Implementasi Model PjBL dan Media Flipbook pada Pelajaran Pendidikan Pancasila untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji penerapan model Project Based Learning (PjBL) yang dipadukan dengan media pembelajaran digital berupa flipbook dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa kelas II SD Negeri Jetis pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila pada tahun ajaran 2024/2025 Penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan gabungan antara kualitatif dan kuantitatif. Metode kualitatif menggunakan lembar observasi dan wawancara untuk pengambilan data. Metode kuantitatif menggunakan tes. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan pembelajaran berbasis proyek, pelaksanaan kegiatan menggunakan flipbook, pengamatan terhadap aktivitas dan respon siswa, serta refleksi untuk perbaikan siklus berikutnya Subjek dalam penelitian ini adalah 28 siswa kelas II yang terdiri dari 14 siswa laki laki dan 14 siswa perempuan. Hasil yang diperoleh menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. di mana rata-rata skor motivasi mengalami kenaikan dari 68,5 menjadi 85,2. Dari data hasil penelitian melalui wawancara serta observasi yang diperoleh menunjukan bahwa Penerapan model PjBL yang didukung oleh media digital flipbook terbukti mampu meningkatkan semangat belajar, keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran, serta pemahaman mereka terhadap nilai-nilai Pancasila. Saran untuk penelitian selanjutnya yaitu pemanfaatan media ajar digital flipbook untuk meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran Pendidikan Pancasila.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2025 Tri Murtiningsih, Sutrisno Wibawa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
DOI:












