Evaluasi Pelaksanaan Program Pelatihan Kerja Unit Pelaksana Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktifitas (BBPVP) Bandung

  • Arif Wijayanta Universitas Negeri Yogyakarta, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Pardjono Pardjono Universitas Negeri Yogyakarta, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menilai efektivitas program pelatihan vokasi yang dirancang sesuai kebutuhan industri dengan menggunakan pendekatan kuantitatif sebagai dasar analisis. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner yang diberikan kepada peserta pelatihan. Populasi penelitian mencakup 64 peserta pelatihan dan 30 instruktur, dengan 30 peserta dari kelas Kendaraan Listrik dan Battery Pack dipilih menggunakan teknik purposive sampling, sedangkan seluruh instruktur dilibatkan sebagai responden. Analisis efektivitas dilakukan dengan membandingkan tingkat ketercapaian indikator pada setiap komponen evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program pelatihan di Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Bandung memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi. Hal ini terlihat dari minat peserta yang mencapai 83,2% dan kesesuaian pelatihan dengan kebutuhan industri yang mencapai 98%. Selain itu, kualitas instruktur serta ketersediaan sarana pendukung memperoleh skor ketercapaian sebesar 79,03%, sementara penerapan prinsip pendidikan vokasi mencapai 82,14%, sehingga menunjukkan proses pelatihan berjalan efektif. Faktor internal seperti kompetensi instruktur, kesiapan peserta, fasilitas yang memadai, serta tingginya motivasi belajar turut berkontribusi terhadap keberhasilan pelatihan. Di sisi lain, faktor eksternal berupa relevansi materi dengan kebutuhan industri serta latar belakang peserta yang beragam, baik lulusan baru maupun tenaga profesional, memberikan nilai tambah dalam proses pembelajaran. Secara keseluruhan, penelitian ini menunjukkan bahwa program pelatihan memenuhi standar kompetensi industri dengan ketercapaian sebesar 100%.

Kata Kunci: pelatihan vokasi, ketenagakerjaan, pendidikan luar sekolah, evaluasi CIPP, sertifikasi kompetensi

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-10-10
Bagaimana cara mengutip:
Wijayanta, A., & Pardjono, P. (2025). Evaluasi Pelaksanaan Program Pelatihan Kerja Unit Pelaksana Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktifitas (BBPVP) Bandung. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(3), 1861-1868. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i3.2068
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 45 times
PDF downloaded: 25 times

Referensi

Badan Pusat Statistik. (2024). Statistik tenaga kerja Indonesia 2024. BPS. https://www.bps.go.id/publication/2024/03/01/statistik-tenaga-kerja-2024.htm

Delors, J., Carneiro, R., Chung, F., Geremek, B., Gorham, W., Kornhauser, A., Manley, M., Quero, M. P., Savane, M.-A., Singh, K., Stavenhagen, R., Won, M., & Nanzhao, S. Z. (2010). Learning: the treasure within; report to UNESCO of the International Commission on Education for the Twenty-first Century (highlights). 261–274. https://doi.org/10.21831/pep.v18i2.2865

Hapsara, A. S. (2023). Evaluasi Pelaksanaan Akomodasi Kurikulum untuk Peserta Didik dengan Hambatan Penglihatan pada Pelajaran Sosiologi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 46-54. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.761

Irwanto. (2023). Pendidikan dan pengembangan karakter peserta didik di era digital. Jurnal Pendidikan Nasional, 8(3), 123–135. https://doi.org/10.31004/jpion.v4i3.608

Joesoef, S. (2008). Konsep dasar pendidikan luar sekolah (Cetakan ke 4). Jakarta: PT. Refika Aditama.

Lucas, B., Spencer, E., & Claxton, G. (2012). How to Teach Vocational Education: A Theory of Vocational Pedagogy. City & Guilds Centre for Skills Development. https://doi.org/10.13140/2.1.3424.5928

Luthfi, M. B., & Sukardi, S. (2021). Evaluasi program pelatihan Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja, Kementerian Ketenagakerjaan di Indonesia (Tesis Magister, Universitas Negeri Yogyakarta). Program Pascasarjana, Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Universitas Negeri Yogyakarta. http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73106

Scriven, M. (1991). Evaluation Thesaurus (4th, Ed.). Sage Publications. ISBN 978-0803943643

Setyoko. (2007). Evaluasi_program_pembelajaran. Pustaka Pelajar

Simamora, H. (2015). Pendidikan vokasional dan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi tenaga kerja di Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Pengembangan, 12(3), 134–145.

Sparkes, A. C., & Smith, B. (2014). Qualitative Research Methods in Sport, Exercise and Health: From Process to Product. Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203852187

Sukardi. (2014). Evaluasi Program Pendidikan dan Kepelatihan. Bumi Aksara.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. (2003). https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/43013