Implementasi Model PjBL dan Media Flipbook pada Pelajaran Pendidikan Pancasila untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

  • Tri Murtiningsih SD Negeri Jetis Sedayu, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Sutrisno Wibawa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah  untuk mengkaji penerapan model Project Based Learning (PjBL) yang dipadukan dengan media pembelajaran digital berupa flipbook dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa kelas II SD Negeri Jetis pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila pada tahun ajaran 2024/2025 Penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan gabungan antara kualitatif dan kuantitatif. Metode kualitatif menggunakan lembar observasi dan wawancara untuk pengambilan data. Metode kuantitatif menggunakan tes. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan pembelajaran berbasis proyek, pelaksanaan kegiatan menggunakan flipbook, pengamatan terhadap aktivitas dan respon siswa, serta refleksi untuk perbaikan siklus berikutnya Subjek dalam penelitian ini adalah 28 siswa kelas II yang terdiri dari 14 siswa laki laki dan 14 siswa perempuan. Hasil yang diperoleh menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. di mana rata-rata skor motivasi mengalami kenaikan dari 68,5 menjadi 85,2. Dari data hasil penelitian melalui wawancara serta observasi yang diperoleh menunjukan bahwa Penerapan model PjBL yang didukung oleh media digital flipbook terbukti mampu meningkatkan semangat belajar, keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran, serta pemahaman mereka terhadap nilai-nilai Pancasila. Saran untuk penelitian selanjutnya yaitu pemanfaatan media ajar digital flipbook untuk meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran Pendidikan Pancasila.

Kata Kunci: project based learning, media digital flipbook, motivasi belajar, pendidikan Pancasila, sekolah dasar

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-12-23
Bagaimana cara mengutip:
Murtiningsih, T., & Wibawa, S. (2025). Implementasi Model PjBL dan Media Flipbook pada Pelajaran Pendidikan Pancasila untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(3), 2156-2161. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i3.2004
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 10 times
PDF downloaded: 1 times

Referensi

Afriana, A., Permanasari, A., & Fitriani, A. (2023). Penerapan project based learning terintegrasi STEM untuk meningkatkan literasi sains siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 9(2), 165-176.

Emda, A. (2018). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172–182.

Harmanto, B. (2015). Merancang pembelajaran menyenangkan bagi generasi digital. GoogleBooks. https://books.google.co.id/books?id=rbDNEAAAQBAJ

Hayati, S. (2021). Psikologi perkembangan anak usia sekolah dasar. Alfabeta.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2023). Pedoman pembelajaran pendidikan Pancasila di sekolah dasar. Direktorat Sekolah Dasar.

Putri, D. A., Sari, M. K., & Wahyuni, S. (2024). Pengembangan media pembelajaran flipbook digital untuk meningkatkan minat belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 15(1), 45-58.

Ramdhan, M. (2021). Metode penelitian. Cipta Media Nusantara.

Sardiman, A. M. (2024). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Rajawali Pers.

Sari, L. P. & Wahyuni, R. (2023). Efektivitas penggunaan media flipbook digital terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(3), 178-189.

Sufiani, S., & Marzuki, M. (2021). Joyful Learning: Strategi Alternatif Menuju Pembelajaran Menyenangkan. Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam, 7(1), 121–141.

Suryanti, K. & Widodo, H. (2023). Implementasi model project based learning dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 234-245.

Susilana, R. (2009). Media pembelajaran hakekat, pengembangan, pemanfaatan, penilaian. CV Wacana Prima.

Ulandari, K. S. S., Dibia, I. K., & Sudana, D. N. (2014). Hubungan Antara Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa SD Kelas V Semester Ganjil di Desa Buruan. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 1(2).

Uno, H.B. (2023). Teori motivasi dan pengukurannya: Analisis di bidang pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.