Development of a Digital Module to Strengthen Multicultural Citizenship Competence in Higher Education
Abstrak
Studi ini menyajikan desain dan validasi modul pembelajaran digital yang dirancang untuk meningkatkan kompetensi kewarganegaraan multikultural di kalangan mahasiswa pendidikan tinggi. Menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan (R&D) dan kerangka kerja ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi) modul tersebut diuji di tiga universitas di Indonesia: STKIP Kusuma Negara, STKIP Arrahmaniyah, dan Universitas Pamulang. Sebanyak 30 mahasiswa berpartisipasi dalam pengujian pendahuluan, diikuti oleh 54 mahasiswa dalam uji coba lapangan. Modul dan prototipe berbasis web yang menyertainya dievaluasi oleh dua ahli materi pelajaran dan dua spesialis media untuk memastikan keakuratan konten dan kualitas media. Hasil menunjukkan peringkat kelayakan yang tinggi (modul: 87,56%; digital web: 91,31%), efektivitas yang kuat (modul: 88,71%; digital web: 88,80%), dan kepraktisan yang menonjol (modul: 86,61%; prototipe web: 90,30%). Umpan balik dari dosen dan mahasiswa menekankan aksesibilitas modul, struktur yang jelas, fitur interaktif, dan kemampuan adaptasinya terhadap beragam konteks pembelajaran. Format digital memungkinkan integrasi yang fleksibel ke dalam berbagai lingkungan pengajaran, mendorong keterlibatan mahasiswa dan pemahaman lintas budaya. Penelitian ini menyumbangkan sumber daya yang inovatif, responsif terhadap budaya, dan berbasis teknologi untuk pendidikan kewarganegaraan, yang mendukung pengembangan warga negara yang inklusif, toleran, dan berwawasan global di lingkungan pendidikan tinggi. Penelitian ini juga menunjukkan potensi pedagogi digital dalam memajukan nilai-nilai multikultural dalam Kurikulum.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2025 Mas Fierna Janvierna Lusie Putri, Sunarso, Samsuri, Sugiyanto, Yatti Rosmiati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
DOI:












