PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN ONLINE DENGAN GOOGLE CLASSROOM DI MASA PANDEMI COVID-19
Abstrak
Penulisan Best Practice ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa melalui pembelajaran online dengan Google Classroom dan (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa melalui pembelajaran online dengan Google Classroom pada masa pandemi Covid-19. Subjek penulisan Best Practice ini adalah siswa kelas XI MIPA 2 SMA N 1 Bantul Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 30 siswa. Penulisan Best Practice menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan informasi aktivitas siswa melalui dokumentasi dan hasil belajar siswa dengan menggunakan tes. Strategi yang digunakan adalah pembelajaran online dengan Google Classroom melalui lima tahapan operasional yaitu: (1) Guru menyiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP); (2) Guru menyiapkan bahan pembelajaran dan penugasan kemudian mengunggah di Google Classroom; (3). Siswa mempelajari materi pembelajaran dan mengerjakan serta mengunggah tugas yang diberikan guru dengan media Google Classroom menggunakan handphone ataupun laptop; (4) Guru melakukan monitoring pelaksanaan proses pembelajaran online; (5) Guru memberikan umpan balik atas pembelajaran online dan tugas yang telah dikerjakan serta diunggah siswa. Implemantasi pembelajaran online dengan Google Classroom pada masa pandemi Covid-19 dapat meningkatkan: (1) aktivitas siswa dalam pembelajaran. Persentase keaktifan siswa dalam pembelajaran tatap muka sebesar 71,39% dengan kategori aktif meningkat menjadi 75,83% dengan kategori amat aktif dalam pembelajaran online dengan Google Cassroom; dan (2) hasil belajar siswa. Rata-rata nilai hasil belajar siswa pada KD sebelumnya dengan pembelajaran tatap muka adalah 85,16 dengan kategori baik, meningkat sebesar 5,11 menjadi 90,27 dengan kategori baik dalam pembelajaran online menggunakan Google Classroom pada materi Surat Lamaran Pekerjaan.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2020 Sutrisno Sutrisno

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

