PEMANFAATAN JBCLASS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INGGRIS PESERTA DIDIK SELAMA MASA PANDEMI COVID-19

  • Yuni Lestari SMA Negeri 7 Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Karya tulis ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar bahasa Inggris peserta didik kelas X SMA Negeri 7 Yogyakarta dengan memanfaatkan JBClass selama masa pandemi COVID-19. Karya tulis ini merupakan best practice yang dilaksanakan pada semester Genap tahun pelajaran 2019-2020. Sasaran pada best practice ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 7 Yogyakarta yang terdiri dari 8 kelas (6 kelas MIPA dan 2 kelas IPS) dan berjumlah 280 orang siswa ( 178 siswa perempuan dan 102 siswa laki-laki). Langkah-langkah pemecahan masalah pada best practice ini adalah dengan pemanfaatan JBClass sebagai pembelajaran online pada masa pandemi COVID-19. Instrumen dari best practice ini adalah fitur materi, tugas, evaluasi dan rekap nilai yang ada pada JBClass. Hasil best practice menunjukkan bahwa pemanfaatan JBClass dalam pembelajaran online selama masa pandemi COVID-19 dapat meningkatkan motivasi belajar bahasa Inggris peserta didik kelas X SMA N 7 Yogyakarta tahun pelajaran 2019-2020. Peningkatan motivasi belajar bahasa Inggris dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata tugas dan evaluasi per kelas dan ketepatan waktu pengerjaannya dalam mengikuti pembelajaran dengan JBClass selama masa pandemi COVID-19.

Kata Kunci: JBClass, motivasi belajar, masa pandemi

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Yuni Lestari, SMA Negeri 7 Yogyakarta

Yuni Lestari, S.Pd. lahir di Sleman 27 Juni 1974, lulusan  S1 jurusan Pendidikan Bahasa Inggris , UNY, 2000. Aktivitas yang dilakukan pada saat ini adalah sebagai pengajar mata pelajaran Bahasa Inggris di SMA N 7 Yogyakarta. No HP : 081226553486.

Diterbitkan
2020-06-21
Bagaimana cara mengutip:
Lestari, Y. (2020). PEMANFAATAN JBCLASS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INGGRIS PESERTA DIDIK SELAMA MASA PANDEMI COVID-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 114 -. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.150
Abstrak viewed: 604 times
PDF downloaded: 2545 times

Referensi

Anderson, Terry. 2008. The Theory and Practice of Online Learning 2nd edition. Edmonton: Athabasca University Press.

Atfillah, Dela. (2015). Hubungan antara Iklim Sekolah dengan motivasi belajar siswa SMK Perbankan Padang. Skripsi: Fakultas Psikologi Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang”.

Balai Tekkomdik DIY. (2015). Buku Panduan Penggunaan JBClass. Yogyakarta: BTKP DIY

Kemdikbud. 2018. Kamus besar Bahasa Indonesia Edisi Kelima. Jakarta: Adi Perkasa.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Jati, Gumawang. (2013). Learning Management System (moodle) and E-Learning Content Development. Jurnal Sosioteknologi edisi 28 tahun 12: April 2013

Martin, Andrew. (2020). How to Optimize Online Learning in the Age of Coronavirus (COVID-19): A 5-point Guide for Educators. from https://newsroom.unsw.edu.au/ news/social-affairs/how-optimise-online-learning-age-coronavirus

Sanjaya, Wina. (2013). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Sardiman. (2014). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media