Optimalisasi Kemampuan Berpikir Kritis melalui Kombinasi Model Problem Based Learning dengan Flipped Learning
Abstrak
Kemampuan berpikir kritis siswa merupakan salah satu dimensi profil lulusan dan menurut beberapa penelitian masih rendah. Tujuan penulisan ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh kombinasi model problem based learning (PBL) dengan flipped learning (FL) terhadap optimalisasi kemampuan berpikir kritis siswa. Tinjauan pustaka ini ditulis dengan metode Systematic Literature Review, dengan prosedur PRISMA. Melalui strategi pencarian, ditemukan 200 artikel dalam rentang tahun 2021 hingga 2025. Secara sistematis dan bertahap, dipilih 22 artikel yang sesuai dengan topik penelitian. Penelitian kombinasi model PBL dengan FL ditemukan terbanyak pada tahun 2023 di berbagai jenjang, kecuali PAUD. Penelitian terbanyak terkait pengaruhnya pada kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA dan Matematika. Dapat disimpulkan bahwa penerapan kombinasi PBL dengan FL berpengaruh positif pada kemampuan berpikir kritis siswa dari SD hingga PT terutama pada bidang eksakta. Penerapan kombinasi ini masih terbatas ditemukan pada bidang non eksata, sehingga menjadi peluang bagi peneliti selanjutnya mengembangkan model kombinasi ini pada mata pelajaran non eksakta.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2025 Ni Luh Putu Bagiani, Ketut Agustini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
DOI:












