Strategi Guru dalam Menangani Siswa dengan Gangguan Konsentrasi di Kelas IV SDN 4 Godong

  • Fenna Erisetiana Nadela Asagie Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta, Jawa Tengah,  Indonesia
  • Murfiah Dewi Wulandari Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta, Jawa Tengah,  Indonesia

Abstrak

Gangguan konsentrasi merupakan salah satu hambatan yang sering dialami siswa sekolah dasar dan berdampak langsung pada kualitas proses maupun hasil pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan strategi guru dalam menangani gangguan konsentrasi siswa kelas IV SDN 4 Godong. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian seorang guru kelas dan tiga siswa yang teridentifikasi mengalami gangguan konsentrasi. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gangguan konsentrasi siswa muncul dalam dua bentuk, yaitu faktor sosial dan faktor kognitif. Siswa dengan faktor sosial mudah teralihkan oleh ajakan berbicara dari teman sebangku, terlebih karena adanya sistem rotasi tempat duduk setiap hari. Menariknya, salah satu siswa lebih fokus ketika duduk berdampingan dengan teman berbeda jenis kelamin. Sementara itu, gangguan kognitif terlihat pada siswa yang memperhatikan guru tetapi memerlukan penjelasan ulang dan sering tertinggal saat latihan. Guru menerapkan strategi drill soal untuk melatih fokus dan mengevaluasi pemahaman siswa. Strategi ini terbukti efektif bagi siswa dengan gangguan sosial, namun memerlukan kombinasi pendampingan tambahan untuk siswa dengan hambatan pemahaman. Temuan ini menegaskan pentingnya pengaturan tempat duduk dan pemilihan metode pembelajaran yang kontekstual.

Kata Kunci: strategi guru, gangguan konsentrasi, sekolah dasar, drill soal

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-12-23
Bagaimana cara mengutip:
Asagie, F. E. N., & Wulandari, M. D. (2025). Strategi Guru dalam Menangani Siswa dengan Gangguan Konsentrasi di Kelas IV SDN 4 Godong. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(3), 2123-2129. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i3.2114
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 13 times
PDF downloaded: 2 times

Referensi

Adiningtyas, L. A., & Wahyuni, A. (2024). Peran Guru dalam Meningkatkan Konsentrasi Anak Berkebutuhan Khusus Attention Deficit Hyperactivity Disorder ( ADHD ) pada Usia 5-6 Tahun. 137, 57–66. https://doi.org/10.61796/acjoure.v2i2.237

Annisa, R. R., Pendidikan, P., Psikologi, M., Psikologi, F., & Surakarta, U. M. (2019). Gangguan Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siswa Sd Muhammadiyah 4 Kandangsapi Surakarta. https://eprints.ums.ac.id/72148/

Annisa, R. R., Pratisti, W. D., & Uyun, Z. (2019). Efektivitas Manajemen Kelas Untuk Menurunkan Gangguan Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siswa Sd. Journal of Psychological Science and Profession, 3(2), 123. https://doi.org/10.24198/jpsp.v3i2.22353

Asyaari, A. (2023). The Students Interest Related with Teacher Strategy. JOEY: Journal of English Ibrahimy, 2(2), 13–18. https://doi.org/10.35316/joey.2023.v2i2.13-18

Barkley, R. A., & Wasserstein, J. (2000). ADHD and The Nature of Self-Control. Journal of Cognitive Psychotherapy, 14(1), 111–113. https://doi.org/10.1891/0889-8391.14.1.111

Daifullah, R. A., Hari, H. A. A., & Gusmaneli. (2024). Peran Dasar-Dasar Kependidikan dalam Pengembangan Karakter dan Kepribadian Siswa. Jurnal Sadewa: Publikasi Ilmu Pendidikan, Pembelajaran Dan Ilmu Sosial, 2(4). https://doi.org/https://doi.org/10.61132/sadewa.v2i4.1369

Dewi, N. M. I. P. (2022). Teaching Strategies Used to Deal with Dyslexic Students’ Learning Difficulties. Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Undiksha, 10(2), 128–137. https://doi.org/10.23887/jpbi.v10i2.45661

Dolores, M., Villao, L., Lilibeth, J., & Ponce, A. (2024). Concentration Techniques in the Classroom for Children with ADHD , in an Educational Unit in the Province of Santa Elena. 639–649. http://dx.doi.org/10.70135/seejph.vi.1235

Dwi Saputra, A., & Tunnafia, A. (2024). Penguatan Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar. PHENOMENON : Multidisciplinary Journal Of Sciences and Research, 2(02), 69–92. https://doi.org/10.62668/phenomenon.v2i02.1222

Liana, S. (2024). Studi Tentang Kesulitan Fokus Anak dalam Pembelajaran : Tinjauan Psikologis dan Edukatif. 3(1), 26–33. https://doi.org/10.58540/pijar.v3i1.646

Ma’rifaturriya Dhoti, S., Darmawati, D., & Nikmah, N. (2022). Meningkatkan Literasi Digital Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Dengan Menggunakan Multimedia Interaktif Di Mtsn 3 Rokan Hulu. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(1), 27–32. https://doi.org/10.34125/jmp.v7i1.757

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis. In SAGE Publications (Vol. 1304). https://doi.org/https://id.scribd.com/document/658622043/miles-and-huberman-do-42

Nabillah, I., Safitri, W., & Satria, A. (2024). Pemanfaatan Media Lagu untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Kelas I Sekolah Dasar Negeri Sukajadi Haurgeulis. 4. https://doi.org/10.62383/realisasi.v1i4.339

Pipit, N., Fajriani1, A., Rosyid, S., Pdi, M. A., Guru, P., & Dasar, S. (2020). Pengaruh Penerapan Senam Otak Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Kelas VA Di Sd Katolik Ricci 2. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Pendidikan Dan Multidisiplin, 3(1), 338–352. https://prosiding.esaunggul.ac.id/index.php/snip/article/view/48/54

Puspitasari, F., & Marzuki, I. (2023). Implementasi Penerapan Ice Breaking Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Kelas Iii Upt Sdn 52 Gresik. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 5405–5411. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.16869

Riyanti, D. (2023). Rendahnya Motivasi Belajar Siswa, Penyebab dan Dampaknya dalam Pendidikan. Sman1Cibitung.Sch.Id. https://sman1cibitung.sch.id/blog/297/

Setiani, A. C. (2014). Meningkatkan Konsentrasi Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 3(1), 37–42. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk

Susanti, S., Aminah, F., Assa’idah, I. M., Aulia, M. W., & Angelika, T. (2024). Dampak Negatif Metode Pengajaran Monoton Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Pedagogik: Jurnal Pendidikan Dan Riset, 2(2), 86–93. https://ejournal.edutechjaya.com/index.php/pedagogik/article/view/529/407

Zahra, A. A., & Fathoni, A. (2024). Peran Guru Sebagai Pendidik dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa di Sekolah Dasar. 13(001), 57–68. https://jurnaldidaktika.org/contents/article/download/1320/743/