Pengembangan E-Modul Terintegrasi Petunjuk Metakognitif dan Regulasi Motivasi untuk Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar Siswa

  • Nur'ainy Nur'ainy SMK Negeri 1 Kendal, Kendal, Jawa Tengah,  Indonesia
  • Sujarwo Sujarwo Universitas Negeri Yogyakarta, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Kemandirian belajar sangat penting bagi siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) karena kedepan siswa diharapkan mampu beradaptasi lingkungan kerja yang terus berkembang dan menuntut adaptasi yang cepat. Inovasi diperlukan untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung siswa dalam mengembangkan kemandirian belajar. Penelitian ini mengembangkan e-modul dasar pola untuk membantu siswa keahlian busana dalam memfasilitasi siswa mandiri dengan menekankan pengembangan kemampuan metakognitif serta membangun motivasi belajar melalui petunjuk yang terintegrasi dalam e-modul. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Tahap pengembangan media dilakukan melalui dua tahap uji coba yaitu uji coba awal dan uji coba lapangan dengan melibatkan ahli media, ahli materi dan pengguna. Data hasil pengembangan e-modul berdasarkan penilaian kelayakan oleh ahli media sebesar 98%, dari ahli materi sebesar 88%, keduanya dikategorikan sangat layak, hasil uji kepraktisan kelompok pengguna sebesar 88% dengan kategori sangat praktis. Data hasil implementasi e-modul kepada siswa menunjukkan bahwa e-modul ini dapat membantu meningkatkan kemandirian belajar sebanyak 61%, serta meningkatkan hasil belajar sebanyak 60%, keduanya dalam kategori sedang. Temuan ini membuktikan bahwa e-modul yang mengintegrasikan petunjuk metakognitif dan regulasi motivasi dapat mendukung pembentukan kemandirian belajar, serta terbukti meningkatkan hasil belajar siswa di SMK Negeri 1 Kendal.

Kata Kunci: e-modul, petunjuk metakognitif, regulasi motivasi, kemandirian, hasil belajar

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Nur'ainy Nur'ainy, SMK Negeri 1 Kendal, Kendal, Jawa Tengah

Penulis adalah lulusan Sarjana Pendidikan jurusan Pendidikan Tata Busana dari Universitas Negeri Semarang tahun 2005 dan Magister Pendidikan Jurusan teknologi Pembelajaran Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2025. Saat ini bekerja sebagai guru di SMK Negeri 1 Kendal sejak tahun 2006.  Ketertarikan saya pada penelitian tentang inovasi dan teknologi pembelajaran menunjukkan komitmen saya terhadap dunia pendidikan.

Diterbitkan
2025-10-10
Bagaimana cara mengutip:
Nur’ainy, N., & Sujarwo, S. (2025). Pengembangan E-Modul Terintegrasi Petunjuk Metakognitif dan Regulasi Motivasi untuk Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar Siswa. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(3), 1869-1878. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i3.2043
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 38 times
PDF downloaded: 22 times

Referensi

Artino, A. R., & Stephens, J. M. (2009). Academic motivation and self-regulation: A comparative analysis of undergraduate and graduate students learning online. The Internet and Higher Education, 12(3–4), 146–151. https://doi.org/10.1016/J.IHEDUC.2009.02.001

Ataizi, M., & Donmez, M. (2020). Book Review: 21st Century Skills – Learning for Life in Our Times. Contemporary Educational Technology, 5(3). 272-274 https://doi.org/10.30935/cedtech/6129

Puspita, R., Hidayah, R., Ketintang, J., Gayungan, K., Surabaya, K., & Timur, J. (2025). Kepraktisan E-Modul Berorientasi Problem Based Learning untuk Melatihkan Keterampilan Metakognitif Peserta Didik pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Pendidikan Kimia, Fisika Dan Biologi, 1(3), 92–108. https://doi.org/10.1088/1742-6596/953/1/012199

Bannert, M. (2009). Promoting Self-Regulated Learning Through Prompts. Zeitschrift Für Pädagogische Psychologie, 23(2). 139-145 https://doi.org/10.1024/1010-0652.23.2.139

Bidayati, N., Majid, E., Pahrudin, A., & Biologi, T. (2021). Pengembangan e-modul android berbasis metakognisi sebagai media pembelajaran biologi kelas XII SMA/MA. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains Dan Matematika, 9(1), 71–83. https://doi.org/10.23971/EDS.V9I1.2155

