Kerangka Konseptual Asesmen Menulis Teks Argumentasi: Desain Rubrik Analitik Berbasis Literasi AI
Abstrak
Integrasi Generative Artificial Intelligence (GenAI) dalam pendidikan bahasa menuntut redefinisi fundamental terhadap konstruk penilaian menulis. Tantangan utama saat ini adalah ketidakmampuan rubrik konvensional—yang menitikberatkan pada akurasi mekanis dan struktur permukaan—untuk membedakan antara kompetensi kognitif siswa dan kecanggihan algoritma. Artikel ini bertujuan menyusun kerangka konseptual dan desain prototipe rubrik analitik baru untuk asesmen teks argumentasi yang secara eksplisit mengintegrasikan dimensi literasi AI. Menggunakan metode studi konseptual, penelitian ini menyintesis referensi kunci yang mencakup teori asesmen bahasa, model argumentasi Toulmin, dan konsep distributed agency (agensi terdistribusi). Penelitian ini mengusulkan pergeseran paradigma asesmen dari product-oriented ke process-oriented melalui model "ko-kreasi". Hasil utama penelitian ini adalah desain rubrik analitik dengan empat dimensi utama beserta bobot usulannya: (1) Orisinalitas dan Sintesis Gagasan (35%), (2) Evaluasi Kritis Sumber dan Output AI (30%), (3) Logika Argumentasi (25%), dan (4) Mekanik (10%), ditambah dengan prasyarat Transparansi Etis. Kerangka ini tidak hanya merespons isu plagiarisme, tetapi juga dirancang untuk mendorong strategi self-regulated learning. Temuan ini diharapkan menjadi acuan bagi pendidik dan pengambil kebijakan dalam merancang ekosistem asesmen yang valid, etis, dan mampu menumbuhkan nalar kritis siswa di era disrupsi teknologi.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2025 Ayu Herawati, Sudiati, Esti Swatika Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
DOI:












