MODEL PEMBELAJARAN SYNECTICS UNTUK PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR KIMIA

  • Sri Purwanti SMK Negeri 1 Pleret,  Indonesia

Abstrak

Permasalahan pencapaian keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran kimia di kelas X Teknik Jaringan Tenaga Listrik (TJTL) di SMKN 1 Pleret belum sesuai yang diharapkan. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar kimia melalui model pembelajaran Synectics yang meliputi 3 aspek, yaitu aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang berlangsung 2 siklus, masing masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas X TJTL dengan jumlah 36 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data berupa tes dan non tes, dan analisa data deskriptif kuantitatif dan kualitatif .Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran synectics dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Dari data diperoleh peningkatan keaktifan sebesar 25,40% siswa sangat aktif 63,89% di siklus 1 menjadi 89,29 % di siklus 2. Sedangkan dari data hasil belajar siswa diperoleh data siswa KKM di prasiklus 14,86 %, siklus 1adalah 61,11 % dan siklus 2 adalah 88,89%. Atau mengalami kenaikan 46,25 % dari prasiklus ke siklus 1, dan peningkatan 27,78 % dari siklus 1 ke siklus 2.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Synectics, Keaktifan, Hasil belajar

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2020-11-02
Bagaimana cara mengutip:
Purwanti, S. (2020). MODEL PEMBELAJARAN SYNECTICS UNTUK PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR KIMIA. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(2), 107 -. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i2.173
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 432 times
PDF downloaded: 821 times

Referensi

Agus Wasisto Dwi Doso warso, M. P. (2016). PKB Publikasi Ilmiah Penelitian tindakan kelas (PTK) dan Nilai Angka Kreditnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Djudin, T. (2011). Mendekati makna kreativitas dan model pembelajaran synectics. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 8-11.

------- (2013). model pembelajaran synectics: suatu tawaran mengembangkan kreativitas siswa melalui pembelajaran sains. Jurnal pendidikan informatika dan sains, 1-2.

Muhaultani Taufik, M. K. (2018). Pengaruh model pembelajaran synectics, mind maps, cooperative learning (SM2CL) terhadap kemampuan berfikir kritis siswa. jurnal biotek, 1-2.

Mustami, M. K. (2015). Model SM2CL untuk pembelajaran biologi yang inovatif. jurnal biotek, 1-3.

Nur alia, t. t. (2016). efektifitas perbandingan model pembelajaran synectics dengan model konvensional (ceramah) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. jurnal biotek, 1-2.

Parwoto. (2010). Model Pembelajaran Synectics dengan media komputer untuk peningkatan berfikir kreatif siswa berbakat di SD. Indonesian Journal of Educational Studies, 1-2.

Sani, R. A. (2019). Strategi Belajar Mengajar. Depok: Rajawali Pers.

Suprijono, A. (2016). Model - model Pembelajaran Emansipatoris. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanti, L. (2019). Prestasi Belajar Akademik dan Non Akademik. Malang: Literasi Nusantara.

Susanto, E. B. (2013). PTK. Yogyakarta: Liberty.

Wihardit, I. W. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wina, M. (2018). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontenporer. Jakarta: PT Bumi Aksara.