Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Sinergi Teknologi dan Inkuiri Kolaboratif pada Pembelajaran Mendalam
Abstrak
Kompetensi guru menjadi bagian penting dalam proses pembelajaran, karena sejatinya guru tidak hanya sekedar mengajar namun mendidik dengan setulus hati agar pembelajaran yang dilakukan bermakna. Perkembangan teknologi yang semakin pesat, kehidupan zaman anak juga semakin berkembang, sehingga guru perlu adaptif dan inovatif dalam meningkatkan kompetensinya menghadapi perubahan lingkungan dan zaman anak dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengetahui sejauh mana penguasaan teknologi guru, produk digital yang bisa dihasilkan guru melalui pemanfaatan teknologi dalam penerapan pembelajaran mendalam dengan melaksanakan tahapan inkuiri koaboratif di sekolah. Penelitian ini merupakan praktik baik di sekolah, dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan data melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan teknologi guru sebesar 91,3% dan produk digital inovatif yang dihasilkan guru sebesar 89,8%. Hal ini menunjukkan tingkat capaian kompetensi guru kategori tinggi dan baik. Oleh karena itu, integrasi antara kerangka kerja inkuiri kolaboratif dan tujuan pembelajaran mendalam yang didukung pemanfaatan media digital merupakan sebuah strategi efektif untuk peningkatan kompetensi guru. Harapannya jika tantangan guru semakin meningkat, peningkatan kompetensi lebih optimal lagi sehingga tujuan pendidikan baik di sekolah maupun pendidikan nasional dapat terwujud dan mampu mewujudkan cita-cita nasional, pendidikan bermutu untuk semua.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2025 Nurini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
DOI:












