Analisis Karakteristik Kepemimpinan Perempuan terhadap Perannya dalam Pendidikan Kejuruan
Abstrak
Isu kepemimpinan perempuan yang belum banyak dianalisa adalah kepemimpinan perempuan dalam pendidikan kejuruaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui karakteristik kepemimpinan perempuan pendidikan kejuruan, serta pengaruh karakteristik kepemimpinan perempuan terhadap peran kepemimpinan perempuan pendidikan kejuruan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kombinasi (mixed methods). Penelitian ini menggunakan metode kombinasi (mixed methods) model campuran yang merupakan prosedur penelitian dimana peneliti menggabungkan data kuantitatif dan kualitatif agar diperoleh analisis yang komprehensif guna menjawab masalah penelitian. Pada tahap kuantitatif, peneliti melakukan penelitian mengenai karakteristik kepemimpinan pada 90 kepala sekolah perempuan dalam pendidikan kejuruan dan diikuti dengan wawancara medalam terhadap kepala sekolah perempuan. Proses analisis data kualitatif dilakukan dalam lima tahap, yaitu: Compiling, Disassembling, Reassembling, Interpreting, Concluding. Temuan dari penelitian ini yaitu strategi peningkatan peran kepemimpinan perempuan pendidikan yang meliputi: karakteristik kepemimpinan perempuan pendidikan kejuruan adalah keibuan, hemat, teliti, hati-hati, responsif dan tenggang rasa, bisa menyesuaikan diri, kreatif dan inovatif, komunikasi terbuka. Karakteristik kepemimpinan perempuan berpengaruh positif pada peran kepemimpinan perempuan dalam pendidikan kejuruan
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2025 Cahyaningsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
DOI:












