Analisis Kinerja Guru Di Sekolah SMP Katolik Kota Manado Dengan Evaluasi CIPP

  • Antonius Heatubun STPAK St. Yohanes Penginjil Ambon, Ambon, Maluku,  Indonesia
  • Fransiskus Talaud STPAK St. Yohanes Penginjil Ambon, Ambon, Maluku,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengevaluasi kinerja guru SMP Katolik di Manado menggunakan model Evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Aspek yang dinilai meliputi konteks lingkungan kerja, kualifikasi, sumber daya, proses pengajaran, dan hasil belajar siswa. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif evaluatif, melibatkan kepala sekolah dan guru sebagai informan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, dokumentasi, dan wawancara mendalam. Hasil menunjukkan bahwa kondisi lingkungan, kualifikasi pendidikan, pengalaman kerja, pelatihan profesional, dan fasilitas memadai sangat mempengaruhi kinerja guru. Guru berperan penting dalam pendidikan dengan tanggung jawab merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran. Kinerja guru harus optimal untuk menjamin pendidikan berkualitas. Pengelolaan kelas yang efektif dan interaksi yang positif antara guru dan siswa juga ditemukan berperan penting dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Kesimpulan menunjukkan bahwa peningkatan kinerja guru di SMP Katolik di Manado dapat dicapai dengan memperbaiki lingkungan kerja, menyediakan pelatihan berkelanjutan, dan fasilitas yang memadai.

Kata Kunci: Kinerja Guru, Evaluasi, Pendidikan

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-08-29
Bagaimana cara mengutip:
Heatubun, A., & Talaud, F. (2024). Analisis Kinerja Guru Di Sekolah SMP Katolik Kota Manado Dengan Evaluasi CIPP. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 2030-2037. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1441
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 191 times
PDF downloaded: 80 times

Referensi

Andina, E. (2018). Efektivitas pengukuran kompetensi guru. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 9(2), 204–220.

Annisa, I. S., & Mailani, E. (2023). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Dengan Menggunakan Metode Miles dan Huberman di Kelas IV SD Negeri 060800 Medan Area. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 6460-6477.

Fatyandri, A. N., & Firmawan, T. (2022). Pengaruh Pelatihan Dan Pengembangan, Motivasi, Kompetensi Terhadap Kinerja Guru Sma Di Kota Batam Di Mediasi Komitmen Organisasi. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen, 1(2), 33–45.

Hasanudin, C., Wagiran, W., & Subyantoro, S. (2021). Evaluasi Perkuliahan Daring Keterampilan Menulis Selama Masa Pandemi Covid-19 Dengan Model Evaluasi CIPP. Jurnal Pendidikan Edutama, 8(2), 27-38.

Heatubun, A., Mua, M. M., Sumual, T., & Sumual, S. D. (2023). Perencanaan Sumber Daya Manusia Di Zaman Kompetitif Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 4392-4396.

Indonesia, P. R. (2003). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kementrian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi.

Istijarti, A. (2023). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Guru:(Studi Kasus Di SMPS Barunawati Surabaya). JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 7(2), 164-175.

Mahmudi, I. (2011). CIPP: Suatu model evaluasi program pendidikan. At-Ta'dib, 6(1).

Mentang, P. J., & Mua, M. M. (2022). Hubungan Kompetensi Pedagogik dan Iklim Kerja dengan Kinerja Guru SMP Yayasan Pendidikan Katolik Keuskupan Manado di Sulawesi Utara. Syntax Literate, 4452-4462.

Mua, M. M., Sawatu, B. W., & Rado, M. C. (2024). Implementation of Religious Literacy in Shaping the Moral Character of Students. EDUTEC: Journal of Education And Technology, 7(3), 534-547.

Nurhayani, N., Yaswinda, Y., & Movitaria, M. A. (2022). Model Evaluasi CIPP Dalam Mengevaluasi Program Pendidikan Karakter Sebagai Fungsi Pendidikan. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2353-2362

Rodi, M., Oktafiah, Y., & Wahyudi, P. (2020). Pengaruh Kedisiplinan dan Fasilitas Kerja Terhadap Kinerja Guru (Studi Pada SMKN 1 Grati). Jurnal EMA, 4(2), 70–80.

Rohman, H. (2020). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru. JURNAL MADINASIKA Manajemen Pendidikan Dan Keguruan, 1(2), 92-102.

Sabon, S. S. (2018). Efektivitas Pelatihan Guru Melalui Pendidikan dan Latihan Profesi Guru. Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan, 11(3), 159–182.

Supriyantoko, I., Jaya, A., Kurnia, V., & Habiba, P. G. S. (2020). Evaluasi Implementasi Kebijakan Teaching Factory Dengan Model Evaluasi CIPP di SMK Negeri DKI Jakarta. Journal of Vocational and Technical Education (JVTE), 2(2), 1-10.

Syahrin, S., & Salehudin, M. (2024). Manajemen Kinerja Guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Karangan Kecamatan Karangan Kabupaten Kutai Timur. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 10(1), 49-61.

Wardany, E. P. K., & Rigianti, H. A. (2023). Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 250-261.