Strategi Guru dalam Menangani Siswa dengan Gangguan Konsentrasi di Kelas IV SDN 4 Godong
Abstrak
Gangguan konsentrasi merupakan salah satu hambatan yang sering dialami siswa sekolah dasar dan berdampak langsung pada kualitas proses maupun hasil pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan strategi guru dalam menangani gangguan konsentrasi siswa kelas IV SDN 4 Godong. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian seorang guru kelas dan tiga siswa yang teridentifikasi mengalami gangguan konsentrasi. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gangguan konsentrasi siswa muncul dalam dua bentuk, yaitu faktor sosial dan faktor kognitif. Siswa dengan faktor sosial mudah teralihkan oleh ajakan berbicara dari teman sebangku, terlebih karena adanya sistem rotasi tempat duduk setiap hari. Menariknya, salah satu siswa lebih fokus ketika duduk berdampingan dengan teman berbeda jenis kelamin. Sementara itu, gangguan kognitif terlihat pada siswa yang memperhatikan guru tetapi memerlukan penjelasan ulang dan sering tertinggal saat latihan. Guru menerapkan strategi drill soal untuk melatih fokus dan mengevaluasi pemahaman siswa. Strategi ini terbukti efektif bagi siswa dengan gangguan sosial, namun memerlukan kombinasi pendampingan tambahan untuk siswa dengan hambatan pemahaman. Temuan ini menegaskan pentingnya pengaturan tempat duduk dan pemilihan metode pembelajaran yang kontekstual.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2025 Fenna Erisetiana Nadela Asagie, Murfiah Dewi Wulandari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
DOI:












