Empowering Hotel Staff through Task-Based Language Teaching: A Case Study in Room Service and Reservations
Abstrak
Dalam industri perhotelan, kemampuan komunikasi bahasa Inggris menjadi elemen penting dalam memberikan layanan berkualitas, terutama untuk interaksi dengan tamu internasional. Namun, banyak karyawan yang menghadapi kendala dalam penguasaan kosakata dan kelancaran berbicara, terutama dalam konteks tugas kerja seperti reservasi dan layanan kamar. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas Task-Based Language Teaching (TBLT) dalam meningkatkan kemampuan komunikasi karyawan hotel, serta mengidentifikasi kendala dan solusi dalam implementasinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus terhadap 20 karyawan hotel Grand Duta Syariah Palembang. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada kemampuan vocabulary dan speaking, serta respon positif terhadap relevansi metode TBLT. Kendala dalam desain tugas dan penerapan teknologi berhasil diatasi melalui strategi berbasis simulasi dan pelatihan bertahap. Dengan mengintegrasikan tugas autentik ke dalam pelatihan, penelitian ini menawarkan pendekatan baru yang relevan bagi pengembangan pelatihan bahasa di industri hospitality. Kesimpulannya, TBLT efektif dan aplikatif untuk kebutuhan pelatihan profesional.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2025 M Bambang Purwanto, Marsinah Marsinah, Nozylianty Nozylianty, Aisyah Aisyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
DOI:












