PEMANFAATAN JB CLASS UNTUK MENDORONG KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19

  • Arif Kurniawan SMA Negeri 8 Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Dalam pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19, kemandirian belajar menjadi sangat penting mengingat siswa tidak bertatap muka secara langsung dengan guru. Akan tetapi, hal ini belum terlihat pada pembelajaran daring Biologi di Kelas X MIPA 1. Berdasarkan refleksi penulis, siswa masih sangat tergantung instruksi guru dalam belajar. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penulis menerapkan pembelajaran daring memanfaatkan JB Class dengan menerapkan strategi self-regulated learning yang diadaptasi dari Wandler & Imbriale (2017). Hasilnya menunjukkan bahwa pembelajaran daring dengan JB Class mampu mendorong kemandirian belajar siswa. Berdasarkan angket yang diisi oleh siswa, kemandirian belajar siswa kelas X MIPA 1 mencapai 75%.

Kata Kunci: kemandirian belajar, pembelajaran daring, JB Class

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Arif Kurniawan, SMA Negeri 8 Yogyakarta

Lahir di Kulon Progo, 26 September 1982. Gelar Sarjana Sains diperolehnya dari Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada, lulus pada tahun 2006. Saat ini Arif Kurniawan menjadi guru Biologi di SMA Negeri 8 Yogyakarta. Penulis dapat dihubungi melalui email arif.biologist@gmail.com atau WA 085857316316.

 

Diterbitkan
2020-06-21
Bagaimana cara mengutip:
Kurniawan, A. (2020). PEMANFAATAN JB CLASS UNTUK MENDORONG KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 1 -. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.145
Abstrak viewed: 887 times
PDF downloaded: 1998 times

Referensi

Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan DIY. (2015). Buku Panduan Penggunaan JB Class. Yogyakarta: Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan DIY

Fasikhah, S. S. & Fatimah, S. (2013). Self-Regulated Learning (SRL) dalam Meningkatkan Prestasi Akademik pada Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 01 (01), 145-155.

Hartanto, W. (2020). Penggunaan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran. Retrieved May 29, 2020 from http://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/ article/download/3438/2696

Hayati, N. (2020). Metode Pembelajaran Daring/E-Learning yang Efektif. Retrieved April 30, 2020 from https://www.researchgate.net/publication/ 340478043_metode_pembelajaran_daringe-learning_yang_efektif_A_Pendahuluan_Sejarah_Elearning

Huang, R. H., Liu, D. J., Tlili, A., Yang, J. F., & Wang, H. H., et al. (2020). Handbook on Facilitating Flexible Learning During Educational Disruption: The Chinese Experience in Maintaining Undisrupted Learning in COVID-19 Outbreak. Beijing: Smart Learning Institute of Beijing Normal University.

Malinda, B. T. (2017). Analisis Jogja Belajar Class Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan Daerah Istimewa Yogyakarta. Laporan Kerja Praktek Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknologi Industri. Universitas Atma Jaya, Yogyakarta.

Mukhid, A. (2008). Strategi Self-Regulated Learning (Perspektif Teoritik). Tadrîs, 3(2), 222-239.

Munir. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

_______. (2010). Penggunaan Learning Management System (LMS) di Perguruan Tinggi: Studi Kasus di Universitas Pendidikan Indonesia. Cakrawala Pendidikan, XXIX (1), 109-119.

Pratiwinegara, A. I. (2017). Website Sebagai Media Komunikasi Pendidikan (Studi Kasus Pengelolaan Laman JogjaBelajar.org oleh Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan D I. Yogyakarta Tahun 2016). Tesis, tidak dipublikasikan, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Riyana, C. (2019). Produksi Bahan Pembelajaran Berbasis Online. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka

Rochmah, E. (2018). Penggunaan Moodle dalam Meningkatkan Kemandirian Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Muhammadiyah Cirebon 2018, Cirebon, 21 April 2018.

Rusman, Kurniawan, D. & Riyana, C. (2013). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sudiana, R. (2016). Efektifitas Penggunaan Learning Management System Berbasis Online. JPPM, 9 (2), 201-209.

Saefudin, A. A. (2020). Dilema Pembelajaran dalam Jaringan (Daring) pada Masa Pandemi Covid-19. Retrieved April 27, 2020 from https://bernasnews.com/

Tim Penyusun Unit Pelaksana Teknis e-Learning. (2017). Modul Tinjauan e-Learning. Bandung: UPT e-Learning ITB.

Wandler, J., & Imbriale, W. (2017). Promoting undergraduate student self-regulation in online learning environments. Online Learning 21 (2): 275-291. doi: 10.24059/olj.v21i2.881.

Yazdi, M. (2012). “E-learning sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi”. Jurnal Ilmiah Foristek, 2 (1). 143-152.