Penerapan Metode Kepemimpinan Transformasional untuk Mewujudkan Sekolah Sehat

  • Heri Prasetya SMP Negeri 2 Kasihan,  Indonesia

Abstrak

Penulisan Best Practice ini  bertujuan untuk mengetahui penerapan metode kepemimpinan  transformasional dapat mewujudkan Sekolah Sehat di SMPN 2 Kasihan. Metode penulisan Best Practice ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus karena penulisan Best Practice ini bertujuan untuk menggali informasi dengan mempertahankan keutuhan subjek penulisan sebagai satu kesatuan yakni Best Practice penyelenggaraan sekolah dengan metode kepemimpinan transformasional di SMPN 2 Kasihan. Penulisan Best Practice ini menggali informasi dengan teknik, observasi, angket dan studi dokumen untuk dianalisis dan diinterpretasikan. Hasil penerapan metode kepemimpinan transformasional menunjukkan bahwa nilai rata-rata sekolah sehat sebelum dilaksanakan tindakan sebesar 2.5 dengan kualifikasi Cukup dan setelah dilakukan tindakan meningkat menjadi rata-rata 3.64 atau meningkat 45.6% dengan kualifikasi Baik. Kualitas lingkungan sekolah mengalami peningkatan  dari rata-rata 2.4 sebelum tindakan  dan setelah tindakan mencapai rata-rata 3.4 atau peningkatan sebesar 41.66%. Kualitas budaya hidup bersih dan sehat juga mengalami peningkatan  dari sebelum tindakan  rata-rata 2.75 atau Cukup  menjadi rata-rata 3.88 atau Baik, dengan peningkatan kualitas sebesar 41.09%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode kepemimpinan transformasional dapat mewujudkan Sekolah Sehat di SMPN 2 Kasihan.

Kata Kunci: kepemimpinan transformasional, perilaku hidup bersih dan sehat, sekolah sehat

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2021-03-15
Bagaimana cara mengutip:
Prasetya, H. (2021). Penerapan Metode Kepemimpinan Transformasional untuk Mewujudkan Sekolah Sehat . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(1), 17-26. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i1.183
Bagian
Praktik Terbaik
Abstrak viewed: 665 times
PDF downloaded: 802 times

Referensi

Agustin, Retno Ardani. (2017). Perilaku Kesehatan Anak Sekolah. Yogyakarta: CV. Pustaka Abadi.

Arianto, Ismail, Clara Aji Sukmo, Achmad Husen, Widiastuti dan Rusdi. (2019). Pedoman Sekolah Sehat Berkarakter Untuk Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah.

Asmawan, Moh.Chairil (2018). Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Mendukung Gerakan Litarasi Sekolah. JPIPS. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial. Volume 28, No 1. Juni 2018

Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Peningkatan Derajat Manusia Melalui Pendidikan. Jakarta: Balitbang, Kemendikbud.

Danim, Sudarwan dan Suparno. (2009). Manajemen dan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Kesehatan RI. (2009). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Depdiknas. (2003). Undang-undang nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Biro Hukum dan Organisasi Depdiknas.

Depdiknas. (2005). Peraturan Pemerintah No.19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama. (2015). Pedoman Gerakan Sanitasi Sekolah. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama.

Direktorat Pendidikan Dasar. (2012). Pedoman Pelaksanaan UKS di Sekolah. Jakarta : Direktorat Pendidikan Dasar.

Fauzuddin. (2018). Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Sekolah. Jurnal Belantika Pendidikan. Volume (2) November 2018.

Iensufiie, Tikno. (2010). Leadhership untuk Profesional dan Mahasiswa. Jakarta: Erlangga.

Kemendiknas. (2009). Panduan Pengembangan Model Sekolah Sehat di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2015). Pedoman Gerakan Sekolah Sehat, Aman, Ramah Anak, dan Menyenangkan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Maris, Intan Silvana, Aan Komariah dan Abubakar. (2016). Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Kinerja Guru Dan Mutu Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan Vo. XXIII No.2 Tahun 2016

Murdiati, Agnes dan Amaliah. (2013). Panduan Penyiapan Pangan Untuk Semua. Jakarta : Kencana

Nugraheni, Hermien, Sofwan Indarjo, dan Suhat. (2018). Buku Ajar Promosi Kesehatan Berbasis Sekolah . Yogyakarta : Deepublish

Rahayu, Renita Silvia. (2018). Implementasi Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dasar Negeri. Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan. Volume 2 nomor 3 Juli 2018.

Robbins, Stephen P. (2008). Perilaku Organisasi, Konsep Kontroversi, Aplikasi. Jilid 1 Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Prenhallindo.

Susana, Anna (2018). Manajemen Kesehatan Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXV No.1 April 2018. UPI. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.