PEMANFAATAN JB CLASS UNTUK MENDORONG KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19
Abstrak
Dalam pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19, kemandirian belajar menjadi sangat penting mengingat siswa tidak bertatap muka secara langsung dengan guru. Akan tetapi, hal ini belum terlihat pada pembelajaran daring Biologi di Kelas X MIPA 1. Berdasarkan refleksi penulis, siswa masih sangat tergantung instruksi guru dalam belajar. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penulis menerapkan pembelajaran daring memanfaatkan JB Class dengan menerapkan strategi self-regulated learning yang diadaptasi dari Wandler & Imbriale (2017). Hasilnya menunjukkan bahwa pembelajaran daring dengan JB Class mampu mendorong kemandirian belajar siswa. Berdasarkan angket yang diisi oleh siswa, kemandirian belajar siswa kelas X MIPA 1 mencapai 75%.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2020 Arif Kurniawan
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
![](/public/site/icon-graph.png)
![](/public/site/icon-pdf.png)