Peranan Siniar sebagai Media Pembelajaran Sosiologi di Masa Pandemi

  • Martini Sugatri SMA Negeri 1 Bantul,  Indonesia

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan podcast sebagai media pembelajaran sosiologi dalam pembelajaran jarak jauh di masa pandemi di Kelas XII IPS2 di SMAN 1 Bantul Semester 2 tahun Pelajaran 2020/2021. Penulisan best pratice ini termasuk jenis penelitian dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Penulis menggambarkan pengalaman terbaiknya dalam memecahkan permasalahan yang dihadapi dalam proses pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS2 SMAN 1 Bantul Semester 2 tahun pelajaran 2020/2021 dan lokasi peneletian ini adalah SMAN 1 Bantul. Subyek dalam penulisan ini sebanyak 32 responden. Data yang digunakan adalah data primer yang didapat dengan menggunakan google form. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan membagikan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam analisis ini mengunakan pengumpulan data melalui google form. Tahap yang yang dilakukan yaitu tahap mereduksi data yang ada yang ada dalam google form, tahap menyajikan data dalam bentuk data kualitatif dan data kuantitatif dan terakhir tahap  membuat penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dari penggunan podcast sebagai media pembelajaran sosiologi di masa pandemi  adalah bahwa sebanyak 100 % responden  menyatakan menyukai penggunaan podcast, 92,3% responden menyatakan paham terhadap materi yang digunakan dan 100% responden menyatakan mudah dalam penggunaan podcast sebagai media pembelajaran. Selain itu bahwa penggunaan podcast  dapat meningkatnya minat dan motivasi belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran selama masa pandemi. Penggunaan Podcast ini merupakan salah satu solusi dalam pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19.

Kata Kunci: Siniar, pembelajaran jarak Jauh, media pembelajaran, pandemi, sosiologi

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2021-03-15
Bagaimana cara mengutip:
Sugatri, M. (2021). Peranan Siniar sebagai Media Pembelajaran Sosiologi di Masa Pandemi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(1), 58-66. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i1.219
Bagian
Praktik Terbaik
Abstrak viewed: 1074 times
PDF downloaded: 951 times

Referensi

Adhitya Rol Asmi,aulia Novemy Dhita, Supriyanto. (2019). Pengembangan audio Podcast pada Materi Sejarah Lokal di Sumatera Selatan. Jurnal Historia Pendidikan dan Penelitian Sejarah. http://dx.doi.org/10.17509/historia.V3iI.2017

Brings, L. J. (1977). Intructional Design Education Technology Publications..New Jersey: Englewood Cliffs

Faiza Indriastuti & Wawan Tri Laksono Test. (2014). Podcast Sebagai Sumber Belajar Berbasis Audio. Jurnal Teknologi Pendidikan. Volume 18 No 3

Handoko, M (2002). Motivasi Daya Penggerak Tingkah Laku. Yogyakarta: Kanisius

Komppelman, H. (2013). Using Podcast In Distance Education. In Proceeding of Internasional Conference e-learning, (hal 303-310).

Kosasih, Robertus Angkowo & A. (2007). Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: PT Grasindo

P.James, Mark Bullen & Diane. (2007). Making The Transition E-Learning: Stategies and Issues. Canada: Information Science Pub

Ratna Dwi Susilowati, Sutama Sutama, Nuqhty Faiziyah. (2020). Penerapan Podcast pada Aplikasi Sportyfy sebagai media pembelajaran matematika di tengah pandemi covid-19. Jurnal Riset dan inovasi matematika, 4(1). http://dx.doi.org/10.26740/jrpipm.v4n1.p68-78

Klose, Rebecca & Schreiber, Christof. (2017). Matematical Audio-Podcast For Theacher Education and School. Teacher and Curriculum, ISSN 2382-0349, 17(2) 41-46. http://dx.doi.org/10.15663/tandc.v17i2.161

Scramm, W. (1977). Big Media Little Media. London: Sega Publik-Baverly Hills

Sharon E Smaldino, Deborah L. Lowther dan James D Russell. (2014). Intructional Technology and Media For Learning. Jakarta: Kencana

Sukmadinata. (2006). Penelitian Kualitatif. Bandung: Graha Aksara.

UNICEF. (2020). The Remote Learning Reachability. New York, AS: https://www.unicef.org.