Modul Berbasis Problem-Based Learning Terintegrasi Etnobotani: Upaya Meningkatkan Berpikir Kritis dan Motivasi Siswa

  • Suhartati Suhartati Universitas Muhammadiyah Palembang, Sumatra Selatan,  Indonesia
  • Marlina Ummas Genisa Universitas Muhammadiyah Palembang, Sumatra Selatan,  Indonesia
  • Wulandari Saputri Universitas Muhammadiyah Palembang, Sumatra Selatan,  Indonesia

Abstrak

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di SMA Negeri 1 Tempilang, pembelajaran biologi masih didominasi oleh metode pengajaran (31,8%) dan 50% guru tidak memahami model pembelajaran. Padahal, Kurikulum Merdeka menekankan pada pengembangan keterampilan abad ke-21, seperti berpikir kritis dan motivasi belajar, yang tidak ditempatkan dalam alat pembelajaran yang ada. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul pendidikan berbasis Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) pada materi keanekaragaman hayati. Populasi penelitian terdiri dari siswa dari kelas X, dengan sampel kelas X1-X4. Model pengembangan menggunakan 4D: mendefinisikan, merancang, mengembangkan, dan mendistribusikan. Data dikumpulkan melalui wawancara, kuesioner, dan observasi, dan kemudian dianalisis melalui tes N-gain. Hasil fase definisi menunjukkan perlunya modul pendidikan untuk mendukung berpikir kritis. Fase desain menghasilkan desain modul dan 10 pertanyaan berpikir kritis yang valid (keandalan 0,801). Pada tahap pengembangan, modul ini dinilai sangat baik dari segi bahasa (90,00%) dan materi (90,44%), serta dari segi perangkat (82,70%) dan evaluasi (82,70%). Modul juga dijelaskan praktis oleh guru (87,5%) dan mudah dibaca oleh siswa (92%). Modul pengajaran berbasis PBL dengan demikian cocok digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa.

Kata Kunci: keanekaragaman hayati, keterampilan berpikir kritis, modul ajar, motivasi, Problem-Based Learning

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-12-23
Bagaimana cara mengutip:
Suhartati, S., Genisa, M. U., & Saputri, W. (2025). Modul Berbasis Problem-Based Learning Terintegrasi Etnobotani: Upaya Meningkatkan Berpikir Kritis dan Motivasi Siswa . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(3), 2199-2207. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i3.1889
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 14 times
PDF downloaded: 1 times

Referensi

Agustina Sari, E., Rahma, M., & Purwanto, M. B. (2024). Assessing The Tourism Value of Temam Waterfall: Environmental and Economic Perspectives. LIMEEMAS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(2 SE-Articles), 42–51. https://ejournal.apmapi.or.id/index.php/Limeemas/article/view/35

Arum, G. P. F., Retnoningsih, A., & Irsadi, A. (2012). Etnobotani tumbuhan obat masyarakat desa keseneng kecamatan Sumowono kabupaten Semarang Jawa Tengah. Life Science, 1(2).

Dindin, J., Teti, R., Heri, G., & Epa, P. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru : Hambatan, Solusi dan Proyeksi. Karya Tulis Ilmiah UIN Sunan Gunung Djjati Bandung, 1–10. http://digilib.uinsgd.ac.id/30518/

Harapan, E., Marisya, F., Marsinah, M., Malini, S., & Purwanto, M. B. (2024). Assessing Work Habits and Discipline: High School Teachers in South Sumatra Province Post In-Service Teacher Professional Education Program (PPG-DALJAB). Gema Wiralodra, 15(2 SE-Articles), 726–737. https://doi.org/10.31943/gw.v15i2.707

Haris, N. A., & Toding, A. (2019). Kajian Etnobotani Famili Rubiaceae Oleh Masyarakat Kota Tarakan Dan Potensinya Sebagai Sumber Belajar Biologi. Biopedagogia, 1(2), 87–93. https://doi.org/10.35334/biopedagogia.v1i2.1703

Hidayad, F., Ridayani, R., Purwanto, M. B., & Agustinasari, E. (2024). Transforming Education In The 5.0 Era: A Case Study On The Digital Readiness Of English Lecturers At Polytechnics. Language and Education Journal, 9(2 SE-Articles). https://doi.org/10.52237/lej.v9i2.896

Husnita, L., Astriani, M., Hidayat, S., & Wardhani, S. (2021). Analisis Kebutuhan LKPD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sel di SMA Negeri 8 Palembang. BIOEDUKASI: Jurnal Pendidikan Biologi, 12(1), 121–125. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v12i1.3762

Jayawardana, H. B. A., & Djukri, D. (2015a). Pengembangan Model Pembelajaran Hypnoteaching Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Sma/Ma. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 167. https://doi.org/10.21831/jipi.v1i2.7502

