush, T., Coleman, M. (2010). Leadership and strategic management in education. London. SAGE Publications, Inc.

Caliper, A. &. (2005). The DNA of women leaders. Princeton, New Jersey: Caliper Corp.

Corbett, C., Hill, C., American Association of University Women., Mooneen Lecce Giving Fund., & Eleanor Roosevelt Fund. (2012). Graduating to a pay gap: The earnings of women and men one year after college graduation. Retrieved from http://www.aauw.org/research/graduating-to-a-pay-gap/

Crawford, M. (2009). Getting to the hearth of leadership: Emotion and educational leadership. London. Sage.

Creswell, J. W. (2003). Research design: Qualitative, quantitative and mixed methods approaches (2th ed.). Thousand Oaks, California: SAGE Publications, Inc.

Frankel, Lois P. (2007). See Jane Lead: 99 kiat sukses memimpin bagi perempuan. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.

Growe, Roslin., Montgomery, Paula. (2013). Women and leadership paradigm: Bridging the gender gap. Lafayette. University of Lousiana.

Haikal, Husain. (2012). Wanita Dalam Pembinaan Karakter Bangsa. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Hartono, Jogiyanto. 2008. Metodologi Penelitian Sistem Informasi. Penerbit ANDI. Yogyakarta.

Herachwati, Nuri., Basuki, Bhaskaroga Dwiatmaja. (2012). Gaya kepemimpinan laki-laki dan perempuan. Majalah Ekonomi. Vol XXII (2).

Hogue, Mary & Lord, Robert, G. (2007). A multiple, complexity theory approach to understanding gender bias in leadership. The Leadership Quarterly. 18. 370-390.

Howard, A., & Bray, D. W. (1988). Managerial lives in transition: Advancing age and changing times. New York: Guilford Press.

Jirashinghe, D. and Lyons, G. (1996). The competen head: A job analysis of heads' task and personality factors. London. Falmer Press.

Kristiyanti, E.I., & Muhyadi. (2015). Kepemimpinan kepala sekolah perempuan: studi kasus SMKN 7, SMKN 1 Bantul, SMKN 1 Tempel. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, Vol. 3. 37-49.

Robbins S. P. (2010). Organizational behavior. New Jersey. Prentice-Hall.

Vinkenburg, C. J. et al (2011). An explotarion of stereotypical beliefs about leadership style : Is transformational leadership a route to woman's promotion ? The Leadership Quarterly, 10-21.

Yin, R. K. (2011). Qualitatif Research: From Start to Finish New York: The Guildford.

Yukl, G. A. (2010). Leadership in organization. Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall.