Technology-Driven Motivation: Quizizz for Reading Comprehension in Vocational School
Abstrak
Kurangnya motivasi siswa dalam memahami bacaan bahasa Inggris di sekolah kejuruan menjadi tantangan dalam pembelajaran yang efektif. Hal ini diperparah dengan metode tradisional yang kurang melibatkan partisipasi aktif siswa. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh aplikasi Quizizz terhadap motivasi belajar membaca pemahaman siswa kelas XI SMKN 2 Depok, Sleman, Yogyakarta. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto, penelitian melibatkan 71 siswa yang telah menggunakan Quizizz. Data diperoleh melalui kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, kemudian dianalisis dengan statistik deskriptif, uji prasyarat (normalitas dan linearitas), regresi sederhana, serta uji t satu sampel. Hasil menunjukkan skor rata-rata penggunaan Quizizz 4,03 dan motivasi membaca 3,99. Uji normalitas (p = 0,200) dan linearitas (p = 0,000; p = 0,602) menyatakan data layak dianalisis. Regresi sederhana menunjukkan penggunaan Quizizz berpengaruh signifikan terhadap motivasi siswa (p < 0,000, R² = 0,53). Uji t membuktikan skor keduanya lebih tinggi dari nilai moderat (t = 16,571; t = 14,012; p < 0,000). Temuan ini menegaskan Quizizz mampu meningkatkan motivasi, keterlibatan, serta menghadirkan pengalaman belajar interaktif dan menyenangkan sehingga mendukung pembelajaran berbasis teknologi.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2025 Krisanti Dhiaz Ayuni, Tri Wahyuni Floriasti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