Jayawardana, H. B. A., & Djukri, D. (2015b). Pengembangan Model Pembelajaran Hypnoteaching Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Sma/Ma. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 167. https://doi.org/10.21831/jipi.v1i2.7502

K, A. L. K., Ridayani, R., Fadilaturrahmah, F., Marsinah, M., & Purwanto, M. B. (2025). Indonesian To English Usage In Hospitality Staff Communication: A Linguistic Interference Analysis. Wiralodra English Journal (WEJ), 9(1 SE-Articles), 63–76. https://doi.org/10.31943/wej.v9i1.359

Komerendo, A. L. K., Ridayani, R., Fadilaturrahmah, F., Marsinah, M., & Purwanto, M. B. (2025). Indonesian to English Usage in Hospitality Staff Communication: A Linguistic Interference Analysis. Wiralodra English Journal (WEJ), 9(1 SE-Articles), 63–76. https://doi.org/10.31943/wej.v9i1.359

Masruroh, I. (2019). Pengaruh Model Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(2), 106–113. https://doi.org/10.34289/292828

McMahon, A., & McMahon, R. (2009). Evolutionary linguistics. Evolutionary Linguistics, 31(May), 1–309. https://doi.org/10.1017/CBO9780511989391

Nasar, I., Uzer, Y., & Purwanto, M. B. (2023). Artificial Intelligence in Smart Classrooms: An Investigative Learning Process for High School. Asian Journal of Applied Education (AJAE), 2(4), 547–556. https://doi.org/10.55927/ajae.v2i4.6038

Netti Herawati, K Ghazali, Uci Suryani, & M Bambang Purwanto. (2025). Deep Learning untuk Solusi Cerdas: Workshop Penggunaan Aplikasi AI untuk Kehidupan Sehari-Hari. Karya Nyata : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2 SE-Articles), 1–14. https://doi.org/10.62951/karyanyata.v2i2.1329

Purwanto, M. B. (2022). The Efficacy Of Learning Community In Learning English Speaking Skill. Language and Education Journal, 7(2), 87–99.

Purwanto, M. B., Yuliana, Y., Soleimani, H., & Yusri, Y. (2024). Psychological traits of willingness to communicate: An assessment of students’ speaking performance. Journal CULTURE (Culture, Language, and Literature Review), 11(2), 55–65. https://doi.org/10.53873/culture.v11i2.635

Sara, S., Suhendar, S., & Pauzi, R. Y. (2020). Profil Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kelas VIII Pada Materi Sistem Pernapasan. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 5(1), 42. https://doi.org/10.34289/bioed.v5i1.1654

Silalahi, M. (2020). Diktat etnobotani.

Sinta Bella Agustina, & M Bambang Purwanto. (2025). Taman Kota Punti Kayu sebagai Ruang Hijau Kota : Edukasi Manfaat bagi Kesehatan Fisik dan Mental Bagi Masyarakat Kota Palembang. Sejahtera: Jurnal Inspirasi Mengabdi Untuk Negeri, 4(1 SE-Articles), 243–259. https://doi.org/10.58192/sejahtera.v4i1.3090

Susanto, Y., Effendi, M., & Purwanto, M. B. (2022). Sosialisasi Penggunaan Literasi Digital dalam Memasarkan Produk UKM di Desa Semangus Kecamatan Muara Lakitan Kabupaten Musirawas. Abdimas Galuh, 4(2), 1408–1415. https://doi.org/10.25157/ag.v4i2.8612

Taufik, A. U., Salahuddin, S., & Masdi, S. F. (2019). Pengembangan Lkpd Biologi Materi Ekosistem Sebagai Media Pembelajaran Kelas X Ma Madani Alauddin Pao-Pao. Al Asma: Journal of Islamic Education, 1(2), 63–75.

Walujo, E. B. (2017). Sumbangan ilmu etnobotani dalam memfasilitasi hubungan manusia dengan tumbuhan dan lingkungannya. Jurnal Biologi Indonesia, 7(2).

Yulianti, D. (2014). Etnobotani Tumbuhan Pekarangan Sebagai Obat Tradisional Masyarakat Suku Serawai Kelurahan Dusun Baru Kabupaten Seluma Bengkulu Dalam Pengembangan Sumber Belajar Biologi SMA. Skripsi. Universitas Bengkulu.

Wahyono, Slamet, Mujahid, Rohmat, Supriyati, Nita, Priyamboso, Wahyu. J, Dewi, Awal. P. K, Rahmawati, Nuning, Ismoyo, Sunu, Pamadyo. T.(2015). Pedoman koleksi sampel tumbuhan, dokumentasi, pembuatan herbarium dan deskripsi morfologi. Laporan Nasional. Tawangmangu:

Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional

Zubaidah, S. (2020). Self Regulated Learning: Pembelajaran dan Tantangan pada Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi Dan Saintek), 1–19.