PENERAPAN METODE EKSPERIMEN FISIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF

  • Sunarsih Sunarsih SMK Negeri 1 Bantul,  Indonesia

Abstrak

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen fisika, untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa kelas X MM1 di SMK Negeri 1 Bantul, untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MM1 di SMK Negeri 1 bantul. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, evaluasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) 2 (dua) siklus dengan melalui 4 (empat) tahapan dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas X MM1 SMK Negeri 1 Bantul tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 31 siswa. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode eksperimen fisika mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa di kelas X MM1 SMK Negeri 1 Bantul tahun pelajaran 2018/2019. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan nilai dalam instrumen penelitian. Dalam lembar observasi siswa, diperoleh nilai 57,18 dengan kriteria kurang pada tahap observasi awal, pada disiklus I nilai meningkat menjadi 60,16 dan pada siklus II diperoleh nilai 69,56. Selain itu ketuntasan klasikal pada evaluasi hasil belajar juga mengalami peningkatan, pada evaluasi awal ketuntasan klasikalnya 35,48%, pada siklus I meningkat menjadi 51,61% dan pada siklus II ketuntasan klasikalnya menjadi 77,42%.

Kata Kunci: metode eksperimen fisika, kemampuan berpikir kritis dan kreatif

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2020-11-02
Bagaimana cara mengutip:
Sunarsih, S. (2020). PENERAPAN METODE EKSPERIMEN FISIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(2), 120 -. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i2.162
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 323 times
PDF downloaded: 913 times

Referensi

Dahar, & Ratna. (2006). Teori-Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Fatmawati, H. e. (2014). Analisis Berpikir Kritis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Polya pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(9). Solo: UNS.

Roestiyah. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta .

Rohani, A. (2004). Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Rukmana, D. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa. Skripsi. Subang. Bandung: Program Sarjana S-1. STKIP Subang. Tidak diterbitkan.

Sudjana, N. (2004). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensido Offset.

Sugandi, A., & Suharyanto. (2004). Teori pembelajaran. Semarang: UPT MKK, UNNES.

Sumantri, M., & Johar, P. (1999). Strategi Pembelajaran. Jakarta : Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.