STRATEGI MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SELAMA PANDEMI DENGAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM PADA MATERI USAHA DAN ENERGI
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X MIPA 2 SMA Negeri I Gamping Sleman dengan memanfaatkan aplikasi google classroom sebagai salah satu strategi pembelajaran selama pandemi Covid-19 pada materi usaha dan energi. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Strategi pembelajaran yang digunakan dengan memanfaatkan aplikasi google classroom. Kelebihan dari aplikasi ini adalah dapat mempermudah guru dalam mengelola pembelajaran dan menyampaikan informasi secara tepat dan akurat kepada peserta didik. Hasil dari penelitan ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi berupa aplikasi google classroom selama pandemi Covid-19 dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi usaha dan energi kelas X MIPA 2 di SMA Negeri I Gamping Sleman dibuktikan dengan hasil tes pada akhir siklus I terdapat 6 peserta didik dengan persentase ketuntasan sebesar 18% dan mengalami peningkatan persentase ketuntasan pada siklus II sebesar 94% dari 31 peserta didik. Hal ini menunjukkan bahwa target persentase ketuntasan peserta didik telah melebihi dari nilai batas minimal.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2020 Franciska Ayuningsih Ratnawati
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
![](/public/site/icon-graph.png)
![](/public/site/icon-pdf.png)