Modifikasi Laminar sebagai Alat Pembelajaran Biologi SMA Materi Mikroorganisme

  • Ariswati Baruno SMA Negeri 7 Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Pada umumnya, untuk memperoleh ruang kerja steril digunakan laminar air flow, namun karena harganya relatif mahal menjadikan tidak terbeli. Oleh karena itu, dilakukan inovasi untuk membuat laminar modifikasi (Lamodis). Tujuan pembuatan lamodis adalah dapat memberikan ruang kerja steril dengan harga lebih murah daripada laminar pada umumnya karena tingkat keberhasilan yang tinggi atas praktikum didukung oleh ruang kerja yang steril. Penulisan best practise ini bertujuan untuk mengatasi kegagalan praktikum Biologi pada materi yang terkait dengan mikroorganisme agar siswa mendapatkan pemahaman yang lebih baik akan materi dan meningkatkan keterampilan di setiap langkah dalam melakukan praktikum terkait mikrorganisme dengan menggunakan lamodis. Pembuatan Lamodis menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitar namun tetap mengaplikasikan prinsip dasar pembuatan. Uji kontaminasi media yang dituang di dalam dan di luar Lamodis menunjukkan bahwa uji di dalam Lamodis memiliki persentase tidak terkontaminasi sebesar 83,5%, yang lebih baik daripada di luar Lamodis yang sebesar 79%. Hasil rerata nilai angket terhadap siswa adalah 3,31 dari maksimal 4,00 yang menunjukkan bahwa Lamodis cukup baik untuk digunakan untuk sterilisasi. Penggunaan Lamodis meningkatkan keterampilan siswa dalam melakukan prosedur aseptik. Karenanya pembuatan Lamodis mendukung pembelajaran Biologi SMA yang terkait dengan mikroorganisme.

Kata Kunci: Lamodis, pembelajaran biologi SMA, mikroorganisme, steril

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2021-03-15
Bagaimana cara mengutip:
Baruno, A. (2021). Modifikasi Laminar sebagai Alat Pembelajaran Biologi SMA Materi Mikroorganisme. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(1), 44-49. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i1.203
Bagian
Praktik Terbaik
Abstrak viewed: 9452 times
PDF downloaded: 18878 times

Referensi

Dya, S. Pengenalan alat, bekerja secara aseptik, sterilisasi alat dan medium, dan pembuatan media. Diunduh dari https://www.academia.edu/22311937/PENGENALAN_ALAT_BEKERJA_SECARA_ASEPTIK_STERILISASI_ALAT_DAN_MEDIUM_DAN_PEMBUATAN_MEDIA?auto=download, pada 16 Agustus 2019.

Harjanto, Sri dan Raharjo. (2017). Peran Laminar Air Flow Cabinet dalam Uji Mikroorganisme untuk Menunjang Keselamatan Kerja Mahasiswa di Laboratorium Mikrobiologi. Metana. Vol. 13(2):55-57.

Harjanto S., Raharjo. (2019). Peran Laminar Air Flow Cabinet Dalam Uji Mikroorganisme Bagi Mahasiswa Tugas Akhir Di Laboratorium Biokimia, Jurnal Pengelolaan Laboratorium Pendidikan, 1 (1) 2019, 15-18, e-ISSN: 2654-251X

Kruse, Richard H., W. H. Pucket, dan J. H. Richardson. (1991). Biological Safety Cabinetry. Clinical Microbiology Reviews. Vol. 4, No.2: 207-241.

Labnusantara. (2019). Diakses dari https://labnusantara.co.id/laminar-air-flow/pengertian-dan-prinsip-kerja/#targetText=Prinsip%20Laminar%20Air%20Flow%20Cabinet,High%20Effeciency%20Particulate%20Air%20Filter), dilihat pada 16 Agustus 2019.

Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018. Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Diakses dari goeroendeso.files.wordpress.com/2019/01/permendikbud-37-tahun-2018-tentang-ki-kd.pdf tanggal 15 September 2019.