Berjalan Bersama dengan TERANG: Strategi Mentoring PPL untuk Membangun Kompetensi Mahasiswa PPG Menuju Guru Profesional

  • Dwi Hartini SMA Negeri 1 Pakem, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Pendekatan TERANG (Tentukan tujuan, Eksplorasi kondisi, Rancang pilihan, Ambil keputusan, Nilai dan refleksikan, Gerakkan perubahan) merupakan inovasi praktik baik dalam pendampingan mahasiswa PPG Prajabatan untuk memperkuat kompetensi profesional calon guru. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh temuan bahwa siswa masih pasif dan kesulitan menginterpretasikan data dalam pembelajaran statistika. Tujuan tindakan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan reflektif mahasiswa PPG sekaligus memperbaiki kualitas pembelajaran siswa melalui penerapan pembelajaran berbasis proyek dengan data nyata. Penelitian ini menggunakan pendekatan tindakan reflektif kolaboratif antara guru pamong dan mahasiswa PPG yang dilaksanakan secara sistematis melalui enam tahapan TERANG. Hasil pelaksanaan menunjukkan bahwa tahap Tentukan Tujuan dan Eksplorasi Kondisi efektif menumbuhkan kesadaran reflektif mahasiswa terhadap pentingnya pembelajaran yang kontekstual dan bermakna. Tahap Rancang Pilihan dan Ambil Keputusan menghasilkan rancangan proyek literasi data yang mampu meningkatkan keterlibatan siswa, memperkuat kemampuan berpikir kritis, dan menumbuhkan rasa tanggung jawab belajar. Pada tahap Nilai dan Refleksikan, terjadi peningkatan kemampuan interpretasi data siswa sebesar 15%, dengan antusiasme yang lebih tinggi dalam kegiatan kelompok. Meskipun demikian, ditemukan bahwa kemampuan komunikasi verbal masih perlu ditingkatkan melalui kegiatan presentasi dan debat data. Tahap terakhir, gerakkan perubahan, menjadi momentum penting bagi mahasiswa PPG untuk melaksanakan siklus perbaikan kedua dengan menambahkan sesi Data Debate dan pelatihan visualisasi data berbasis digital. Secara keseluruhan, penerapan pendekatan TERANG terbukti mampu meningkatkan kemandirian, kreativitas, dan kemampuan reflektif mahasiswa PPG, serta menciptakan pembelajaran statistika yang lebih interaktif, kontekstual, dan berpusat pada siswa.

Kata Kunci: mentoring, PPG prajabatan, pendekatan TERANG

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-11-07
Bagaimana cara mengutip:
Hartini, D. (2025). Berjalan Bersama dengan TERANG: Strategi Mentoring PPL untuk Membangun Kompetensi Mahasiswa PPG Menuju Guru Profesional. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(3), 1953-1959. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i3.2148
Bagian
Praktik Terbaik
Abstrak viewed: 20 times
PDF downloaded: 13 times

Referensi

Astriani, L., & Akmalia, S. (2023). Pengembangan modul bangun ruang dan statistika berbasis Project Based Learning. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 150–167.

Basikin, dkk. 2024. Panduan Mentoring Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Pendidikan Profesi Guru (PPG). Jakarta : Direktorat Pendidikan Profesi Guru.

Da Silva, A., Hariyati, N., Karwanto, K., Khamidi, A., & Wulandari, A. (2023). Penerapan coaching dan mentoring dalam supervisi akademik sebagai upaya meningkatkan kualitas pembelajaran guru. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan (JIIP), 8(3), 88–105.

Hosnan, M. (2016). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). The Action Research Planner: Doing Critical Participatory Action Research. Singapore: Springer.

Maryati, I. (2024). Penerapan model pembelajaran berbasis proyek dalam materi statistika kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 112–128.

Miles, M.B, Huberman, A.M, & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press

Mulyasa, E. (2022). Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Najwa Saefina, K., Julinto Rifa, E., Sativa Candrawan, M. R., & Aziz, A. (2025). Reorientasi Peran Dan Fungsi Guru Dalam Meningkatkan Kompetensi Abad 21 Di Era Globalisasi Dengan Mengintegrasikan Nilai Kearifan Lokal. Jurnal Ilmiah Penelitian Mahasiswa, 3(3), 692–702. https://doi.org/10.61722/jipm.v3i3.1003

Nirmayani, L. H., & Prastya, D. C. (2024). Model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) sesuai pembelajaran abad 21 bermuatan Tri Kaya Parisudha. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 7(2), 55–70.

Nur Azizah, I., & Widjajanti, D. B. (2023). Keefektifan pembelajaran berbasis proyek ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan berpikir kritis, dan kepercayaan diri siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(2), 45–60.

Sari, Z. N., Oktaviani, H. I., & Kusuma, P. W. F. (2024). Penyamaan persepsi guru dalam pengembangan mentoring skills berbasis LMS untuk pembimbingan mahasiswa PPL PPG Prajabatan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 9(1), 121–135.

Sirait, A. A. K., Siahaan, A., Samosir, D., Rahmah, D. P., & Hasratuddin, H. (2025). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education terhadap Pemahaman Konsep untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 1562-1568. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.818

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Jakarta : Alfabeta.

Suyanto, & Jihad, A. (2013). Menjadi Guru Profesional: Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. Jakarta: Esensi Erlangga Group.

Wena, M. (2014). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Whitemore,J. 2009. Coaching for Performance ( 4th edition). Boston : Nicholas Brealey Publishing