Analisis Kinerja Guru Di Sekolah SMP Katolik Kota Manado Dengan Evaluasi CIPP
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengevaluasi kinerja guru SMP Katolik di Manado menggunakan model Evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Aspek yang dinilai meliputi konteks lingkungan kerja, kualifikasi, sumber daya, proses pengajaran, dan hasil belajar siswa. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif evaluatif, melibatkan kepala sekolah dan guru sebagai informan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, dokumentasi, dan wawancara mendalam. Hasil menunjukkan bahwa kondisi lingkungan, kualifikasi pendidikan, pengalaman kerja, pelatihan profesional, dan fasilitas memadai sangat mempengaruhi kinerja guru. Guru berperan penting dalam pendidikan dengan tanggung jawab merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran. Kinerja guru harus optimal untuk menjamin pendidikan berkualitas. Pengelolaan kelas yang efektif dan interaksi yang positif antara guru dan siswa juga ditemukan berperan penting dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Kesimpulan menunjukkan bahwa peningkatan kinerja guru di SMP Katolik di Manado dapat dicapai dengan memperbaiki lingkungan kerja, menyediakan pelatihan berkelanjutan, dan fasilitas yang memadai.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2024 Antonius Heatubun, Fransiskus Talaud

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

