Hakikat Ilmu dan Transformasi Pengetahuan: Kritik Filsafat Ilmu dalam Konteks Masyarakat Digital
Abstrak
Permasalahan utama dalam kajian ini adalah bagaimana hakikat ilmu dipahami dalam filsafat ilmu klasik serta bagaimana transformasi pengetahuan digital menimbulkan tantangan baru terhadap epistemologi, ontologi, dan aksiologi ilmu. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hakikat ilmu dalam perspektif filsafat ilmu, mengkaji transformasi pengetahuan di era digital, serta merumuskan kritik konseptual agar integritas ilmu tetap terjaga. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode library research yang berfokus pada buku-buku klasik filsafat ilmu serta artikel ilmiah nasional dan internasional tentang big data, kecerdasan buatan, realitas virtual, dan etika digital. Hasil kajian menunjukkan bahwa hakikat ilmu bersifat dinamis: ontologi meluas hingga realitas virtual, epistemologi bergeser menuju sumber data dan algoritma dengan problem validitas serta transparansi, sedangkan aksiologi menuntut integrasi etika dan tanggung jawab sosial dalam pemanfaatan teknologi. Simpulan penelitian ini menegaskan bahwa filsafat ilmu berperan penting sebagai filter kritis di tengah krisis validitas, bias algoritmik, dan degradasi nilai. Prospeknya, integrasi filsafat ilmu dalam pendidikan, penguatan literasi digital, dan pengembangan kajian filsafat ilmu berbasis fenomena digital menjadi langkah strategis untuk menjaga relevansi ilmu di masyarakat kontemporer.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2025 Asep Saiful Alfazr, Ai Patimah Sahra, Jenuri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
DOI:












