Efektivitas Physics Interactive Multimedia pada Materi Listrik Bolak-Balik untuk Meningkatkan Literasi Digital Menggunakan Flipped Learning
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penggunaan Physics Interactive Multimedia (PhysIM) dalam meningkatkan literasi digital dan memfasilitasi pembelajaran mendalam (deep learning) melalui model Flipped Learning pada materi Listrik Bolak-Balik. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi-eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian dilaksanakan di SMAN 2 Wates pada tahun ajaran 2025/2026 dengan subjek penelitian murid kelas XII MIPA yang terbagi menjadi tiga kelas: XII A (Eksperimen I dengan PhysIM + Flipped Learning), XII B (Eksperimen II dengan PowerPoint + Direct Instruction), dan XII D (Kontrol dengan Buku Teks). Instrumen pengumpulan data menggunakan tes literasi digital dan tes kemampuan berpikir kritis yang telah tervalidasi. Analisis data menggunakan General Linear Model (GLM) dan Normalized Gain (N-Gain). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas XII A yang menerapkan PhysIM dengan strategi flipped learning mencapai skor N-Gain tertinggi pada kemampuan literasi digital (0.65), berbeda signifikan dibandingkan kelas XII B dan XII D. Simpulan penelitian ini adalah integrasi PhysIM dalam ekosistem flipped learning efektif mengubah peran murid dari penerima pasif menjadi pembelajar aktif yang literat secara digital dan mampu berpikir mendalam.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2025 Tirtandro Meda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
DOI:












