PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN ONLINE DENGAN GOOGLE CLASSROOM DI MASA PANDEMI COVID-19

  • Sutrisno Sutrisno SMA N 1 Bantul,  Indonesia

Abstrak

Penulisan Best Practice ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa melalui pembelajaran online dengan Google Classroom dan (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa melalui pembelajaran online dengan Google Classroom pada masa pandemi Covid-19. Subjek penulisan Best Practice ini adalah siswa kelas XI MIPA 2 SMA N 1 Bantul Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 30 siswa. Penulisan Best Practice menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan informasi aktivitas siswa melalui dokumentasi dan hasil belajar siswa dengan menggunakan tes. Strategi yang digunakan adalah pembelajaran online dengan Google Classroom melalui lima tahapan operasional yaitu: (1) Guru menyiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP); (2) Guru menyiapkan bahan pembelajaran dan penugasan kemudian mengunggah di Google Classroom; (3). Siswa mempelajari materi pembelajaran dan mengerjakan serta mengunggah tugas yang diberikan guru dengan media Google Classroom menggunakan handphone ataupun laptop; (4) Guru melakukan monitoring pelaksanaan proses pembelajaran online; (5) Guru memberikan umpan balik atas pembelajaran online dan tugas yang telah dikerjakan serta diunggah siswa. Implemantasi pembelajaran online dengan Google Classroom pada masa pandemi Covid-19 dapat meningkatkan: (1) aktivitas siswa dalam pembelajaran. Persentase keaktifan siswa dalam pembelajaran tatap muka sebesar 71,39% dengan kategori aktif meningkat menjadi 75,83% dengan kategori amat aktif dalam pembelajaran online dengan Google Cassroom; dan (2) hasil belajar siswa.  Rata-rata nilai hasil belajar siswa pada KD sebelumnya dengan pembelajaran tatap muka adalah 85,16 dengan kategori baik, meningkat sebesar 5,11 menjadi 90,27 dengan kategori baik dalam pembelajaran online menggunakan Google Classroom pada materi Surat Lamaran Pekerjaan.

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Pembelajaran Online, Google Classroom, Pandemi Covid-19

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2020-06-21
Bagaimana cara mengutip:
Sutrisno, S. (2020). PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN ONLINE DENGAN GOOGLE CLASSROOM DI MASA PANDEMI COVID-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 95 -. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.151
Abstrak viewed: 4444 times
PDF downloaded: 20406 times

Referensi

A.M., Sardiman. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Bratawidjaja, Thomas Wiyasa. 1988. Surat Bisnis Modern. Jakarta: Pustaka Binaman Pressindo.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke Cipta.

Hamalik, Oemar. 2008. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hartanto, Wiwin. 2015. “Penggunaan E-Learning sebagai Media Pembelajaran”. Jurnal. Jember: FKIP UNEJ.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2016. Pedoman Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA). Jakarta: Kemendikbud.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2020. Panduan Pembelajaran Jarak Jauh bagi Guru Selama Sekolah Tutup dan Pandemi Covid-19 dengan Semangat Merdeka Belajar. Jakarta: Kemendikbud.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2020. Pedoman Pelaksanaan Belajar dari Rumah Selama Darurat Bencana Covid-19 di Indonesia. Jakarta: Kemendikbud.

Kitao, Kenji. S. Kathleen Kitao. 1998. “Selecting and Developing Teaching/Learning Materials”. The Internet TESL Journal, Vol. IV.

Letko M, Marzi A, Munster V 2020. “Functional Assessment Of Cell Entry And Receptor Usage for SARS-CoV-2 and Other Lineage B Betacoronaviruses” Nature Microbiology: 1–8. doi: 10.1038/s41564-020-0688-y.

Marjo, Y.S. 2005. Surat-Surat Lengkap : Complete Letters. Jakarta : Setia Kawan.

Munir. 2017. Pembelajaran Digital. Bandung: Alfabeta.

Nasucha, Arif Fajar. 2020. “Cara Menggunakan Google Classroom untuk Guru dan Murid, Belajar Online Gratis”. Tribun News. 23 Maret 2020.

Rosidah, Ati. 2020. “Pemanfaatan Google Classroom untuk Pembelajaran Online”. Jakarta LPMP. https://lpmpdki. kemdikbud.go.id/pemanfaatan-google-classroom-untuk-pembelajaran-online/

Siahaan, Sudirman. 2003. “E-Learning (Pembelajaran Elektronik) Sebagai Salah Satu Alternatif Kegiatan Pembelajaran”. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 042-Mei 2003. Jakarta: Depdiknas.

Safrizal dkk. 2020. Pedoman Umum Menghadapi Pandemi Covid-19 bagi Pemerintah Daerah. Jakarta: Kementerian Dalam Negeri.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2001. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suprijono, Agus. 2010. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi. Jakarta: Pustaka Jaya.

Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 2 Tahun 2020 tentang Pencegahan dan Penanganan Corona Virus Disease (COVID-19) di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan Corona Virus Disease (COVID-19) pada Satuan Pendidikan.

Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19).

Surat Edaran Gubernur DIY Nomor 800/5316 tentang Penyesuaian Sistem Kerja Pegawai dalam Status Tanggap Darurat Bencana Covid-19 di Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Surat Edaran dari Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Nomor 421/02280 tentang Pembelajaran Jarak Jauh bagi Anak Sekolah dalam rangka Pencegahan Covid-19.

Surya, H.M. 2008. Kapita Selekta Kependidikan SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Suryaman, Maman dkk., 2018. Bahasa Indonesai SMA/MA/SMK/MAK Kelas XII. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang, Kemdikbud.

Tim Kerja Kementerian Dalam Negeri untuk Dukungan Gugus Tugas Covid-19. 2020. Pedoman Umum Menghadapi Covid-19 bagi Pemerintah Daerah. Jakarta: Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

Williams.1999. Design Web Based Training. New York: Villay

Waryanto, Nur Hadi. 2006. “Online Learning Sebagai Salah Satu Inovasi Pembelajaran”. Jurnal Pythagoras Volume 2, Nomor 1, Desember 2006: 10-23.

Yamin, Martinis. 2007. Profesionalitas Guru dan Implementasi KTSP. Jakarta: Gaung Persada Press.