PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENGETAHUAN BAHAN MAKANAN MELALUI PUZZLE

  • Heni Purwanti SMK N 4 Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mencari pemecahan masalah terhadap rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pengetahuan Bahan Makanan. Subyek penelitian ini siswa kelas X Kuliner 6 di SMK Negeri 4 Yogyakarta dengan jumlah siswa 36 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan, dengan langkah-langkah penelitian berupa perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dengan dilaksanakan pembelajaran menggunakan media puzzle dapat meningkatkan aktivitas belajar pada siswa. Pada kondisi awal (prasiklus) nilai rata-rata hasil belajar siswa 60,88 dan baru 38,89 % siswa mencapai KKM yang ditetapkan sebesar 75. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 sebesar 68,89 dengan ketuntasan belajar 41,67 % dan pada siklus I pertemuan 2 nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 72,55 dengan ketuntasan belajar 47,22%. Pada siklus II pertemuan 1 nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 88,39 dengan ketuntasan belajar 94,44 % sedang pada siklus II pertemuan 2 nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 82,63 dengan ketuntasan belajar 97,22 %. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan media pembelajaran puzzle dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X Kuliner 6 di SMKN 4 Yogyakarta pada mata pelajaran Pengetahuan Bahan Makanan.

Kata Kunci: Keaktifan, hasil belajar, bahan makanan, puzzle, kuliner

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2020-11-02
Bagaimana cara mengutip:
Purwanti, H. (2020). PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENGETAHUAN BAHAN MAKANAN MELALUI PUZZLE. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(2), 75 -. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i2.157
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 381 times
PDF downloaded: 288 times

Referensi

AM., Sardiman, (2009).Interaksi dan Motifasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali.

Arikunto, Suharsimi, (2010). Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara.

M., Silberman. (2007). Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktid (terjemahan cetakan ke-6),Yogyakarta: Pustakan Insani Madani dan YAPPENDIS.

Nazarudin, Mgs. (2007). Manajemen Pembelajaran Implementasi Konsep, Karaktristik dan Metodologi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum, Yogyakarta: Teras.

Sagala, Syaiful. (2008). Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung, Alfabeta

Sulistyorini, (2009), Evaluasi Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan, Yogyakarta: Teras.

Trianto.(2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif, Jakarta: Kencana.

Rizki Siddiq Nugraha. (2016). Media Pembelajaran, http://https://www.tintapendidikanindonesia.com/2016/06/media-pembelajaran-puzzle_5.html diakses tanggal 1 Desember 2019.