Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Crossword Puzzle untuk Meningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Sosiologi

  • Herdiwati Herdiwati SMA Negeri 2 Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Tujuan penelitian untuk mengetahui  peningkatan motivasi dan hasil belajar sosiologi pada penerapan model Problem Based Learning berbantuan media crossword puzzle. Pembelajaran model  Problem  Based Learning berbantuan media  crossword puzzle untuk mata pelajaran sosiologi agar menarik, mempermudah belajar dan memahami materi ajar dengan kata-kata kunci atau terminologi yang terdapat pada materi. Siswa membuat media crossword puzzle secara kelompok, dan menjawab pertanyaan pada media crossword puzzle secara kelompok maupun individu. Teknis analisa data dengan tekhnik deskriptif kualitatif dalam proses belajar mengajar dan deskriptif kuantitatif dengan kriteria hasil belajar yang diperoleh melalui evaluasi. Penggunaan pembelajaran model Problem Based Learning berbantuan media crossword puzzle dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu pada siklus I sebesar 74,78% dan pada siklus II sebesar 80,76%. Sedangkan hasil belajar pada siklus I diperoleh rata-rata sebesar 8,6 dan siklus II rata-rata 8,9.

Kata Kunci: problem based learning, crossword puzzle, motivasi, hasil belajar

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2021-03-15
Bagaimana cara mengutip:
Herdiwati, H. (2021). Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Crossword Puzzle untuk Meningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Sosiologi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(1), 101-107. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i1.209
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 611 times
PDF downloaded: 630 times

Referensi

Darmawan, I. P. A., & Sujoko, E. (2013). Revisi Taksonomi Pembelajaran Benyamin S. Bloom. Satya Widya, 29(1), 30-39.

Dimyati & Mudjiono (2006), Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.

Djamaroh, SB (2010), Startegi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Kamdi, W dkk. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Universitas Negeri Malang. Malang.

Suharsimi. A dan Supardi, S (2006), Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Wasgito, MA. (2016). Pengembangan Media Permainan Teka-Teki Silang Untuk Peningkatan Keaktivan dan Hasil Belajar. Karya Tulis Tidak Diterbitkan. SMP Negeri 2 Kalianget, Madura.

Wina, S (2008), Strategi Pembelajaran, Jakarta: Kencana Prenada.

Zaini, H (2007). Metode Belajar Strategi Belajar, Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.