PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KIMIA

  • Sri Winarti SMA Negeri 1 Turi ,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah penerapan pembelajaran tutor sebaya dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dan menerapkan langkah-langkah pembelajaran tutor sebaya untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, dan setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA1 SMA Negeri 1 Turi yang terdiri atas 10 siswa laki-laki dan 24 siswa perempuan. Pelaksanaan penelitian pada bulan Agustus – Nopember 2019. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes tertulis, dan penyebaran angket. Instrumen penelitian berupa lembar observasi kegiatan guru maupun siswa, soal tertulis, dan angket. Teknik analisis data adalah deskripsi dengan membandingkan hasil tindakan dengan indicator target penelitian. Prosedur penelitian dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, hingga refleksi. Indikator keberhasilan penelitian adalah 85% siswa mempunyai motivasi tinggi dan minimal 85% siswa mencapai KKM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran metode tutor sebaya dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Motivasi siswa mencapai 91,52% pada akhir siklus 1 dan mencapai 99,06% pada akhir siklus 2. Sedangkan hasil belajar siswa mencapai 60,61% pada akhir siklus 1 dan mencapai 90,63% pada akhir siklus 2. Dengan demikian, pembelajaran metode tutor sebaya dapat dikatakan berhasil meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: metode, tutor sebaya, motivasi, hasil belajar

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2020-11-02
Bagaimana cara mengutip:
Winarti , S. (2020). PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KIMIA. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(2), 113 -. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i2.164
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 351 times
PDF downloaded: 1485 times

Referensi

Suryo, Moh dan Moh Amin. (1982). Pengajaran Remedial. Jakarta: Tahun V Repelita III.

Wiriaatmadja, Rochyati. (2005). Metode Penelitian Tindakan Kelas untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.