Berjalan Bersama dengan TERANG: Strategi Mentoring PPL untuk Membangun Kompetensi Mahasiswa PPG Menuju Guru Profesional
Abstrak
Pendekatan TERANG (Tentukan tujuan, Eksplorasi kondisi, Rancang pilihan, Ambil keputusan, Nilai dan refleksikan, Gerakkan perubahan) merupakan inovasi praktik baik dalam pendampingan mahasiswa PPG Prajabatan untuk memperkuat kompetensi profesional calon guru. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh temuan bahwa siswa masih pasif dan kesulitan menginterpretasikan data dalam pembelajaran statistika. Tujuan tindakan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan reflektif mahasiswa PPG sekaligus memperbaiki kualitas pembelajaran siswa melalui penerapan pembelajaran berbasis proyek dengan data nyata. Penelitian ini menggunakan pendekatan tindakan reflektif kolaboratif antara guru pamong dan mahasiswa PPG yang dilaksanakan secara sistematis melalui enam tahapan TERANG. Hasil pelaksanaan menunjukkan bahwa tahap Tentukan Tujuan dan Eksplorasi Kondisi efektif menumbuhkan kesadaran reflektif mahasiswa terhadap pentingnya pembelajaran yang kontekstual dan bermakna. Tahap Rancang Pilihan dan Ambil Keputusan menghasilkan rancangan proyek literasi data yang mampu meningkatkan keterlibatan siswa, memperkuat kemampuan berpikir kritis, dan menumbuhkan rasa tanggung jawab belajar. Pada tahap Nilai dan Refleksikan, terjadi peningkatan kemampuan interpretasi data siswa sebesar 15%, dengan antusiasme yang lebih tinggi dalam kegiatan kelompok. Meskipun demikian, ditemukan bahwa kemampuan komunikasi verbal masih perlu ditingkatkan melalui kegiatan presentasi dan debat data. Tahap terakhir, gerakkan perubahan, menjadi momentum penting bagi mahasiswa PPG untuk melaksanakan siklus perbaikan kedua dengan menambahkan sesi Data Debate dan pelatihan visualisasi data berbasis digital. Secara keseluruhan, penerapan pendekatan TERANG terbukti mampu meningkatkan kemandirian, kreativitas, dan kemampuan reflektif mahasiswa PPG, serta menciptakan pembelajaran statistika yang lebih interaktif, kontekstual, dan berpusat pada siswa.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2025 Dwi Hartini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
DOI:












