Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Sinergi Teknologi dan Inkuiri Kolaboratif pada Pembelajaran Mendalam

  • Nurini Nurini SD Negeri 3 Jarakan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Kompetensi guru menjadi bagian penting dalam proses pembelajaran, karena sejatinya guru tidak hanya sekedar mengajar namun mendidik dengan setulus hati agar pembelajaran yang dilakukan bermakna. Perkembangan teknologi yang semakin pesat, kehidupan zaman anak juga semakin berkembang, sehingga guru perlu adaptif dan inovatif dalam meningkatkan kompetensinya menghadapi perubahan lingkungan dan zaman anak dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengetahui sejauh mana penguasaan teknologi guru, produk digital yang bisa dihasilkan guru melalui pemanfaatan teknologi dalam penerapan pembelajaran mendalam dengan melaksanakan tahapan inkuiri koaboratif di sekolah. Penelitian ini merupakan praktik baik di sekolah, dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan data melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan teknologi guru sebesar 91,3% dan produk digital inovatif yang dihasilkan guru sebesar 89,8%. Hal ini menunjukkan tingkat capaian kompetensi guru kategori tinggi dan baik. Oleh karena itu, integrasi antara kerangka kerja inkuiri kolaboratif dan tujuan pembelajaran mendalam yang didukung pemanfaatan media digital merupakan sebuah strategi efektif untuk peningkatan kompetensi guru. Harapannya jika tantangan guru semakin meningkat, peningkatan kompetensi lebih optimal lagi sehingga tujuan pendidikan baik di sekolah maupun pendidikan nasional dapat terwujud dan mampu mewujudkan cita-cita nasional, pendidikan bermutu untuk semua.

Kata Kunci: inkuiri kolaboratif, kompetensi guru, pembelajaran mendalam, teknologi

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-12-12
Bagaimana cara mengutip:
Nurini, N. (2025). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Sinergi Teknologi dan Inkuiri Kolaboratif pada Pembelajaran Mendalam. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(3), 2011-2018. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i3.2178
Bagian
Praktik Terbaik
Abstrak viewed: 47 times
PDF downloaded: 24 times

Referensi

Ariyanti, A., Herlambang, Y. T., & Muhtar, T. (2024). Urgensi Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Abad Ke- 21: Studi Kritis Pedagogik Futuristik. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 389–395. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1417

Damanik, R. (2019). Hubungan Kompetensi Guru Dengan Kinerja Guru. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 8(2). https://doi.org/10.37755/jsap.v8i2.170

Darling-Hammond, L., Hyler, M. E., & Gardner, M. (2017). Effective Teacher Professional Development. Learning Policy Institute.

Fakhruddin, A. M., Annisa, A., Putri, L. O., & Sudirman, P. R. A. T. (2023). Kompetensi Seorang Guru dalam Mengajar. 5(2), 3418–3425. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1021

Fullan, M., & Langworthy, M. (2014). A Rich Seam: How New Pedagogies Find Deep Learning. Pearson.

Fullan, M. (2007). The New Meaning of Educational Change. Routledge.

Hattie, J. (2009). Visible Learning: A Synthesis of Over 800 Meta-Analyses Relating to Achievement. Routledge.

Hidayati, U. (2017). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 4(2), 74–80. https://doi.org/10.32729/edukasi.v4i2.177

Junaid, R., & Baharuddin, M. R. (2020). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru melalui PKM Lesson Study. To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 122–129. https://doi.org/10.35914/tomaega.v3i2.413

Kasmiati. (2021). Peran Guru dalam Penerapan Pembelajaran Mendalam (Deep Learning) di Kelas Reguler dan Kelas Inklusi. 8(3), 167–186.

Katz, S., & Dack, L. A. (2013). Intentional Interruption: Breaking Down Learning Barriers to Transform Professional Practice. Corwin Press.

Milles, Mattew B & Hubberman, A. M. (1992). Data Analisis Kualitatif. Universitas Indonesia Pers.

Mishra, V., Effectiveness, T., & Measures, Q. T. (2012). S UGGESTIVE S TRATEGIES FOR A CHIEVING. 2(2), 243–250.

Ramadan, F., Arawan, A., Fatmawati, F., Yennizar, Y., & Latif, M. (2025). Model-Model Pengembangan Kurikulum. Journal of Artificial Intelligence and Digital Business, 4(2), 1748–1755. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/riggs.v4i2.735

Silvia Pratama, P., Annissa Mawardini, & Rini Rahayu. (2023). Peran Guru Sebagai Role Model Dan Teladan Dalam Meningkatkan Moralitas Siswa Di Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 2(5), 2013–2027. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i5.9046

Wati, S., & Nurhasannah, N. (2024). Penguatan Kompetensi Guru Dalam Menghadapi Era Digital. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 10(2), 149–155. https://doi.org/10.26740/jrpd.v10n2.p149-155

World Bank. (2022). The State of Global Learning Poverty: 2022 Update.

Yadav, S. (2025). Digital Pathways to Excellence for Bridging Gaps and Building Competencies. 287–308. https://doi.org/https://doi.org/10.4018/979-8-3373-0472-4.ch012