PENERAPAN APLIKASI MOODLE SEBAGAI SALAH SATU MODEL PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MASA PANDEMI
Abstrak
Pendidikan merupakan faktor yang menentukan kesejahteraan manusia sehingga dapat digunakan sebagai indikator kemajuan suatu bangsa dan negara. Semakin tinggi kualitas pendidikan suatu bangsa dan negara maka dapat dipastikan semakin maju dan sejahtera bangsa dan negara tersebut. Pendidik diharapkan mampu merubah paradigma lama dalam mengajar yaitu menyampaikan pelajaran sebanyak-banyaknya dengan paradigma baru yang menekankan pada upaya membantu peserta didik agar lebih mampu mengerti, memahami, atau menguasai konsep untuk memecahkan suatu persoalan. Model menggunakan aplikasi moodle yang menawarkan suasana belajar menyenangkan, sehingga peserta didik diajak untuk berlatih menumbuhkan rasa ingin tahu, tanggung jawab, kejujuran dan keaktifan peserta didik. Moodle adalah paket perangkat lunak yang diproduksi untuk kegiatan belajar berbasis internet dan situs web yang menggunakan prinsip social constructionist pedagogy. Moodle merupakan salah satu aplikasi dari konsep dan mekanisme belajar mengajar yang memanfaatkan teknologi informasi, yang dikenal dengan konsep pembelajaran elektronik atau e-learning. Aplikasi moodle sangat baik dan interaktif dalam pembelajaran online, sehingga membuat peserta didik tidak bosan dalam pembelajaran jarak jauh di masa pandemi.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2020 Widiatmoko Herbimo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

