HörBox: Inovasi AI untuk Menghidupkan Pembelajaran Hörverstehen yang Adaptif dan Bermakna
Abstrak
Keterampilan menyimak (Hörverstehen) bahasa Jerman masih menjadi tantangan utama karena keterbatasan media otentik dan rendahnya motivasi belajar murid. Murid merasa sulit memahami ujaran Bahasa Jerman dari penutur asli, susah mengenali kata dalam konteks dan sulit pula dalam menangkap makna global dalam percakapan. Artikel ini bertujuan mengetahui proses pembuatan HörBox berbasis AI, penerapannya dalam pembelajaran mendalam, serta dampaknya terhadap peningkatan hasil belajar dan karakter murid. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan dukungan telaah pustaka, melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. HörBox dikembangkan menggunakan teknologi TTS, Audacity dan Thunkable, kemudian diterapkan melalui alur experiencing, exploring, reasoning, creating, dan reflecting. Hasil penerapan menunjukkan peningkatan pemahaman Hörverstehen, keberanian berkomunikasi, kemandirian belajar, serta karakter kritis dan kolaboratif. Disimpulkan bahwa HörBox efektif menciptakan pembelajaran yang adaptif, interaktif, dan berpihak pada murid. Ke depan, HörBox berpeluang dikembangkan dengan variasi tema, integrasi learning analytics, dan pemanfaatan jangka panjang untuk mendukung kelancaran komunikasi lisan di konteks nyata.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2025 Fika Ristanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 Abstrak viewed: 21 times
 Abstrak viewed: 21 times
	 PDF downloaded: 12 times
             PDF downloaded: 12 times
         
							 DOI:
							DOI:
						












