PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERITA INSPIRATIF MELALUI STRATEGI PEMODELAN

  • Endang Kartika Utami SMP Negeri 2 Sewon Bantul,  Indonesia

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas IXE SMP N2 Sewon melalui strategi Pemodelan pada materi menulis teks cerita inspiratif. Untuk mengatasi masalah tersebut penulis melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan strategi Pemodelan. Strategi pemodelan yang digunakan untuk mempermudah guru dalam melaksanakan pembelajaran menulis serta mempermudah siswa dalam menulis teks cerita inspiratif. Prosedur penelitiannya meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi hasil tindakan. Waktu pelaksanaannya dimulai dari Januari sampai April 2019.Teknik pengumpulan data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Sementara hasil tes menulis siswa dianalisis dengan sistem deskriptif komparatif antara data keadaan awal dan hasil tindakan antarsiklus. Berdasarkan analisis data dan refleksi proses pembelajaran, diperoleh hasil akhir yang signifikan hasil penelitian dengan penerapan strategi Pemodelan dapat meningkatkan keterampilan menulis teks cerita inspiratif siswa sebesar siklus 1 rata-rata ketercapaian sebesar 72,41% dan pada siklus 2 mencapai 89,66%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan, penggunaan strategi Pemodelan dapat meningkatkan keterampilan menulis teks cerita inspiratif siswa.

Kata Kunci: strategi Pemodelan, keterampilan menulis, teks cerita inspiratif

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2020-11-02
Bagaimana cara mengutip:
Utami, E. K. (2020). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERITA INSPIRATIF MELALUI STRATEGI PEMODELAN. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(2), 60 -. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i2.171
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 383 times
PDF downloaded: 2408 times

Referensi

Amirulloh, Hary. 2003. Alat Evaluasi Keterampilan: Jurnal Nasional Pendidikan Jasmani dan Ilmu Keolahragaan. Jakarta: Depdiknas.

Abas, Saleh. 2006. Pembelajaran Bahasa Indonesia Yang Efektif disekolah dasar. Jakarta

Bandura, Albert. 1977. Social Learning Theory. Englewood Cliffs, N.J.: Prentice-Hall Inc.

Dja’far, Zainuddin. 1995. Didaktik Metodik: Garoeda Buana Indah

Gie, The liang. 2002, Terampil mengarang. Yogyakarta: Balai pustaka

https://www.scribd.com/document/371267474/Teks-Cerita-Inspiratif

http://www.definisimenurutparaahli.com/pengertian-inspiratif/

Kusumaningsih, Dewi, dkk. 2013.Terampil Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Andi

Nuryatin, Agus.2010. 7 langkah Pembelajaran Menulis Cerpen. Rembang: Yayasan Adhigama

Nuryatin, Agus. 2010. Mengabadikan Pengalaman dalam Cerpen. Rembang: Yayasan Adhigama.

Sanjaya, W. 2008. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Senduk dan Nurhadi. 2003. Pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL) dan Penerapannya dalam KBK.Malang: Universitas

Sugiyanto. 2008. Model-model Pembelajaran Inovatif. Jakarta. Yuma Pustaka

Susanto, Eko Budi. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Liberty

Tarigan, Henry Guntur. 2013. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Prestasi Jakarta

Yanto Ari (2005). Kesiapan Kerja Siswa Program Keahlian Listrik (Studi Kasus di SMK N 2 Pengasih dan SMK Ma’arif 1 Wates Kulon progo Yogyakarta Tahun Ajaran 2004/2005). Skripsi: FT UNY.