Peningkatan Keterampilan Menulis Aksara Jawa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Kartu Arisan

  • Windarti Windarti SMP Negeri 5 Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Tujuan Penelitian untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis Aksara Jawa melalui model pembelajaran kooperatif kartu arisan pada siswa kelas VII A SMP Negeri 5 Yogyakarta. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan melalui tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Waktu penelitian mulai Januari sampai Maret 2020 dalam tiga siklus. Teknik pengumpulan data melalui lembar observasi dan hasil tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif kartu arisan memberikan suasana pembelajaran yang yang menyenangkan, siswa berani mengemukakan pendapatnya, penguasaan materi pembelajaran lebih mendalam, semangat dalam belajar menulis Aksara Jawa, jujur dalam mengerjakan soal, lebih percaya diri, dan banyak berlatih menulis Aksara Jawa. Hasil Penelitian menunjukan ada peningkatan keterampilan menulis Aksara Jawa. Hasil rata-rata ketercapaian pada prasiklus 59,68, siklus I sebesar 70,65, siklus II mencapai 76,45 dan siklus III rata-rata 82,25. Ketuntasan klasikal ada kenaikan yaitu prasiklus sebesar 25,80 %, siklus I sebesar 51,61%, siklus II ketuntasan klasikal 67,74% dan siklus III sebesar 87,09%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif kartu arisan dapat meningkatkan keterampilan menulis Aksara Jawa.

Kata Kunci: keterampilan menulis, Aksara Jawa, pembelajaran kooperatif, kartu arisan

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2021-05-01
Bagaimana cara mengutip:
Windarti, W. (2021). Peningkatan Keterampilan Menulis Aksara Jawa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Kartu Arisan. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(2), 183-192. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i2.216
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 745 times
PDF downloaded: 736 times

Referensi

Darusuprapta, dkk. (2002). Pedoman Penulisan Aksara Jawa. Yogyakarta: Pustaka Nusatama.

Disdikpora DIY. (2013). Kurikulum Muatan Lokal SK.KD. Mata Pelajaran Bahasa Jawa.

Jumanta, Hamdayana. (2017). Metodologi Pengajaran. Jakarta: Bumi Angkasa.

Muchayat, M. (2021). Peningkatan Prestasi Belajar Distribusi Normal melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(1), 67-74. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i1.177

Mulatsih, B. (2017). Peningkatan Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Kimia melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 2(2), 1-12. https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/31

Nurhasanah, Weni. 2014. Peningkatan aktivitas Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Kartu Arisan Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Artikel Penelitian. Tanjungpura: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.https://media.neliti.com/media/publications/211409 Diakses pada tanggal 30 Oktober 2020.

Semi, M.A. (2007). Dasar-Dasar Keterampilan Menulis: Bandung: Angkasa.

Suharsimi, Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Suhesti, D. S. (2020). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Kimia Materi Reduksi Oksidasi melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(2), 29-38. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i2.169

Suyadi. (2018). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.