Branch, R. M., & Stefaniak, J. E. (2019). Instructional design theory. In SpringerBriefs in Open and Distance Education. Springer Science and Business Media B.V. 85-94 https://doi.org/10.1007/978-981-13-7740-2_10

Daumiller, M., & Dresel, M. (2019). Supporting Self-Regulated Learning With Digital Media Using Motivational Regulation and Metacognitive Prompts. Journal of Experimental Education, 87(1). 161-176 https://doi.org/10.1080/00220973.2018.1448744

Efklides, A., & Metallidou, P. (2020). Applying Metacognition and Self-Regulated Learning in the Classroom. In Oxford Research Encyclopedia of Education. https://doi.org/10.1093/acrefore/9780190264093.013.961

Febrianti, Darwin, W., Deswina, M., & Jusmardi. (2023). Efektivitas Program Praktik Kerja Industri (Prakerin): Analisis Terhadap Implementasi dan Dampaknya Dalam Meningkatkan Kesiapan Kerja Siswa. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Vokasional, 5(1). 33-41 https://jips.fkip.unila.ac.id/index.php/index/index

Flavell, J. H. (1979). Metacognition and cognitive monitoring: A new area of cognitive-developmental inquiry. American Psychologist, 34(10), 906–911. https://doi.org/10.1037/0003-066X.34.10.906

Karatas, K., & Arpaci, I. (2021). The role of self-directed learning, metacognition, and 21st century skills predicting the readiness for online learning. Contemporary Educational Technology, 13(3), 1-13. https://doi.org/10.30935/cedtech/10786

Kemenperin. (2021). Mengenal Program Pendidikan Vokasi Industri. http://indonesiabaik.id/infografis/kerja-bersama-pendidikan-vokasi-industri-1

Manglik, R. (2023). Instructional Design. EduGorilla Prep Experts. 15-23 http://books.google.co.id/books?id=RlIzEQAAQBAJ&pg=RA1-#v=onepage&q&f=false

Musahidin, M., Muhali, M., Asy’ari, M., & Sukaisih, R. (2022). Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kesadaran Metakognisi Siswa pada Materi Struktur Atom Melalui Pemodelan. Journal of Authentic Research, 1(1), 18–32. https://doi.org/10.36312/JAR.V1I1.637

Routledge. (2020). Self-Regulated Learning in College Students: Knowledge, Strategies, and Motivation. In Student Motivation, Cognition, and Learning. Routledge. 129-150 https://doi.org/10.4324/9780203052754-8

Tessmer, M. (2013). Planning and Conducting Formative Evaluations. Planning and Conducting Formative Evaluations. 15-23. https://doi.org/10.4324/9780203061978

Tjiptady, B. C., Yoto, & Tuwoso. (2019). Improving the quality of vocational education in the 4.0 industrial revolution by using the teaching factory approach. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 8(1), 22-28. https://www.ijicc.net/images/vol8iss1/8104_Tjiptady_2019_E_R.pdf

Widji. (2024). Revitalisasi Pendidikan Vokasi Untuk Tingkatkan Daya Saing Bangsa Hadapi Revolusi Industri 4.0. Jendela Pendidikan Dan Kebudayaan, 10. https://jendela.kemdikbud.go.id/v2/fokus/detail/revitalisasi-pendidikan-vokasi-untuk-tingkatkan-daya-saing-bangsa-hadapi-revolusi-industri-4-0?utm_

Zeitlhofer, I., Hörmann, S., Mann, B., Hallinger, K., & Zumbach, J. (2023). Effects of Cognitive and Metacognitive Prompts on Learning Performance in Digital Learning Environments. Knowledge, 3(2), 277–292. https://doi.org/10.3390/knowledge3020019

Zimmerman, B. J. (2000). Self-efficacy: An essential motive to learn. Contemporary Educational Psychology, 25(1), 82–91.

Zimmerman, B. J. (2008). Investigating self-regulation and motivation: Historical background, methodological developments, and future prospects. American Educational Research Journal, 45(1), 166-183 https://doi.org/10.3102/0002831207312909

Yasak, & Alias. (2018). Designing learning materials in TVET: Application of the learning hierarchy technique. Proceedings of the 2017 IEEE 9th International Conference on Engineering Education, IEEE ICEED 2017, 180-185 https://www.researchgate.net/publication/322412455_Designing_learning_materials_in_TVET_Application_of_the_learning_hierarchy_technique