Pengaruh Kompetensi Profesional, Kompetensi Pedagogik dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa

  • Zhafarina Maharani Idzni Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Lantip Diat Prasojo Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Kompetensi guru serta motivasi kerja guru dalam mengajar sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Melihat rata-rata hasil belajar siswa (Asesmen Standardisasi Pendidikan Daerah ) tahun 2024 kelas IX SMP Se-Kecamatan Sanden, Bantul, DIY sangat beragam. Tidak sedikit sekolah yang mampu mempertahankan mutu sekolah dengan mempersiapkan siswanya mendapatkan nilai yang maksimal setiap akhir semesternya. Khususnya kelas IX SMP yang menghadapi ASPD. Banyak dari siswa yang tidak mempedulikan dengan hasil ASPD pada jenjang SMP karena menurut mereka jenjang SMP tidak sepenting Ujian Akhir Sekolah saat jenjang SMA nanti.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi profesional guru, kompetensi pedagogik serta motivasi kerja guru terhadap hasil belajar siswa SMP se-Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, DIY. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah 136 guru SMP di Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, DIY. Penentuan sampel penelitian sejumlah 101 menggunakan rumus slovin. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Pearson Product Moment. Uji reliabilitas instrumen menggunakan koefisien Cronbach’s Alpha. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi profesional, kompetensi pedagogik dan motivasi kerja guru di SMP se-Kecamatan Sanden, Bantul, DIY berada di kategori baik.

Kata Kunci: hasil belajar siswa, kompetensi pedagogik guru, kompetensi profesional guru, motivasi kerja guru

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-10-31
Bagaimana cara mengutip:
Idzni, Z. M., & Prasojo, L. D. (2025). Pengaruh Kompetensi Profesional, Kompetensi Pedagogik dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(3), 1915-1921. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i3.2070
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 64 times
PDF downloaded: 29 times

Referensi

Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa . Jurnal Education and development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 468.

Mulyatno, C. B. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 1349-1358.

Prijatni, A. (2010). Pengaruh Supervisi, Kompensasi, Iklim Kerja, Kepuasan Kerja, Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Sma Negeri Di Kota Semarang. Pengawas SMA Dinas Pendidikan Kota Semarang,

Prasojo, N. A. (2018). Pengaruh Motivasi Kerja Guru, Disiplin Kerja Guru, Dan Kedisiplinan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(1). https://doi.org/10.21831/amp.v6i1.7515.

Ridho. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Matematika Siswa MTs Miftahul Ulum Pandanwangi. E-DuMath, 8(2), 118-128.

Sukmadinata, N. S. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: RemajaOsdakarya.

Sidiq Rahmat, S. M. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia Bidang Pendidikan. Tasikmalaya: Edu Publisher.

Sugiono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugilir, P. (2023). Manajemen Pengembangan Kompetensi Profesional Guru untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan SD Negeri di Kapanewon Girisubo Gunungkidul. Media Manajemen Pendidikan, 521.

Viani, N. (2022). Kompetensi Profesional Guru dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, 4.