Analisis Tingkat Keterserapan Lulusan Kelas Industri Samsung dari Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak SMK Turen ke Perusahaan Samsung

  • Erma Widayanti Universitas Negeri Malang, Kota Malang, Jawa Timur,  Indonesia
  • Wahyu Sakti Gunawan Irianto Universitas Negeri Malang, Kota Malang, Jawa Timur,  Indonesia
  • Heru Wahyu Herwanto Universitas Negeri Malang, Kota Malang, Jawa Timur,  Indonesia

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pelaksanaan proses pembelajaran Kelas Industri Samsung Tech Institute di SMK Turen dan mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya keterserapan lulusan Kelas Industri Samsung Tech Institute ke perusahaan Samsung serta mendapatkan rekomendasi agar dapat meningkatkan keterserapan lulusan Kelas Industri Samsung Tech Institute di Perusahaan Samsung. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi dan wawancara serta didukung menggunakan data kuesioner yang dilakukan validitas data triangulasi. Hasil penelitian, sekolah telah melakukan berbagai upaya untuk memperlengkapi peserta didik siap mendaftar di Perusahaan Samsung baik dari kurikulum maupun modul pembelajaran dan program yang mendukung peningkatan kompetensi peserta didik di dunia kerja dan kesimpulannya lulusan kelas industri samsung mengalami keengganan untuk mendaftar atau melamar pekerjaan di Perusahaan Samsung, karena rendahnya motivasi dan banyak lulusan yang merasa cemas menghadapi ketatnya aturan dan tuntutan kerja membuat mereka ragu serta kurangnya pemahaman bahwa kesempatan kerja di Samsung dapat menawarkan banyak manfaat karir di masa depan.

Kata Kunci: keterserapan lulusan, kelas industri, perusahaan samsung

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-08-21
Bagaimana cara mengutip:
Widayanti, E., Irianto, W. S. G., & Herwanto, H. W. (2024). Analisis Tingkat Keterserapan Lulusan Kelas Industri Samsung dari Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak SMK Turen ke Perusahaan Samsung. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1986-1990. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1429
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 50 times
PDF downloaded: 20 times

Referensi

Anam, C. (2021). Analisis Kesiapan Pendidikan Vokasi dalam Menyongsong Pembelajaran Tatap Muka Di Masa Pandemi Covid 19 (Studi Kasus di LP3I Malang). Jurnal Vokasi, 5(2), 112. https://doi.org/10.30811/vokasi.v5i2.2313

Anitasari, M. E., Jatmoko, D., Primartadi, A., Isbakhi, A. F., & Laksana, H. S. (2022). Tingkat Kesiapan Kerja Peserta didik Kelas Industri dan Non Kelas Industri di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 613–620. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.344

Arisanti, Y. and Adnan, M. (2021). Pengembangan multimedia interaktif berbasis software macromedia flash 8 untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2122-2132. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.930

Djuraid, D. A., Nailun Najah, A., Mar’atus Sholiha, I., & Agustin, N. (2021). Ritus Budaya Tingkeban Sebagai Perekat Sosial pada Masyarakat Jember. Pustaka : Jurnal Ilmu-Ilmu Budaya, 21(1), 9. https://doi.org/10.24843/pjiib.2021.v21.i01.p02

Eka, S. V., & Saragih, R. B. R. (2022). Efektivitas Komunikasi Interpersonal Petugas Lpka Klas II Bengkulu dalam Merubah Perilaku Anak Didik. KALODRAN (Jurnal Ilmu Komunikasi), 1(1), 12–25.

Hasnadi, & Nurmalina. (2022). Sistem Pembelajaran Moving Class Sebagai Upaya Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(1), 12–19. https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v9i1.633

Kemdikbud. (2016). Mengembangkan Kerja Sama. 1–71.

Kusmulyono, M. S., & Wahyu, Y. I. (2022). Pemberdayaan Kelompok Kewirausahaan Berbasis Kelautan dan Perikanan di Politeknik KP Sidoarjo Melalui Coaching Virtual. KUAT : Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 4(1), 33–40. https://doi.org/10.31092/kuat.v4i1.1499

Ministry of National Education and Culture. (2019). Petunjuk pelaksanaan bantuan pelaksanaan kelas industri di SMK. 2.

Muhammad Iqbal. (2022). Peran Pendidikan Vokasi dalam Pengembangan Ekonomi Islam. Malia (Terakreditasi), 13(2), 193–212. https://doi.org/10.35891/ml.v13i2.2965

Putri, D. Y., & Sutarto, S. (2018). The effect of industrial work practice, guidance intensity of industrial side, and vocational competence on working readiness of grade XII students of banking program, Vocational High School Perbankan, Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Vokasi, 8(2), 132. https://doi.org/10.21831/jpv.v8i2.18908

Rojaki, M. (2023). Peran IDUKA pada Pendidikan Kejuruan dalam Mempersiapkan Sumber Daya Manusia Memasuki Dunia Kerja Much Rojaki. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1590–1598. https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/download/714/580/

Santi, R. (2022). Analisis Pengembangan Karir Terhadap Kepuasan Kinerja Karyawan Pada Kantor Bpn Kabupaten Aceh Barat. Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Ilmu Ekonomi (Jasmien), 3(01), 70–75. https://doi.org/10.54209/jasmien.v3i01.242

Wibowo, N. (2016). Upaya Memperkecil Kesenjangan Kompetensi Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan dengan Tuntutan Dunia Industri. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 23(1), 45. https://doi.org/10.21831/jptk.v23i1.9354

Widodo, B., Kuat, T., Sayuti, M., Vokasi, P. G., Keguruan, F., Ilmu, D., & Dahlan, U. A. (2023). Evaluasi Pelaksanaan Kelas Industri di SMK Muhammadiyah 1 Surakarta dan SMK Pancasila Surakarta. 7(1), 22805–22819.

Yuliani, L., & Yuniarsih, T. (2019). Influence of Industrial Work Practices and Learning Achievements on Students Work Readiness. 65(Icebef 2018), 188–191. https://doi.org/10.2991/icebef-18.2019.45