STRATEGI MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SELAMA PANDEMI DENGAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM PADA MATERI USAHA DAN ENERGI

  • Franciska Ayuningsih Ratnawati SMA Negeri 1 Gamping Sleman,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X MIPA 2 SMA Negeri I Gamping Sleman dengan memanfaatkan aplikasi google classroom sebagai salah satu strategi pembelajaran selama pandemi Covid-19 pada materi usaha dan energi. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas  yang  dilaksanakan  selama  dua  siklus. Setiap  siklus  terdiri  atas tahap perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Strategi pembelajaran yang digunakan dengan memanfaatkan aplikasi google classroom. Kelebihan dari aplikasi ini adalah dapat mempermudah guru dalam mengelola pembelajaran dan menyampaikan informasi secara tepat dan akurat kepada peserta didik. Hasil dari penelitan ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi berupa aplikasi google classroom selama pandemi Covid-19 dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi usaha dan energi kelas X MIPA 2 di SMA Negeri I Gamping Sleman dibuktikan dengan hasil tes pada akhir siklus I terdapat 6 peserta didik dengan persentase ketuntasan sebesar 18% dan mengalami peningkatan persentase ketuntasan pada siklus II sebesar 94% dari 31 peserta didik. Hal ini menunjukkan bahwa target persentase ketuntasan peserta didik telah melebihi dari nilai batas minimal.

Kata Kunci: Google Clasroom, strategi pembelajaran, hasil belajar

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Franciska Ayuningsih Ratnawati, SMA Negeri 1 Gamping Sleman

Lahir di Yogyakarta pada tanggal 24 September 1962. Pendidikan saya dari Jurusan MIPA Fisika IKIP Sanata Dharma tahun lulus 1988 dan melanjutkan S2 di UAD lulus tahun 2019. Saya menjadi Guru Fisika di SMA Negeri I Gamping Sleman sampai sekarang. Saya dapat dihubungi dengan no telp atau WA 081282977383.

Diterbitkan
2020-06-21
Bagaimana cara mengutip:
Ratnawati, F. A. (2020). STRATEGI MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SELAMA PANDEMI DENGAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM PADA MATERI USAHA DAN ENERGI. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 49 -. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.147
Abstrak viewed: 898 times
PDF downloaded: 9360 times

Referensi

Gheytasi, M., Azizifar, A., & Gowhary, H. (2015). The Effect of Smartphone on the Reading Comprehension Proficiency of Iranian EFL Learners. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 199, 225–230. https://doi.org/10.1016/J.SBSPRO.2015.07.510

Hakim, A.B., (2016). Efektifitas Penggunaan E-Learning Moodle, Google Classroom Dan Edmodo. I-STATEMENT: Information System and Technology Management, 2(1).

Kayatun, Sri. 2014. “Penggunaan Metode Kerja Kelompok untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Volume 3, Nomer 4, April 2014.

Keengwe, J., & Georgina, D. (2012). The digital course training workshop for online learning and teaching. Education and Information Technologies, 17(4), 365- 379. https://doi.org/10.1007/s10639-011-9164-x

Mulyasa. 2009. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset

Purwanto, Ngalim. 2009. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya

Suharsimi, Arikunto. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Suharsimi, Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Suriadhi, G., Tastra, I. D. K., & Suwatra, I. I. W. 2014. Pengembangan E-Learning Berbasis Edmodo pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII di SMP Negeri 2 Singaraja. Jurnal Edutech, 2(1).