Pengembangan E-Modul Terintegrasi Petunjuk Metakognitif dan Regulasi Motivasi untuk Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar Siswa
Abstrak
Kemandirian belajar sangat penting bagi siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) karena kedepan siswa diharapkan mampu beradaptasi lingkungan kerja yang terus berkembang dan menuntut adaptasi yang cepat. Inovasi diperlukan untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung siswa dalam mengembangkan kemandirian belajar. Penelitian ini mengembangkan e-modul dasar pola untuk membantu siswa keahlian busana dalam memfasilitasi siswa mandiri dengan menekankan pengembangan kemampuan metakognitif serta membangun motivasi belajar melalui petunjuk yang terintegrasi dalam e-modul. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Tahap pengembangan media dilakukan melalui dua tahap uji coba yaitu uji coba awal dan uji coba lapangan dengan melibatkan ahli media, ahli materi dan pengguna. Data hasil pengembangan e-modul berdasarkan penilaian kelayakan oleh ahli media sebesar 98%, dari ahli materi sebesar 88%, keduanya dikategorikan sangat layak, hasil uji kepraktisan kelompok pengguna sebesar 88% dengan kategori sangat praktis. Data hasil implementasi e-modul kepada siswa menunjukkan bahwa e-modul ini dapat membantu meningkatkan kemandirian belajar sebanyak 61%, serta meningkatkan hasil belajar sebanyak 60%, keduanya dalam kategori sedang. Temuan ini membuktikan bahwa e-modul yang mengintegrasikan petunjuk metakognitif dan regulasi motivasi dapat mendukung pembentukan kemandirian belajar, serta terbukti meningkatkan hasil belajar siswa di SMK Negeri 1 Kendal.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2025 Nur'ainy, Sujarwo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

