MANFAAT PEMBELAJARAN SEJARAH MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM PADA MASA PANDEMI COVID-19

  • Marharjono Marharjono SMA Negeri 1 Sewon,  Indonesia

Abstrak

Tujuan penulisan artikel ini untuk mengetahui pelaksanaan dan nilai nilai  pembelajaran sejarah menggunakan Google Classroom masa pandemic covid-19 pada kelas XI MIPA 2 di SMA Negeri 1 Sewon. Pelaksanaan pembelajaran berlangsung delapan kali pertemuan. Manfaat pembelajaran daring menggunakan Google Classroom peserta didik dapat mengatahui sejarah peristiwa sekitar proklamasi, pembentukan pemerintahan Republik Indonesia, perjuangan menghadapi kekuasaan Jepang, perjuangan menghadapi kedatangan Sekutu dan Belanda, serta perjuangan meghadapi aancaman Belanda melalui konfontasi militer dan deplomasi.  Kelebihan  penggunaan Google Classroom,  guru dan peserta didik menjadi terbiasa  menggunakan pembelajaran  daring. Hambatan penggunaan Google Classroom, guru dan peserta didik  tidak dapat bertatap muka langsung dalam pembelajaran. Apabila sarana kurang memadai dapat menghambat pembelajaran daring. Nilai-nilai mempelajari materi sejarah revolusi kemerdekaan Indonesia antara lain: 1) sabar dan bijaksana; 2) kerja keras; 3) rela berkorban tanpa pamrih;  4) pantang menyerah;  5) nasionalisme;  6) cinta tanah air; 7) saling menghargai.         

Kata Kunci: belajar, Google Classroom, Covid-19

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Marharjono Marharjono, SMA Negeri 1 Sewon

Tangga lahir: Bantul, 15 Desember 1966, Pendidikan: S1 IKIP PGRI Wates Yogyakarta lulus Tahun 1993 Prodi Pendidikan Sejarah, S2 Universitas PGRI Yogyakarta lulus Tahun 2016 Prodi Pendidikan IPS. Pekerjaan PNS Guru, Aktifitas mengajar. Nomor HP/WA: 081390385386.

Diterbitkan
2020-06-21
Bagaimana cara mengutip:
Marharjono, M. (2020). MANFAAT PEMBELAJARAN SEJARAH MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM PADA MASA PANDEMI COVID-19 . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 56 -. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.155
Abstrak viewed: 3002 times
PDF downloaded: 5427 times

Referensi

Afriyani, W. E. (2018). Penerapan Google Classroom Dalam Pembelajaran Akuntansi https://dspace.uii.ac.id/ bitstream/handle/123456789/6173/SKRIPSI.pdf?sequence=1

BSNP. (2006). Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah: Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SMA/MA. Jakarta: BSNP.

Hamalik, O. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi aksara.

Marli, S. (2011). Sejarah dan Pendidikan Sejarah. Jurnal Cakrawala Kependidikan, Vol 9 No. 2, 2011

Millatana, M. E. (2019). Peningkatan Prestasi Belajar Matrik dengan Pembelajaran Blanded Learning Berbantuan Google Classroom di Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 7 Yogyakarta. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 4(2).

Munir. (2012). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Alfabeta. Bandung

Prasetiya, M. (2018), Metode Pembelajaran Pendidikan Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0 http://pmbs.ac.id/ news/ Metode_ Pembelajaran_ Pendidikan_ Dalam Menghadapi_Revolusi_Industri_4.0

Puspitasari, R. (2020), Hikmah Pandemi Covid-19 bagi Pendidikan Di Indonesia https://iain-surakarta.ac.id/ hikmah-pandemi-covid-19-bagi-pendidikan-di-indonesia/

Sardiman, A.M. (2009). Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Surat Edaran Kemendikbud Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Masa Darurat Covid-19

Sutikno, M. S. (2013). Belajar dan Pembelajaran, Lombok, Holistica

Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional